Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

209. Komputerisasi Penjualan Lukisan di Amri Gallery


BAB I
PENDAHULUAN



I.1 Latar Belakang Masalah

Seiring dengan era globalisasi jaman dimana persaingan untuk mencapai kesuksesan semakin ketat, sehingga perkembangan ilmu informatika ini sangatlah dirasakan pengaruhnya disegala bidang disiplin ilmu. Hal ini tidak dapat dipungkiri apalagi dengan penangan data dan informasi yang mempunyai peran sebagai pengendali organisasi serta sebagi sumber-sumber informasi dalam mengambil keputusan. Kemajuan dalam bidang informatika ini sangat membawa dampak positif bagi ilmu-lmu yang lain, maka itu diperlukan peralatan pengolahan data yang modern dan menghasilkan informasi yang lebuh cepat.

Adanya kelebihan informasi yang harus dipenuhi secepatnya, maka manusia dengan segala aktivitasnya cenderung untuk mempergunakan peralatan yang lebih mutakhir. Peralatan yang sedang berperan dan semakin hari semakin pesat perkembangannya di jaman sekarang adalah komputer, karena komputer sebagai alat pengolahan data dapat memberikan banyak kemudahan kepada manusia, dan yang lebih penting lagi dapat menghasilkan informasi yang lebih cepat dan akurat.

Akan tetapi komputer tidak dapat dikerjakan tanpa adanya campur tangan manusia, karena komputer hanya merupakan alat bantu yang dapat menghasilkan satu informasi dengan pengendali manusia. Pengendalian yang dilakuan manusia adalah berupa perintah-perintah yang dapat dimengerti dan dilaksanakan oleh komputer. Perintah-perintah ini disebut program. Dengan menggunakan perintah-perintah inilah yang nantinya dapat menyelesaikan suatu masalah sehingga akan mendapatkan informasi yang diinginkan. Komputer hanya menyediakan fasilitas-fasilitas dalam bentuk perintah, dan manusia sebagai pelaksananya.
Adapun kemampuan yang dimiliki komputer dalam melaksanakan tugasnya diantaranya:
1. Dapat bekerja dengan kecepatan tinggi.
2. Mempunyai tingkat ketelitian yang tinggi.
3. Kemampuan mengingat yang besar.
4. Menghemat penggunaan tenaga atau pikiran manusia.
Mengingat semakin kompleksnya masalah dan perkembangan teknologi semakin maju, maka komputer sangatlah cocok dipakai untuk menyelesaikan masalah. Dari sekian banyak masalah yang harus ditangani, salah satu diantaranya adalah penggunaan komputer dalam mengolah data penjualan lukisan di Amri Gallery

1.2 Alasan Pemilihan Judul

Selama ini di Amri Gallery dalam pengelolahan datanya masih menggunakan manual, karena sistem tersebut masihlah tidak efisien, yang mana akan memperlambat sistem kerja karyawan dalam pengelolahan data penjualan lukisan atau pemesanan lukisan di Amri Gallery, dengan adanya komputerisasi penjualan lukisan di Amri Gallery sehingga tidak banyak memakan waktu dan tidak adanya penumpukan data dalam faktur hasil transaksi penjualan atau pemesanan lukisan.

1.3 Pokok Masalah

Pokok permasalahan yang menjadi alasan dibuatanya program komputerisasi penjualan lukisan di Amri Gallery, yaitu untuk mengefisienkan metode pendataan terhadap lukisan yang telah ada serta mempermudah pihak penjualan dalam melakukan proses penjualan dan pemesanan lukisan. Karena dengan cara manual selama ini pendataan lukisan serta faktur hasil transaksi penjualan sangatlah merepotkan dan memakan waktu lama
.
1.4 Batasan Masalah

Komputerisasi penjualan lukisan di Amri Gallery, hanya dibatasi pada permasalahan berikut:
1. Pendataan lukisan yang telah jadi, mulai dari bahan pewarna lukisan, judul lukisan, harga lukisan, bahan kanvas lukisan dan tahun lukisan selesai dibuat.
2. Transaksi pemesanan lukisan dan informasi lukisan yang sedang dipesan.
3. Transaksi penjualan lukisan beserta informasi lukisan yang telah terjual dan data konsumen yang telah membelinya.

1.5 Tujuan Penulisan

Dengan adanya Komputerisasi Penjualan Lukisan di Amri Gallery ini diharapkan dapat membantu para pengelolah Amri Gallery dalam menyelesaikan tugasnya, terutama bagian pemasarannya. Sehingga proses pendataan, pemesanan, penjualan serta pencarian informasi lukisan dapat diselesaikan dalam waktu yang seefisien mungkin

1.6 Metode Pengumpulan Data

Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam Komputerisasi Penjualan Lukisan di Amri Gallery yaitu melakukan survei pendahuluan dan wawancara secara langsung dengan pegawai di Amri Gallery. Kemudian langkah-langkah selanjutnya adalah :
1. Mempelajari bentuk berkas-berkas data yang telah ada.
2. Mempelajari spesifikasi format masukan dan format keluaran yang ada.
3. Merumuskan dan menyusun struktur data yang telah diperoleh untuk dikembangkan dan ditingkatkan menjadi sebuah struktur yang akan memberikan kemudahan dalam pemrograman sistem dan keluaran informasi yang dihasilkan.
4. Penyusunan perangkat lunak yang akan berfungsi sebagai sarana pengolah data sekaligus penyaji informasi yang dibutuhkan.

1.7 Manfaat penelitian

Adapun manfaat penelitian Tugas Akhir ini Adalah merancang aplikasi yang dapat membantu di Amri Gallery dalam melakukan sistem komputerisasi penjualan lukisan, yang mana dapat mengelolah data dengan cepat dan akurat
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi