Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

218. Pengolahan Data Pasien Di Klinik “ Citra Paramedika” Kulon Progo


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah

Kesehatan merupakan hal yang sangat utama dalam kehidupan manusia, oleh karena itu untuk menjaga agar tetap sehat dan untuk sarana penyembuhan penyakit atau gejala sakit selain olah raga tentu saja diperlukan suatu lembaga atau yayasan yang bergerak dalam bidamg kesehatan. Oleh sebab itu di Kabupaten Kulon Progo sekitar awal tahun 2000 lalu didirikan sebuah Klinik ‘Citra Paramedika’ yang mana keberadaan klinik ini sangat berperan besar dalam usaha pemenuhan kesehatan masyarakat.

Untuk itu klinik ini dituntut agar pelayanan kesehatan benar-benar diutamakan, walaupun dengan sarana prasarana yang kurang lengkap dibanding rumah sakit pada umumnya. Untuk tenaga paramedis ada yang didatangkan dari Rumah Sakit Pusat Yogyakarta khusus untuk ahli bedah dan tenaga medis lain seperti perawat khusus anestesi dan bidan.

Meskipun dalam pelayanan tidak kalah dengan rumah sakit pada umumnya, klinik ini banyak mengalami kesulitan dalam pengolahan data pasien yang dirawat dan pasien rawat inap yang ditangani Klinik ’Citra Paramedika’ ini.
Hal itu dikarenakan sistem pengolahan data pasien masih belum menemukan metode yang tepat karena belum menggunakan sistem komputerisasi.

Contoh nyata permasalahan yang dihadapi adalah mengenai keterangan pasien yang datang berobat, diperiksa dokter untuk dianalisa lebih lanjut penyakit atau keluhannya, harus menginap atau rawat jalan, bangsal rawat inap jika harus menginap dan biaya yang dikeluarkan.

Karena semakin besarnya kebutuhan klinik tersebut dalam kemudahan pengolahan data pasien rawat inap dari waktu ke waktu, yang nantinya akan menjadi sarana yang tepat bagi klinik tersebut dalam mengolah data dan menampilkan laporan yang tepat dan bermanfaat.

Sehingga akhirnya pihak klinik harus memikirkan bagaimana caranya mengolah data-data yang berkaitan dengan proses pasien berobat sampai pasien dinyatakan berhenti berobat. Dan kemudian diputuskan untuk melakukan komputerisasi terhadap seluruh data yang diperlukan berkaitan dengan pasien yang dirawat, termasuk juga data kebutuhan pemeriksaan atau pengobatan pasien yang nantinya berkaitan dengan biaya yang harus dibayar.
Untuk memenuhi yang sudah menjadi keputusan pihak klinik tersebut, yaitu komputerisasi terhadap data-data yang ada, terutama data pasien yang berobat, masalah ini kemudian diangkat menjadi topik dari penyusunan tugas akhir yang berjudul “Pengolahan Data Pasien di Klinik ‘Citra Paramedika’ Kulon Progo”.


1.2 Pokok Permasalahan

Terkait dengan kebutuhan untuk mencapai kemudahan dalam pengolahan data pasien rawat inap klinik tersebut maka pokok permasalahan yang akan dibahas pada karya tulis ini adalah mengenai Sistem Pengolahan Data Pasien Rawat Inap di Klinik ‘Citra Paramedika’ Kulon Progo.

1.3 Batasan Masalah

Batasan permasalahan yang terdapat dalam sistem pengolahan data pasien rawat inap di Klinik ‘Citra Paramedika’ Kulon Progo meliputi :
a. Pengolahan data pasien masuk.
b. Pemeriksaan pasien oleh paramedis.
c. Keterangan rawat inap atau tidak serta biaya selama perawatan.

1.4 Tujuan Penulisan Karya Tulis

Karena adanya berbagai permasalahan yang dihadapi pihak klinik dalam mengolah data pasien rawat inap dan segala proses yang terdapat didalamnya maka dengan rendah hati kami memberanikan diri untuk mencoba membuat sistem komputerisasi untuk pengolahan data pasien rawat inap dan segala kemungkinan yang terjadi selama proses pendaftaran, proses tindakan sampai laporan tentang biaya.
Sehingga apa yang kami usahakan untuk membantu, sebisa mungkin dapat bermanfaat bagi pihak Klinik ‘Citra Paramedika’ pada khususnya dan bagi pengguna jasa pelayanan kesehatan klinik tersebut pada umumnya.

1.5 Metode Pengumpulan Data

Dalam penyusunan tugas akhir mengenai sistem pengolahan data pasien rawat inap pada klinik Citra Paramedika ini menggunakan metode pengumpulan data yang sering kali digunakan yaitu :
a. Wawancara atau interview
Melakukan tanya jawab langsung dengan paramedis atau dengan karyawan non medis yang dapat memberikan informasi-informasi penting seputar Klinik Citra Paramedika terutama yang berkaitan dengan pembuatan sistem ini.

b. Observasi
Dengan melihat dan mengamati langsung ke klinik tersebut untuk mencari kejelasan ataupun menghimpun fakta yang telah diketahui melalui wawancara.

c. Studi Pustaka
Dengan membaca selebaran atau brosur yang dikeluarkan oleh pihak klinik tersebut. Serta literatur yang disediakan sebagai media informasi bagi masyarakat.

1.6 Sistematika Penulisan Karya Tulis

BAB I Pendahuluan
Meliputi latar belakang masalah, pokok permasalahan, batasan masalah, tujuan penulisan karya tulis, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan karya tulis.
BAB II Dasar Teori
Meliputi sejarah atau latar belakang berdirinya Klinik ‘Citra Paramedika’ , pasien yang berobat, dokter yang memeriksa, proses tindakan atau pelayanan, bangsal rawat inap, dan biaya keseluruhan.
BAB III Perancangan Sistem
Meliputi definisi sistem, sistem pendukung, perancangan sistem, penjelasan sistem, perancangan basis data, perancangan masukan, dan perancangan keluaran.
BAB IV Pelaksanaan Sistem
Pada bab ini akan diuraikan mengenai bagaimana implementasi program dari sistem yang dirancang.
BAB V Penutup
Bab ini akan berisikan kesimpulan beserta saran-saran.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi