Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

253. Sistem Informasi Penjualan Lukisan Di Pucuk Art Gallery Berbasis Web


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan dunia teknologi dan informasi pada saat ini khususnya dunia komputer berkembang sangat pesat, ditambah dengan adanya kehadiran teknologi informasi yang semakin berperan di dalam dunia pekerjaan. Dengan mengunakan piranti teknologi informasi yang tepat, maka segala aktifitas manusia dalam pekerjaan dapat dilakukan, dipantau dan direpresentasikan sesuai dengan perhitungan-perhitungan dan aturan main yang telah ditetapkan.

Salah satu piranti informasi adalah internet, yaitu sebuah jaringan on-line global tanpa batas yang menyediakan berjuta jenis informasi. Internet merupakan fasilitas koneksi sebuah situs web yang ingin menjadikan dirinya sebagai suatu sistem sosial yang dapat diterima dan dapat diharapkan untuk digunakan.

Seperti diketahui juga perkembangan teknologi informasi yang berbasis komputer lebih cenderung untuk dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan akan informasi yang lebih cepat dan akurat, melalui dunia maya yang lebih dikenal dengan media internet.

Dalam media internet, istilah Electronic Commerce atau eCommerce kini merupakan suatu gambaran cakupan yang cukup luas mengani teknologi, proses dan praktek yang dapat melakukan transaksi bisnis tanpa menggunakan kertas sebagai sarana mekanisme transaksi. Hal tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya menggunakan eMail, Electronic Data Interchange, atau World Wide Web (WWW) yang melibatkan komunitas dalam negeri maupun internasional.
Sejalan dengan perkembangan teknologi tersebut, sudah banyak badan usaha nasional yang menggunakan fasilitas internet dalam sistem penjualan mereka, karena metode ini dipandang memiliki beberapa keuntungan lain bila dibandingkan dengan sistem penjualan konvensional yang langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi perilaku dari suatu badan usaha atau organisasi, baik itu dari segi manajemen maupun pemasaran dan layanan informasi. Pucuk Art Gallery yang bertempat di denpasar Bali adalah suatu perusahaan seni kerajinan tangan yang menjual dan memamerkan lukisan dan berusaha untuk memberikan suatu pelayanan dan informasi dengan menggunakan media internet yang nantinya diharapkan akan memberikan keuntungan lebih, seperti akan dikenalnya Pucuk Art Gallery sebagai Gallery seni yang penyediakan koleksi lukisan, serta melalui media internet proses penjualan lukisan tidak hanya terpaku pada para tamu yang mengunjungi Gallery melainkan akan menjadi lebih mudah jika dapat melakukan pemesanan melalui media internet tanpa harus datang ke Pucuk Art Gallery untuk melakukan proses pembelian, pemesanan atau hanya ingin mengetahui informasi jenis lukisan apa saja yang dikoleksi pada Pucuk Art Gallery.

1.2 Pokok Masalah
Sistem Iinformasi Penjualan Lukisan di Pucuk Art Gallery Berbasis Web dirancang untuk pengembangan sistem informasi pelayanan informasi dan penjualan lukisan yang nantinya mempermudah mendapatkan informasi tentang koleksi lukisan Pucuk Art Gallery secara on-line. Sistem yang juga dilengkapi dengan sejumlah piranti database akan memudahkan para mengguna layanan internet untuk mengakses informasi yang terdapat pada Pucuk Art Gallery.

1.3 Batasan Masalah
Ruang lingkup pengembangan difokuskan pada “Sistem Informasi Penjualan Lukisan di Pucuk Art Gallery Berbssis Web”. Oleh karena itu pembuatan aplikasi sistem informasi penjualan lukisan dengan menggunakan media internet akan di batasi pada penginformasian jenis lukisan, transaksi pemesanan lukisan serta jumlah pemesanan lukisan dan total pembayaran, dimana untuk pembayaran di lakukan dengan menggunakan transfer rekening dan kartu kredit serta menggunakan bantuan bank virtual, sebelumnya seorang pemesan harus mendaftarkan diri sebagai pelanggan selanjutnya dengan identitas pelanggan seorang pemesan dapat melakukan pemesanan lukisan.
Untuk proses pengiriman barang ke alamat tujuan tidak didasarkan pada ukuran dan berat lukisan.

1.4 Tujuan Penulisan Skripsi
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk membantu mengatasi dalam sistem informasi penjulan lukisan di Pucuk Art Gallery, sehingga diharapkan dengan bantuan komputer dapat mempermudah seorang pecinta seni lukisan maupun kolektor dapat melihat atau memesan lukisan yang di sukai melalui jasa internet, selain itu juga akan membantu pihak Pucuk Art Gallery didalam mempromosikan produk lukisan yang diproduksi selama ini.

I.5 Metode Pengumpulan Data
Untuk mempermudah penyusunan skripsi ini digunakan metode pengumpulan data, sebagai berikut.
1. Wawancara
Data diperoleh dengan melakukan wawancara secara langsung dengan bagian yang menangani masalah penjualan atau pemesanan lukisan.
2. Observasi Langsung
Pengumpulan data dilakukan dengan survei dan melakukan pencatatan data secara langsung ke lokasi Gallery.
3. Studi Pustaka
Metode ini ditujukan selain untuk memperoleh referensi yang mendukung ke arah penyelesaian dari permasalahan yang ada, juga untuk mempelajari langkah-langkah pembuatan keseluruhan skripsi secara baik.

1.6 Sistematika Penulisan Skripsi
Sistematika yang digunakan sebagai acuan dalam penyusunan skripsi adalah sebagai berikut.
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini akan dibahas tentang latar belakang masalah , pokok masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode pengumpulan data, dan sistematika penulisan skripsi.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini akan dibahas mengenai sekilas tentang Pucuk Art Gallery dan sekilas tentang internet serta perkembangan teknologinya dan konsep dasar dalam perancangan sistem informasi.
BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Pada bab ini akan dibahas mengenai diagram alir data, bagan alir sistem, relasi tabel, perencanaan masukan, dan perencanaan keluaran.
BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN PROGRAM
Bab ini akan di bahas dan diuraikan mengenai tahap pengimplementasian sistem yang telah dirancang, dan membahas algoritma-algoritma yang digunakan.
BAB V PENUTUP
Pada bab ini berisi kesimpulan dan saran.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi