Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

188. Desain Website Informasi Kegiatan Kemahasiswaan STMIK Akakom Yogyakarta Menggunakan Java


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah

Perkembangan komputer dewasa ini sangat pesat. Hampir semua bidang dalam kehidupan manusia telah dimasuki dan dipengaruhi komputer. Perkembangan teknologi pada saat ini tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan manusia khususnya Internet (International Network). Internet telah ada sejak tahun 1960-an, di mana hanya kalangan tertentu yang bisa menggunakannya, seperti kalangan pemerintah dan militer.

Perkembangan Internet akhir-akhir ini begitu pesat seiring dengan perkembangan kehidupan manusia dengan berbagai macam masalah dan kebutuhannya, terutama kebutuhan informasi yang terbaru. Internet sebagai sumber daya informasi yang berorientasi ke manusia memberikan fasilitas layanan dan kesempatan kepada pemakai di seluruh dunia untuk berkomunikasi dan berinteraksi bersama sumber daya informasi. Luasnya jaringan Internet yang dapat menghubungkan antartempat di seluruh dunia maka efektifitas menjadi prioritas utama bagi setiap usaha atau bisnis memanfaatkan teknologi Internet untuk melakukan promosi dan transaksi terhadap usaha yang dijalankan. Untuk dapat mengoptimalkan teknologi Internet maka diperlukan aplikasi untuk mengaksesnya. Adapun aplikasi yang populer digunakan untuk keperluan tersebut diantaranya adalah WWW (Wolrd Wide Web). WWW memberikan kemudahan didalam hal penyampaian paket-paket informasi serta mendukung GUI (Graphic User Interface) yang dapat ditampilkan melalui browser.

Banyakanya fasilitas yang ditawarkan oleh Internet seperti e-mail, File Transfer Protocol (FTP), browser, dan chatting. Dari semua fasilitas yang tersedia, dapat menggunakan fasilitas browser, karena dengan fasilitas browser, pengunjung Internet akan mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan. Penyelenggara web juga membuat layanan yang interaktif seperti e-mail, formulir pendaftaran, buku tamu, chat room dan lain-lain.
Tampilan yang akrab dengan user dan komunikasi data yang interaktif merupakan syarat yang mutlak harus dipenuhi dalam membangun sebuah web yang dinamis. Untuk melihat hasil tampilan desain website dengan menggunakan yaitu bahasa Java yang mudah dipelajari bagi yang tidak memiliki keahlian dalam pemrograman. Selain itu juga menggunakan fasilitas FTP yang berguna untuk mengupload file ke server.

Dari uraian tersebut dan untuk melengkapi persyaratan dalam menyelesaikan Program Studi S-1 jurusan Sistem Informasi STMIK AKAKOM Yogyakarta, penulis membuat Tugas Akhir dengan judul “Desain Website Informasi Kegiatan Kemaahasiswaan STMIK AKAKOM Yogyakara Menggunakan Java.

1.2 Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, perumusan masalahnya adalah bagaimana kebutuhan akan informasi sangat diperlukan untuk mengetahui himpunan atau organisasi kemahasiswa disetiap peguruan tinggi. Sistem informasi mahasiswa merupakan salah satu diantara sekian banyak informasi yang dibutuhkan. Pelayanan informasi tentang himpunan atau organisasi kemahasiswaan oleh perguruan tinggi di STMIK AKAKOM selama ini dilakukan secara manual, belum menggunakan komputer sebagai sarana pendukung, informasi diperlihatkan dengan cara memperlihatkan buku panduan/brosur-brosur mengenai himpunan mahasiswa perjurusan maupun organisasi kemahasiswaan lainnya beserta kegatan-kegiatan yang akan dilakukan atau pemakai datang sendiri ke bagian informasi himpunan/organisasi untuk mendapatkan keterangan sesuai dengan kegiatan yang di maksud.

Dengan keadaan seperti ini sungguh sangat menyulitkan bagi pemakai yang akan mendapatkan informasi secara cepat dan tepat. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang bisa memberikan informasi secara cepat dan berdaya guna bagi mahasiswa khususnya dan masyarakat pada umumnya di manapun berada.


1.3 Batasan Masalah

Karena luasnya cakupan yang dikemukakan maka merasa perlu untuk memberikan batasan masalah yang tetap mengacu pada pokok permasalahan yang telah dirumuskan, yaitu sebagai berikut :
1. Informasi data pribadi setiap mahasiswa yang terdaftar sebagai anggota himpunan mahasiswa jurusan yaitu Sistem Informasi, Teknik Informatika, Manejemen Informatika, Teknik Komputer, Komputerisasi Akutansi, maupun organisasi kemahasiswaan diluar jurusan yaitu Mapala, Kesenian, Basket dll.
2. Informasi visi dan misi tiap himpunan mahasiswa jurusan pada tiap jurusaan dan organisasi kemahasiswaan diluar jurusan di STMIK AKAKOM.
3. Informasi kegiatan dan kepanitiaan himpunan mahasiswa jurusan dan organiasi diluar jurusan pada setiap tahun ajaran yang dilaksanakan oleh suatu organisasi kemahasiswaan yang ada di STMIK AKAKOM pada setiap tahunnya.
4. Updating soal hanya bisa dilakukan oleh seorang administrator.
5. Web ini menggunakan bahasa Indonesia, belum memberikan layanan untuk bahasa lainnya.

1.4 Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah membangun suatu website Informasi Kegiatan Kemahasiswaan STMIK AKAKOM Yogyakarta agar memberikan informasi berupa segala yang berhubungan dengan himpunan atau organisasi kemahasiswaan di STMIK AKAKOM secara menarik sehingga pengunjung dapat mengakses dengan mudah serta untuk meramaikan dunia Internet.

1.5 Manfaat Penelitian

Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah Untuk memberikan kemudahan bagi pemakai yang ingin mendapatkan informasi-informasi tentang himpunan atau organisasi mahasiswa STMIK AKAKOM Yogyakarta.


1.7 Sistematika Penulisan

Penulisan skripsi ini disusun menjadi 5 bab, dengan isi dari masing-masing bab adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini dibahas mengenai gambaran umum dari karya tulis ini, yang berisi Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, dan Sistematika Penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini dibahas mengenai teori-teori yang digunakan sebagai acuan di dalam pembahasan masalah dan mengimplementasikan sistem.
BAB III METEDOLOGI PENELITIAN
Pada bab ini akan dibahas bahan-bahan penelitian, alat-alat penelitian metode, pengumpulan data, perancangan sistem, arsitektur proses, pemilihan sistem operasi, pemilihan server web dan pemilihan bahasa pemrograman.
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
Bab ini menyajikan tahap-tahap penerapan sistem informasi serta pembahasan hasil dari penerapan itu.
BAB V PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan penelitian serta beberapa saran-saran untuk mengembangkan sistem yang telah dirancang.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi