Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

163. Aplikasi Sistem Informasi Inventarisir Obat


BAB I
PENDAHULUAN


Pada matakuliah kerja praktek ini penulis mencoba untuk menyampaikan suatu tema mengenai pembangunan perangkat lunak di showroom Prasasti Abadi Motor. Adapun pembangunan perangkat lunak yang akan dilakukan ini meliputi pengidentifikasi masalah, pengidentifikasian kebutuhan, hingga perancangan perangkat lunak serta implementasi dari perangkat lunak tersebut guna menunjang/mendukung pengendalian mutu dari perangkat lunak tersebut. Pada penulisan kerja praktek ini penulis memberi judul “Perangkat Lunak Pembantu Penjualan Kendaraan(Roda Empat atau Lebih) di Showroom Prasasti Abadi Motor”.

1.1 Latar Belakang Masalah

Dewasa ini perkembangan teknologi informasi telah dirasakan mengalami perkembangan yang sangat cepat dan hal ini sangat memberikan pengaruh yang sangat besar dalam bidang bisnis khususnya pada bidang pelayanan jasa yaitu penjualan kendaraan roda empat (Mobil) yang sedang dilakukan oleh showroom Prasasti Abadi Motor sampai sekarang ini. Sebagaimana telah diketahui, kegiatan penjualan merupakan salah satu kegiatan utama yang diselenggarakan di sebuah showroom, maka oleh karena itu diperlukan adanya suatu perangkat lunak pembantu yang mampu memaksimalkan sumber daya yang ada dan meminimalisir kesalahan yang mungkin timbul pada saat kegiatan transaksi berlangsung.
Maka untuk mengatasi kesemua permasalahan diatas penulis mencoba membuat “Perangkat Lunak Pembantu Penjualan Kendaraan (Roda Empat atau Lebih) di Showroom Prasasti Abadi Motor”.

Dengan adanya perangkat lunak tersebut maka diharapkan terciptanya suatu mekanisme kegiatan transaksi yang efektif dan terkontrol yang mampu menghasilkan suatu informasi yang baik, cepat dan akurat yang akan digunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkan informasi tersebut.

1.2 Identifikasi Masalah

Mengingat akan perlunya suatu pelayanan yang lebih baik, maka perlu untuk melakukan pengembangan alat bantu yang lebih baik. Hal ini diharapkan agar transaksi jual-beli mobil dapat berjalan dengan baik.
Adapun masalah yang akan muncul dalam kegiatan penjualan mobil yaitu sebagai berikut :
1. Adanya kesulitan dalam melakukan pencarian data transaksi jual - beli yang pernah dilakukan.
2. Masih digunakanya cara manual dalam pembuatan laporan transaksi jual - beli. Sehingga memakan waktu, tidak efisien dan kemungkinan kesalahannya masih tinggi dikarenakan data-datanya masih belum terintegrasi.
3. Masih digunakannya perhitungan secara manual dalam mengetahui rugi/laba dari kegiatan transaksi jual-beli yang telah dilaksanakan. Sehingga kemungkinan data tidak valid tinggi.
1.3 Batasan Masalah
Pengamatan difokuskan pada “Pengembangan Perangkat Lunak Pembantu Penjualan Kendaraan (Roda Empat atau Lebih) di Showroom Prasasti Abadi Motor”, yang akan dibuat perangkat lunak melalui tahapan analisis dan perancangan pada perangkat lunak tersebut. Batasan yang diamati yaitu :

1. Perangkat lunak ini menangani transaksi jual - beli cash yang meliputi penjualan jenis tunai dan penjualan jenis tukar tambah kendaraan.
2. Perangkat lunak ini menangani transaksi jual - beli cash kendaraan dan penjualan tukar tambah meskipun jenis transaksi penjualan yang dilakukan adalah jenis kredit.
3. Perangkat lunak tidak menangani penjualan kredit secara utuh tetapi memberikan pelayanan terhadap penjualan kredit.
4. Perangkat lunak tidak menangani laporan keuangannya.
5. Kendaraan yang akan dijual telah melewati tahapan Selekse control kualitas(quality control).

1.4 Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuannya yaitu:
1. Mengenal suatu lingkungan kerja ditinjau dari sudut pandang ilmu keinformatikaan.
2. Menerapkan materi yang telah diperoleh selama perkuliahan pada lingkungan kerja sesungguhnya.
3. Memberikan wawasan serta pandangan baru mengenai objek kerja praktek dengan menerapkan dan mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh selama kegiatan berlangsung.
4. Mengimplementasikan sistem transaksi jual - beli kendaraan di Prasasti Abadi Motor dengan membangun suatu perangkat lunak sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kinerja sistem ditempat kerja praktek berlangsung.

1.5 Metode Penelitian
Dalam pemecahan masalah, penulis berpedoman pada rekayasa perangkat lunak. Untuk mempermudah proses analisis dan perancangan, penulis menggunakan metode Classic Life Cycle atau biasa juga disebut dengan metode waterfall. Selain itu penulis juga melakukan survey di lokasi dan wawancara.
1.6 Sistematika Pembahasan
Judul dari Laporan Kerja Praktek ini adalah “Perangkat Lunak Pembantu Penjualan Kendaraan(Roda Empat atau Lebih) di Showroom Prasasti Abadi Motor”.
Sistematika laporan kegiatan kerja praktek yang disusun terdiri atas lima bab, yaitu :

Bab I Pendahuluan
Dalam bab ini dijelaskan mengenai latar belakang masalah, maksud dan tujuan, batasan masalah, identifikasi masalah, metodologi pemecahan masalah, dan sistematika penulisan.
Bab II Lingkungan Kerja Praktek
Dalam bab ini membahas mengenai sejarah Showroom Prasasti Abadi Motor, struktur organisasi, serta uraian pekerjaan untuk setiap bagian atau jabatan di Showroom Prasasti Abadi Motor.

Bab III Analisis dan Perancangan
Dalam bab ini membahas tentang hasil analisis secara singkat dari perangkat lunak yang sedang berjalan dan untuk mempermudah perancangan perangkat lunak. Dari mulai perancangan struktur menu, perancangan basis data, perancangan input output, sampai dengan implementasinya.

Bab IV Implementasi
Dalam bab ini dijelaskan secara garis besar mengenai pembuatan program Perangkat lunak penjualan kendaraan di Showroom Prasasti Abadi Motor dan cara instalasi program serta spesifikasi hardware yang diperlukan.

Bab V Kesimpulan dan Saran
Dalam bab ini berisi kesimpulan serta saran-saran dari penulis selama melakukan kerja praktek.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi