Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

113. Pengaruh Return On Investmen (Roi), Price Earning Ratio (Per), Dan Earning Per Share (Eps) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur


Abstraksi




Sebelum melakukan investasinya seorang investor harus memperhatikan maupun mengetahui berbagai hal mengenai kondisi perusahaan. Untuk mencapai tujuan ini investor harus memperhatikan informasi yang sifatnya fundamental yang berkaitan dengan kinerja perusahaan yang tampak pada laporan keuangan. Faktor fundamental perusahaan antara lain Return On Ivestment (ROI), Price Earning Ratio (PER), dan Earning Per Share (EPS). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pengaruh Return On Investment (ROI), Price Earning Ratio (PER), dan Earning Per Share (EPS) secara simultan terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ. (2) Bagaimana pengaruh Return On Investment (ROI), Price Earning Ratio (PER), dan Earning Per Share (EPS) secara parsial terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui pengaruh Return On Investment (ROI), Price Earning Ratio (PER), dan Earning Per Share (EPS) secara simultan terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ. (2) Untuk mengetahui pengaruh Return On Investment (ROI), Price Earning Ratio (PER), dan Earning Per Share (EPS) secara parsial terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ.

Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 156 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dengan aspek yang diteliti adalah laporan keuangan tahun 2001 – 2003. Pengambilan sampel yang berjumlah 38 perusahaan manufaktur dilakukan dengan metode radom sampling. Variabel penelitian ada tiga yaitu ROI, PER, dan EPS sebagai variabel bebas dan harga saham sebagai variabel terikat. Pengambilan data melalui teknik dokumentasi dan data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi : Y = 2569,436 + 395,676 X1 -5,926X2 – 5,640X3 + e. Uji simultan diperoleh Fhitung sebesar 9,053 > Ftabel sebesar 2,88. Dengan demikian bahwa secara simultan ROI, PER, dan EPS berpengaruh terhadap harga saham. Besarnya koefisien determinasi (R2) adalah 0,199 atau 19,9 %. Hal ini berarti 19,9 % harga saham dipengarruhi oleh ROI, PER, dan EPS, sedangkan sisanya 80,1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Secara parsial variabel ROI berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ. Hal ini dibuktikan dengan melihat nilai probabilitas value sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. Variabel PER secara parsial tidak berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ. Hal ini dibuktikan dengan melihat nilai probabilitas value sebesar 0,571 lebih besar dari 0,05. Variabel EPS secara parsial tidak berpengaruh terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ. Hal ini dibuktikan denagn melihat nilai probabilitas value sebesar 0,118 lebih besar dari 0,05. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah 1) bagi investor atau calon investor dalam melakukan pembelian saham hendaknya jangan hanya berpedoman pada ROI saja, akan tetapi investor harus memperhatikan faktor – faktor lain yang dapat mempengaruhi kondisi dan prospek di masa yang akan datang, b) untuk penelitian selanjutnya, diharapkan peneliti mempertimbangkan faktor – faktor lain yang dapat mempengaruhi harga saham selain ROI, PER, dan EPS.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi