Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

103. Basis data dan Sistem Manajemen Basis Data (SMBD) Database Management System (DBMS)


BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Dalam masyarakat berbasis informasi, sistem basis data merupakan suatu komponen penting pada sebuah sistem informasi manajemen. Suatu sistem besar, yang setiap hari berinteraksi, selalu membutuhkan informasi yang selalu up-to-date dan tepat waktu dalam pengelolaan manajemen data dan informasi. Basis data dan Sistem Manajemen Basis Data (SMBD) / Database Management System (DBMS) dapat menyediakan sarana infrastruktur pada suatu sistem yang dibangun.
Sistem manajemen basis data merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mendefinisikan, menciptakan, mengelola dan mengendalikan pengaksesan basis data. Tugas dari sistem manajemen basis data adalah menyediakan lingkungan yang nyaman dan efisien untuk penyimpanan dan pengambilan data dari basis data. Pengelolaan manajemen basis data membutuhkan suatu perangkat / tools untuk dapat mengelolanya, sehingga manajemen basis data dapat terus dikelola dan terus ditingkatkan kinerjanya.

Performance tuning merupakan suatu usaha ataupun cara untuk memperbaiki kinerja yang sudah umum bagi perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang diharapkan dapat menjaga kestabilan pada suatu sistem yang ada.
Hadirnya OEM (Oracle Enterprise Manager) dari produk Oracle Corp sangat membantu pekerjaan seorang DBA (Database Administrator) pada suatu perusahaan, untuk mengelola suatu manajemen basis data, terutama untuk suatu sistem informasi yang berskala besar. Pengelolaan tersebut termasuk di dalamnya tugas tuning (Tuning Pack). Tuning Pack merupakan modul tuning yang disediakan oleh OEM (Oracle enterprise Manager) dari produk Oracle Corp yang telah terinstal, modul tersebut terdiri dari Tablespace Map, SQL Analyze, Oracle Expert, Re-Organization Wizard dan Index Tuning Wizard.

Skripsi ini membahas mengenai performance tuning suatu manajemen basis data dengan menggunakan OEM (Oracle Enterprise Manager) yang dipandang dari sudut agama Islam. Suatu sistem manajemen basis data dapat dikelola dengan menggunakan tools OEM dari Oracle Corp, terutama dalam meningkatkan kinerja sistem (performance tuning) yang lebih baik. Sistem manajemen basis data juga diharapkan mempunyai nilai–nilai sendi agama Islam yang dapat diperhatikan oleh pelaku teknologi informasi maupun pengguna yang dapat mengandung kemaslahatan bagi umat maupun perusahaan itu sendiri.


1.2 Permasalahan
1. Bagaimana suatu Performance Tuning Manajemen Basis Data dapat menangani basis data yang komplek dan tetap dapat meningkatkan kinerja suatu sistem.
2. Bagaimana suatu Performance Tuning Manajemen Basis data tetap memperhatikan nilai–nilai sendi agama Islam dan berguna untuk kemaslahatan masyarakat Teknologi Informasi (TI).


1.3 Tujuan
1. Memahami cara kerja performance tuning manajemen basis data.
2. Mempelajari konsep performance tuning manajemen basis data dengan OEM (Oracle Enterprise Manager) dari Oracle Corp.
3. Menguraikan hubungan antara nilai–nilai sendi agama Islam untuk performace tuning manjemen basis data, khususnya menggunakan tools OEM (Oracle Enterprise Manager).


1.4 Manfaat
1. Dengan menulis skripsi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai performance tuning manajemen basis data dengan menggunakan OEM (Oracle Enterprise Manager) dan hubungannya dengan nilai – nilai sendi agama Islam.
2. Skripsi ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan dan pemikiran bagi pengguna teknologi informasi yang membutuhkan data dan informasi yang semakin komplek.
3. Merupakan media untuk menyampaikan kepada masyarakat, khususnya masyarakat pengguna teknologi informasi untuk memperhatikan nilai – nilai sendi agama Islam, bahwa semua yang ada di dunia ini adalah milik Allah SWT.

1.5 Sistematika Penulisan
Bab 1 Pendahuluan, membahas mengenai latar belakang penulisan topik skripsi, permasalahan yang ada pada topik skripsi, tujuan yang hendak dicapai dari penulisan topik skripsi, manfaat dari penulisan topik skripsi, serta sistematika penulisan skripsi.
Bab 2 Performance Tuning Manajemen Basis Data Ditinjau dari Ilmu Teknologi Informatika, membahas mengenai topik skripsi ditinjau dari sudut pandang ilmu teknologi informatika. Didalamnya menjelaskan mengenai perspektif tentang performance tuning, sistem manajemen basis data, basis data oracle dan OEM (Oracle Enterprise Manager), serta tuning basis data dan performance tuning manajemen basis data dengan OEM.
Bab 3 Performance Tuning Manajemen Basis Data dari Sudut Pandang Agama Islam, membahas mengenai topik skripsi ditinjau dari sudut pandang agama islam. Didalamnya menjelaskan mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi menurut pandangan islam, pengembangan teknologi informasi menurut islam, serta performance tuning manajemen basis data ditinjau dari sudut pandang Islam.
Bab 4 Kesimpulan dan Saran, membahas mengenai kesimpulan dan saran mengenai topik skripsi yang diangkat dari sudut pandang ilmu teknologi informatika dan agama Islam.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi