Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

115. Mikrokontroller Sebagai Pengendali Kelistrikan Gedung Dengan Timer Kontrol


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Perkembangan dunia semakin hari semakin pesat. Peralatan-peralatan modern saat ini banyak diciptakan, dan hampir sebagian besar peralatan yang tercipta baik untuk keperluan rumah tangga, perkantoran, pertokoan maupun industri pemakaiannya menggunakan tenaga listrik, yang juga berarti kebutuhan akan listrik terus meningkat. Tak lepas dari itu persediaan listrik saat ini sangatlah terbatas, hal itu menuntut kita untuk menghemat penggunaan listrik, itu dapat kita lakukan dengan menggunakan secara optimal sesuai dengan kebutuhan, yang sekaligus akan menghemat biaya pengeluaran penggunaan listrik kita.

Sampai saat ini juga banyak bangunan gedung yang belum memiliki pengendali listrik terpusat dan juga belum memanfaatkan perkembangan teknologi secara optimal terutama teknologi mikrokontroller sehingga untuk memantau dan mengontrol pemakaian listrik pada suatu waktu dibagian gedung atau ruangan masih dikontrol dan dipantau oleh seorang petugas yang berjaga, bisa dibayangkan apabila bangunan tersebut relatif besar, luas dan mempunyai banyak ruangan juga banyak lantai, sangat tidak efisien waktu yang dibutuhkan seorang petugas yang berjaga hanya untuk memantau atau mengecek penggunaan listrik pada bangunan gedung tersebut.

Melihat kondisi hal itu, maka penulis akan memberikan solusi yang dapat digunakan pada berbagai keperluan. Dalam laporannya akan merancang sebuah sistem pengendali kelistrikan dengan judul “MIKROKONTROLLER SEBAGAI PENGENDALI KELISTRIKAN GEDUNG DENGAN TIMER KONTROL”

1.2 Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang ada diatas, penulis menggunakan rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana merancang sebuah alat sebagai pengendali kelistrikan pada gedung yang bersifat terpusat dengan menggunakan Mikrokontroler Atmel AT89C51, Sistem Komunikasi Data Asinkron, Sistem Komunikasi Standard RS-232, Bahasa Assembler, Pemrograman Delphi.

1.3 Pembatasan Masalah

Pembahasan yang dilakukan penulis dalam penyusunan laporan Tugas Akhir mempunyai beberapa batasan masalah, diantaranya:
a. Penulis memberikan pembatasan masalah pada penerapan yang sesungguhnya dengan dilakukannya simulasi sistem pengendalian kelistrikan pada sebuah miniatur bangunan gedung.
b. Pembuatan perangkat lunak pada Mikrokontroler Atmel AT89C51 dengan bahasa Assembler hanya menggunakan perintah-perintah Standard RS-232.
c. Pemrograman Delphi hanya mengendalikan denah dan sekaligus keterangan pada lokasi listrik yang dikendalikan pada alat tersebut.

1.4 Tujuan Tugas Akhir

1. Merancang sebuah Interface sistem pengendali kelistrikan dengan Mikrokontroler Atmel AT89C51, Sistem Komunikasi Data Asinkron, Bahasa Assembler, pemrograman Delphi. Sehingga dapat menghasilkan pengendali dan pemantau pemakaian listrik yang lebih canggih.
2. Melakukan pengujian efektivitas sebuah alat simulasi pengendalian kelistrikan pada sebuah miniatur bangunan gedung.

1.5 Manfaat Tugas Akhir

Tugas Akhir mengenai Penggunaan Micro Controller Sebagai Pengendali Kelistrikan Pada Gedung Dengan Timer Kontrol mempunyai berbagai manfaat yang bisa dirasakan baik oleh penulis, akademik maupun pemakai. Manfaat tersebut antara lain :
1. Bagi Penulis
Tugas Akhir ini sangat berguna dan bermanfaat bagi penulis dalam menambah pengetahuan serta pengalaman praktis, juga merupakan ujian bagi penulis untuk dapat menerapkan ilmu-ilmu yang selama ini penulis terima dari bangku perkuliahan serta untuk meningkatkan kualitas penulis.

2. Bagi Akademik
Sebagai tolok ukur keberhasilan proses belajar mengajar yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi pihak akademik dan sebagai referensi bagi mahasiswa dalam penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan studi yang dibahas dalam laporan Tugas Akhir ini.
3. Bagi Pemakai
Manfaat yang dapat diperoleh memudahkan pengendalian kelistrikan juga dapat mengoptimalkan kebutuhan listrik sekaligus dapat meningkatkan keamanan.

1.6 Metodologi Penelitian

Dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini penulis menggunakan metode penelitian sebagai berikut :
1.6.1 Sumber Data
Bedasarkan sumbernya, data yang dijadikan bahan dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini adalah
1. Data primer
Data yang diperoleh secara langsung dari obyek penelitian di lapangan.
Data-data yang kita perlukan antara lain:
- Sistem distribusi kelistrikan gedung.
- Pemakaian listrik berdasarkan waktu dan keperluan.

2. Data sekunder
Data yang diperoleh dari buku-buku literatur.
Data-data yang kita perlukan antara lain:
- Bagaimana mengoptimalkan pemakain listrik.
- Bagaimana memanfaatkan mikrokontroler untuk Pengendali Kelistrikan Gedung.

1.6.2 Metode Pengumpulan Data

Untuk mendapatkan data yang diperoleh dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini penulis menggunakan dua metode, yaitu
1. Studi Lapangan
Metode pengumpulan data dimana datanya dikumpulkan secara langsung melalui penelitian dan pengamatan terhadap obyek penelitian. Pengamatan terhadap obyek penelitian yang dimaksud dengan cara sebagai berikut :
a. Wawancara (Interview)
Teknik pengumpulan data dimana penulis melakukan tanya jawab secara langsung dengan sumber data atau pihak-pihak yang berkepentingan yang berhubungan dengan penelitian.
b. Pengamatan (Observasi)
Teknik pengumpulan data dengan cara mengamati secara langsung obyek penelitian. Hal ini untuk mencocokkan kebenaran antara data yang telah diperoleh dengan prakteknya.
2. Studi Kepustakaan
Metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan ini dilakukan dengan mempelajari buku-buku literature yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.

1.6.3 Metode Analisa dan Perancangan
Metode proses yang digunakan untuk pengembangan sistem perangkat lunak adalah metode waterfall .

1. Analisis (Analysis)

Menganalisa infomasi yang diperoleh dari berbagai nara sumber kemudian menganalisa data tersebut untuk diolah antara hardware dan software, menjadi sebuah sistem yang tidak dapat dipisahkan, karena jika perangkat ini kerja salah satu saja tidak akan akan menghasilkan tampilan yang diinginkan.
2. Perancangan (Design)
Menganalisa kebutuhan perangkat keras dan perangkat lunak termasuk kebutuhan biaya kemudian perancangan hardware satu per satu dan software yang dibutuhkan. Untuk perancangan hardware disini penulis merangkai komponen-komponen pada PCB yang telah penulis buat dan siapkan serta membuat mekanis alat simulasi. Untuk perancangan softwarenya penulis membuat program sesuai dengan alur komunikasi data Pengendalian Kelistrikan Gedung yang akan kita buat sbb:

Gambar 1.2 Diagram Alur Komunikasi Data


3. Pemrograman (Coding)
Tahap ini disebut juga sebagai tahap implementasi perangkat lunak atau Coding. Dengan kata lain, dalam tahap ini dilakukan implementasi hasil rancangan ke dalam baris-baris kode program yang dapat dimengerti oleh mesin (komputer).
4. Pengujian (Testing)
Setelah komponen terangkai pada PCB dan mekanis telah jadi, kemudian penulis melakukan pengujian tiap blok rangkaian, apakah rangkaian tersebut telah bekerja dengan baik atau belum.
5. Operasi dan Perawatan
Pada tahap ini sistem siap dioperasikan. Untuk menghindari terjadinya kesalahan atau kegagalan dalam menjalankan fungsi-fungsinya maka diperlukan suatu pemeliharaan yang terus dilakukan dari waktu ke waktu

1.7 Sistematika Penulisan

Tugas akhir ini terdiri dari lima bab, dengan penjelasan tiap-tiap bab sebagai berikut :
BAB I : Pendahuluan
Pada bab ini berisi tentang Latar Belakang, Perumusan Masalah, Pembatasan Masalah, Tujuan Tugas Akhir, Manfaat Tugas Akhir, Metodologi Penelitian serta Sistematika Penulisan Tugas Akhir.
BAB II : Landasan Teori
Pada bab ini menjelaskan tentang teori perangkat keras dan perangkat lunak, dan perancangan casing sehingga dapat diketahui rencana yang akan dikerjakan.
BAB III : Analisa dan Perancangan
Pada bab ini akan menguraikan dan memberikan penjelasan mengenai perancangan perangkat keras, perancangan perangkat lunak, perancangan casing sehingga dapat diketahui rencana yang akan dikerjakan.
BAB IV : Pembahasan dan Implementasi
Pada bab ini akan menjelaskan mengenai pembuatan alat dan pengujian alat.
BAB V : Penutup
Bab ini berisi kesimpulan dari pembahasan masalah dan saran-saran berkenaan dengan Tugas Akhir ini.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi