Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

104. Data Warehouse Akademik STMIK Banjabaru Berbasis MYSQL Server


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Dalam pengelolaan database organisasi baik organisasi bisnis maupun organisasi non profit terdapat istilah bahwa “organisasi kaya akan data, tetapi miskin akan informasi” atau “businesses have been rich in data and poor in information”. Dengan perancangan dan mengembangan suatu Sistem Manajemen Informasi berdasarkan pada suatu data warehouse. Suatu data warehouse bukan hanya suatu arsip atau fasilitas penyimpanan data. Data warehouse harus dengan cerdas dirancang untuk berisi informasi dan data yang penting untuk mendukung memecahkan masalah secara aktip.
Sejarah data warehouse menjadi suatu jenis berbeda dari database komputer sepanjang akhir 1980 dan awal 1990. Telah dikembangkan untuk mempertemukan suatu pertumbuhan permintaan bagi Manajemen Informasi dan Analisa yang tidak bisa dijumpai oleh sistem operasional (program aplikasi). Sistem operasional (program aplikasi) tidak mampu untuk mempertemukan kebutuhan ini untuk beberapa pertimbangan:
• Pengolahan pelaporan data yang banyak/besar dapat mengurangi waktu tanggap sistem operasional (program aplikasi).
• Perancangan database sistem operasional (program aplikasi) tidaklah dioptimalkan untuk Analisa Informasi dan Pelaporan.
• Kebanyakan organisasi mempunyai lebih dari satu sistem operasional (program aplikasi), maka pelaporan secara keseluruhan organisasi tidak bisa didukung dari sistem tunggal.
• Pengembangan laporan sistem operasional (program aplikasi) sering memerlukan program komputer spesifik yang mahal dan lambat.
Sebagai solusinya, menciptakan data warehouse sebagai database yang khusus dirancang untuk mendukung Informasi Manajemen dan tujuan Analisa. Data warehouse dapat mengintegrasikan data dari berbagai sumber data yang berbeda, seperti komputer mainframe, minicomputers, seperti halnya komputer pribadi dan perangkat lunak otomasi kantor seperti spreadsheet, dan mengintegrasikan informasi ini di dalam tempat tunggal. Kemampuan ini, menggabungkan antara fasilitas report mudah dioperasikan dan kebebasan dari dampak operasional, telah mendorong suatu pertumbuhan sistem komputer jenis ini.
Oleh karena itu diperlukan suatu database tunggal yang berfungsi untuk dasar analisa yang cepat, tepat dan akurat, sehingga akan menghasilkan informasi yang selalu up to date tanpa menggangu sistem operasional (program aplikasi) yang sedang berlangsung.

Dalam skripsi yang diajukan ini akan buat data warehouse untuk Sistem Informasi Akademik STMIK Banjarbaru yang berasal dari database-database yang sudah berjalan, yaitu database yang berbasis Visual Foxpro di Banjarmasin dan database yang berbasis Microsoft Access di Banjarbaru. Kedua database tersebut akan diintegrasikan ke dalam database Mysql, sehingga akan tercipta database yang terintegrasi.

Adapun informasi yang akan dikelola oleh data warehouse ini adalah:
a. Informasi mengenai nilai rata-rata mahasiswa yang dihubungkan dengan Materi, Dosen, Kampus, Kelas, Jurusan dan Periode, sehingga akan diperoleh informasi mengenai nilai rata-rata mahasiswa yang dapat dipergunakan untuk menilai Materi, Dosen, Kampus, Kelas dan Jurusan per periode tertentu.
b. Informasi mengenai jumlah mahasiswa yang dihubungkan dengan Daerah, Sekolah, Kampus, Status, Jurusan dan Periode, sehingga akan diperoleh informasi mengenai jumlah mahasiswa yang dapat dipergunakan untuk mencari jumlah mahasiswa sesuai dengan Daerah, Sekolah, Kampus, Status, Jurusan per periode tertentu. Daerah ataupun Sekolah yang jumlah mahasiswa paling banyak merupakan indikasi market yang paling besar untuk dipertahankan dan yang sedikit dapat dijadikan daerah potensial untuk lebih ditingkatkan dengan promosi yang lebih maksimal.
c. Informasi mengenai spp mahasiswa yang dihubungkan dengan model pembayaran yaitu bulan, semester, tahun, lunas, deposito dan Periode, sehingga akan diperoleh informasi mengenai model pembayaran yang paling banyak dipilih oleh pihak mahasiswa.
d. Informasi mengenai presensi mahasiswa yang dihubungkan dengan Materi, Dosen, Kampus, Kelas, Jurusan dan Periode, sehingga akan diperoleh informasi mengenai presensi mahasiswa yang dapat dipergunakan untuk menilai keaktifan mahasiswa yang berhubungan dengan Materi, Dosen, Kampus, Kelas dan Jurusan per periode tertentu.
e. Informasi mengenai pinjaman buku yang dilakukan oleh mahasiswa yang dihubungkan dengan Kategori, Bahasa, Kampus, Kelas, Jurusan dan Periode, sehingga akan diperoleh informasi mengenai peminjaman buku yang dihubungkan dengan Kategori, Bahasa, Kampus, Kelas, Jurusan per periode tertentu. Hal ini untuk memudahkan dalam pengembangan dan peningkatan fungsi perpustakaan, khususnya dalam peningkatan buku yang diperlukan.

1.2 Perumusan Masalah
Pada saat ini pihak manajemen STMIK Banjarbaru belum memiliki database informasi yang terintegrasi, mudah, cepat dan teragregasi sesuai dengan keperluan. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan flatform database yang digunakan dan lokasi database yang berjauhan, sehingga memerlukan kerja yang sulit dan waktu yang lama untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh pihak manajemen.
Dengan adanya data warehouse, maka database informasi untuk pihak manajemen pasti sudah terintegrasi, mudah, cepat dan teragregasi sesuai dengan keperluan. Hal ini jelas akan sangat membantu baik bagi pihak akademik selaku penyedia informasi maupun bagi pihak manajemen selaku penerima dan pengguna informasi yang disampaikan.


1.3 Batasan Masalah
Masalah yang dibatasi dalam penelitian akademik ini mencakup:
a. Nilai rata-rata mahasiswa
b. Jumlah mahasiswa
c. Model pembayaran SPP
d. Presensi mahasiswa
e. Peminjaman buku

1.4 Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup penelitian pada akademik STMIK Banjarbaru yang akan dibuat yaitu pembuatan data warehouse dengan proses analisa dan laporan menggunakan aplikasi berbasis Visual Foxpro.

1.5 Tujuan Penelitian
Tujuan utama dari penelitian adalah untuk mempelajari tentang data warehouse dan penerapannya pada dunia kerja, sehingga dapat dijadikan bahan untuk pembuatan skripsi. Diharapkan data warehouse yang dibuat dapat bermanfaat dan menjadikan sistem informasi yang lebih mudah, cepat dan dapat meringankan beban kerja pihak akademik dan menjadi informasi yang mendasar dalam proses pengambilan keputusan pihak menajemen.

1.6 Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian yang akan dilakukan adalah:
a. Mengintegrasikan database akademik STMIK Banjarbaru.
b. Mempermudah dalam pekerjaan penyediaan informasi untuk pihak manaje men.
c. Mempercepat penyediaan informasi untuk pihak manajemen.
d. Mengagregasikan data sesuai dengan informasi yang diperlukan oleh pihak manajemen.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi