Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

233. Sistem Informasi Biro Perjalanan Wisata Duta Nusa Tour “Berbasis Web”


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang Masalah

Laju pertubuhan teknologi informasi seakin pesat, bahkan meningkat setelah adanya jaringan internet. Dengan adanya internet kebutuhan akan informasi dapat diperoleh dengan cepat dan tepat tapa melihat kendala waktu maupun jarak dengan sumber informasinya. Dengan adanya jaringan internet tersebut akan mendukung segala peerkembangna disegala bidang, tidak terkecuali dalam bidang pariwisata sebagai salah satu kegiatan sub sektor pebangunan yang sedang dikembangkan sebagia salah satu alternative dan sumberdaya non migas.
Pemerintah tanpa henti-hentinya mempromosikan produk wisata yang ada. Pembangunan kepariwisataan dilanjutkan dan ditingkatkan dengan mengembangkan atau mendayagunakan sumber daya dan potensi kepariwisataan nasional menjadi kegiatan ekonomi yang dapat diandalkan untuk memperbesar penerimaan devisa, memperluas dan memeratakan kesempatan berusaha serta memperluas lapangan kerja.

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat menimbulkan suatu keharusan bagi perusahaan-perusahaan untuk menggunakan komputer dalam mendapatkan kejelasan dari suatu data. Dengan komputer, maka akan sangat membantu dan mempermudah pekerjaan. Kebutuhan akan informasi lebih mudah terpenuhi. Dengan adanya komputer, proses menyimpan data, mengolah data, dan menyajikan data ke dalam bentuk informasi akan lebih mudah jika dilakukan menggunakan komputer.
Dengan adanya kejelasan informasi dari keakuratan yang disajikan, waktu yang digunakan, kemudahan dalam penyajian dengan adanya kemajuan sistem informasi untuk pemanfaatan komputer. Seiringnya perkembangan di era globalisasi dan menggunakan komputer untuk kepentingan bisnis. Bisnis pariwisata juga sangat memerlukan pemanfaatan teknologi komputerisasi untuk memajukan usahanya karena dalam dunia bisnis pariwisata para pelanggan berasal dari beberapa tempat yaitu dari Luar Negeri maupun dari Dalam Negeri. Sedangkan obyek-obyek wisatanya terletak di tempat yang berbeda-beda, dengan adanya sistem informasi dan pemanfatan komputer secara maksimal. Wisatawan dari berbagai tempat dapat memperoleh informasi secara lebih mudah tentang daerah wisata yang ingin dikunjungi. Salah satu perusahaan diYogyakarta yang bergerak dibidang pariwisata adalah Duta Nusa Tour yang siap memberikan pelayanankepada para wisatawan untuk melkukan perjalanan wisata.

Namun sayangnya perusahaan ini belum memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yaiytu dibidang jaringan internet dan memaksimalkan fungsi manfaat komputer yag dimiliki. Kondisi ini apabila dibiarkan akan tidak mampu bersaing dengan perusahaan lain yang telah memanfaatkan keunggulan teknologi informasi dalam memajukan bisnisnya. Sebagai contoh perusahaan ini belum eiliki media promosi yang cepat dan dapat diterima oleh semua orang dimana saja. Berbeda halnya dengan perusahaan tour lainnya yang sudah memanfaatkan kemajuan informasi teknologi dimana para calon wisatawan dengan mudah memperoleh informasi yang diinginkan. Berdasarkan latarbelakang itulah maka peneliti tertarik untuk menyusun sistem informasi yang terkait dengan Oerjalanan Wisata di Duta Nusa Tour tersebut.

1.2 Runusan Masalah
Duta Nusa Tour memiliki perhatian yang besar terhadap paket perjalanan wisata untuk dikembangkan, karena divisi ini memberikan keuntungan yang lebih besar dibanding dengan divisi lain. Untuk mengembangkan divisi ini diperlukan penggunaan sistem informasi yang berbasis website. Dengan sistem informasi berbasis website ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja divisi sebagai media promosi dan informasi kepada masyarakat secara luas., yang pada akhirnya memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan.
1.3 Batasan Masalah
Pembuatan sistem informasi yang akan dilakukan terbatas pada informasi paket perjalanan wisata Duta Nusa Tour didalam negeri.
Sesuai dengan masalah yang ada di atas maka karya tulis ini difokuskan hanya pada perjalanan wisata didalam negeriatara lain :
1. Data yang diambil didalam sesuai dengan yang diperoleh dari Duta Nusa Tour Yogyakarta
2. Berlaku untuk perjalanan wisata kebeberapa tujuan wisata.
3. Informasi yang akan dimuat mencakup daerah Tujuan Wisata, Informasi Fasilitas wisata, Informasi alat Transportasi, Hotel dan harga.
Pada proses masukkan data akan dicatat di dalam komputer yang dilakukan dengan program aplikasi dibuat dari program PHP

1.4 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan deari penelitian ini adalah merancang aplikasi yang dapat membantu Duta Nusa Tour dalam melakukan Sistem Informasi berbasos wesite untuk paket perjalanan wisata.
1.5 Manfaat Penelitian
Diharapkan akan emberikan banyak mafaat setelah penelitian ini seleai antara lain :
1. Bagi Peneliti
Peneliti lebih terlatih dalam merumuskan suatu permasalahan dan megimplementasikan pemecahan masalah kedalam bentuk program aplikas
2. Bagi Kepariwisataan
a. Sebagai sarana promosi dan informasi pariwisata
b. Sebagai media penunjang promosi serta pelayanan kepada masyarakat tentang segalahal yang berhubungan dengan kepariwisataan


1.6 Metode Pengumpulan Data
Untuk mendukung kelengkapan serta kelancaran dalam pembuatan karya tulis ini ada beberapa cara dalam pengumpulan data-data yang diperlukan yaitu:
A. Metode Observasi Langsung
Metode ini dilakukan dengan mengamati langsung proses penanganan dari data-data dokumen atau informasi-informasi yang dihasilkan dengan cara sistem manual baik langsung dan catatan yang berhubungan dengan mekanisme Duta Nusa Tour.
B. Metode Wawancara
Metode ini dilakukan dengan para nara sumber dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mendukung permasalahan. Wawancara pada nara sumber yaitu, Tour Operator.
C. Metode Pustaka
Hal ini ditempuh dengan adanya dokumen dari buku-buku panduan yang ada kaitannya dengan masalah yang dibahas yaitu Sistem Informasi Biro Perjalanan Wisata Duta Nusa Tour Yogyakarta.

1.7 Sistematika Penulisan Karya Tulis
Untuk memperoleh penjelasan dan pembahasan lebih mudah dalam mengkaji permasalahan yang ada pada kaitan dengan sistematika maka penjelasan serta pembahasan didalam karya tulis ini disusun dengan sistematika karya tulis sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan menguraikan tentang latar belakang dari masalah yang ada, rumusan masalah, manfaat penelitian metode pengumpulan data, dan sistematika karya tulis.
BAB II TINJAUAN UMUM
Bab ini diuraikan tentang sejarah singkat Biro Perjalanan Wisata Duta Nusa Tour dan tinjauan umum tentang peraan dan penggunaan web seagai media promosi dan informasi.
BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Berisikan tentang analisis dan perancangan sistem secara lengkap mulai dari perancangan basisdata, hubungan antar tabel, diagram alir sistem dan perancangan masukan serta perancangan keluaran yang dilengkapi dengan gambar maupun tabel.
BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM
Bab ini dijelaskan tentang bagaimana cara mengimplementasikan desain sistem yang ada dan cara pengoperasian sistem sehingga dapat menghasilkan informasi sesuai yang dibutuhkan.
BAB V PENUTUP
Bab ini berisikan kesimpulan dan saran-saran yang membahas tentang kekurangan dan hal-hal yang bisa dilakukan sehubungan dengan sistem yang telah dibuat.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi