Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

203. Komputerisasi Transaksi Penjulan dan Pemesanan Jasa Catering


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Jasa Catering Ibu Supardi, merupakan suatu usaha dagang yang bergerak di bidang penjualan makanan.. Terbatasnya usaha di bidang ini merupakan peluang besar di Yogyakarta, karena minat masyarakat Yogyakarta sendiri sangat menggembirakan, apalagi Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan pariwisata dan juga kota pelajar, dan tentu saja membutuhkan tempat untuk makan yang berbentuk restaurant, Warung ataupun Jasa catering, yang mana merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. Peluang pemasaran juga di lihat dari kebutuhan yang semakin meningkat kareana semakin tingginya animo masyarakat untuk berkujung ke jogja baik dalam bidang studi ataupun hanya sekedar wisata.

Jasa Catering Ibu Supardi dalam perkembangannya belakang ini mengalami kemajuan yang cukup pesat, konsumen yang datang tidak hanya dari dalam saja, tetapi meliputi pemesanan ke tempat-tempat pesta baik dari luar wilayah yogyakarta sendiri maupun dari luar wilayah lainnya , misalnya Batul, dan daerah lain sekitarnya.

Sampai saat ini, Jasa Catering Ibu Supardi dalam melakukan pencatatan transaksi penjualan baik itu pemesanan masakan\makanan ke konsumen, masih dilakukan secara manual. Dengan pencatatan secara manual, masih sering terjadi kesalahan, sehingga dapat mengakibatkan tidak efisiennya kerja, dan yang lebih dikhawatirkan adalah terjadinya kerugian karena kesalahan pencatatan secara manual.

Maka dari itu diperlukan suatu fasilitas yang dapat menghasilkan informasi tentang kegiatan transaksi yang tepat dan akurat. Komputer sebagai salah satu alat bantu pengolah data merupakan sarana yang baik untuk membantu manusia menangani hal-hal yang bersifat rutin guna menghindari kesalahan.

1.2 Pokok Masalah

Masalah utama yang dibahas dalam karya tulis ini adalah tentang penjualandan pemesanan yang dilakukan di Jasa Catering Ibu Supardi kepada konsumennya. Supaya dapat diperoleh kecepatan dan efisiensi dalam proses transaksi. Hal ini dapat mempermudah dalam pengecekan makanan baik penjualan ataupun pemesanan dan mengetahui pendapatan di Jasa Catering Ibu Supardi. Di sisi lain pelayanan terhadap konsumen bisa dilakukan dengan cepat.

1.3 Batasan Masalah

Berhubung begitu kompleksnya permasalahan yang terdapat di Jasa Catering Ibu Supardi, maka penyusunan karya tulis ini hanya dalam batasan permasalahan berikut :
1. Proses penjualan masakan.
2. Proses pemesanan masakan
3. Jenis menu masakan
Permasalahan yang diangkat tidak sampai ke masalah ganti rugi serta diskon yang diberikan di Agen Eka Cipta.

1.4 Maksud Dan Tujuan

Dengan dibuatnya komputerisasi tentang transaksi penjulan dan pemesanan di Jasa Catering Ibu Supardi ini, diharapkan dapat memberi kemudahan dan kepuasan bagi konsumen dalam pemesanan makanan serta ketepatan waktu pemesanan dan pelayanan di Jasa Catering Ibu Supardi.

1.5 Metode Pengumpulan Data

Dalam penyusunan karya tulis ini penulis melakukan penelitian dengan tiga metode untuk pengumpulan data, yaitu:
a. Wawancara
Penulis melakukan wawancara langsung dengan Pimpinan Silver Sound dan pegawainya.
b. Observasi
Penulis melakukan observasi langsung mengenai kinerja di Silver Sound, dalam menangani transaksi dengan konsumen.
c. Studi pustaka
Penulis mencari referensi dan menelaah hal-hal yang berhubungan dengan permasalahan dari beberapa buku dengan studi pustaka.

1.6 Sistematika Karya Tulis

Sistem penulisan naskah secara garis besar, sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini akan membahas mengenai latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, metode pengumpulan data, sistematika penulisan.


BAB II TINJAUAN UMUM
Pada bab ini dijelaskan tentang pengolahan data transaksi penjualan dan pemesanan di Jasa Catering Ibu Supardi Yogyakarta.

BAB III PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini akan dibahas mengenai gambaran sistem yang dibuat, penjelasan sistem, perangkat pendukung yang digunakan terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak, perancangan berkas, perancangan masukan dan perancangan keluaran.

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini akan diuraikan tentang bentuk struktur menu program, pelaksanaan program, serta laporan.

BAB V PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang diambil dari penyusunan karya tulis.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi