Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

255. Sistem Informasi Perpustakaan


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Dewasa ini komputer telah banyak berperan di masyarakat, baik di Negara maju maupun di Negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. Sebagai salah satu penemuan teknologi, komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk teknologi lainnya. Yang membedakannya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas secara menakjubkan dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi. Hal ini yang juga membedakan komputer dengan produk teknologi lainnya adalah kecepatan perkembangan teknologinya. Perkembangan dunia komputer pada era globalisasi sekarang ini sangat pesat. Komputer pada saat ini banyak digunakan di sekolah, kantor, rumah usaha ataupun di rumah sendiri. Ruang lingkupnya sudah cukup luas, sehingga digunakan sebagai alat bantu untuk memproses atau mengolah berbagai jenis data dan informasi untuk berbagai macam keperluan.

Meski Tugas Akhir ini diangkat setelah melakukan studi kasus pada Perpustakaan SMU N 2 KALIANDA yang bertempat di Jl.Trans Sumatera. Pengolahan Data dan Informasi yang masih dilakukan secara manual sangatlah tak efisien pada masa sekarang ini. Kelemahan dalam pengolahan data terpusat cukup dirasakan. Informasi dan Data yang harus disimpan semakin banyak, yang menyebabkan Pengolahan Data dan Informasi menjadi kritis, sehingga dibutuhkan suatu komputerisasi pengolahan data dan Informasi yang tentu saja akan sangat membantu pihak pengelola Perpustakaan SMU N 2 KALIANDA. Data dan Informasi yang sudah diolah dengan bantuan komputer akan menjadi lebih akurat dan proses pelaksanaannya pun cepat.

Kegiatan pengolahan berbagai buku koleksi yang diterima oleh perpustakaan senantiasa diusahakan dalam keadaan siap untuk dipinjamkan kepada peminat ataupun pengunjung dalam arti data buku:
1. Sudah selesai diolah datanya ataupun diproses datanya.
2. Sudah disimpan dalam rak buku dengan susunan yang teratur (sistematis) sesuai dengan sistem yang berlaku di perpustakaan.
3. Kartu-kartu katalognya sudah berada dilemari katalog dengan susunan yang teratur.
Koleksi buku yang banyak jumlah dan jenisnya, disamping para peminjam yang juga banyak maka dilakukan proses komputerisasi pada perpustakaan. Proses komputerisasi ini bertujuan agar pelayanan di perpustakaan cepat dan pendataan jumlah buku serta arus keluar masuk buku dapat selalu dipantau.
Prosedur pengolahan umumnya dilakukan dengan berbagai macam pekerjaan seperti berikut :
1. Pemberian cap atau stempel pada buku untuk menyatukan bahwa buku tersebut adalah milik perpustakaan.
2. Inventarisasi setiap buku yang diterima perpustakaan agar data menjadi penerimaan atau pemilikan buku tercatat secara teratur.
3. Penentuan nomor atau kode buku (call number) yaitu pekerjaan memberi nomor letak atau urutan buku menurut sistem yang berlaku, agar memudahkan pencarian jika sewaktu-waktu akan dipergunakan (dibaca) dan sebaliknya memudahkan pula penempatan kembali apabila sudah selesai dipergunakan (dibaca).
4. Pembuatan slip sementara, yaitu pekerjaan membuat konsep catatan atau keterangan mengenai buku untuk keperluan pembuatan kartu katalog.
5. Pembuatan kartu katalog yaitu pekerjaan membuat kartu dengan tata pengetikan atau pencetakan tertentu bagi setiap buku untuk dipergunakan sebagai alat perlengkapan dalam tugas perpustakaan melayani peminjaman dan pengembalian apabila sewaktu-waktu diadakan.
6. Pemberian perlengkapan pada buku yang diperlukan sebagai alat perlengkapan dalam melayani peminjaman dan pengembalian buku. Pekerjaan tersebut berupa antara lain;
a. Tabel nomor penempatan buku
b. Tempat kartu buku
c. Lembar peringatan atau perhatian

1.2 Pokok Masalah
Dari studi kasus yang dilaksanakan, ditemukan banyak hal yang ternyata amat merugikan bila dipandang dari sudut efisiensi kerja, misalnya pemasukan data buku atau majalah yang sama yang dilakukan secara berulang-ulang sehingga memakan waktu dan tenaga. Masalah lainya adalah bagaimana mengontrol pengguna perpustakaan khususnya masalah sirkulasi buku.
Berhubung jumlah pustakaawan yang bertugas diperpustakaan lebih dari satu, dengan jam kerja yang tidak tetap maka sistem yang diperlukan sebuah sistem pelayanan perpustakaan berbasis komputer dengan kemampuan multiuser untuk menangani transaksi inventarisasi, peminjaman buku dan pustakawan yang sedang bertugas.

1.3 Batasan Masalah
Dalam hal peminjaman buku, peminjaman buku diperkenankan meminjam buku maksimal 2 buku dengan jangka waktu peminjaman 6 hari. Peminjaman ini dapat di lakukan hanya dengan sekali transaksi. Keterlambatan pengembalian buku akan di kenakan sanksi berupa denda, Rp 200,- per hari (denda tidak berlaku untuk guru dan pegawai). Dalam komputerisasi pelaksanaan kegiatan perpustakaan data diambil dari transaksi harian di perpustakaan SMU N 2 KALIANDA yang berupa Data Buku, Data Peminjaman, Data Anggota dan Data pegawai. Data tersebut yang akan diproses sehingga akan menghasilkan laporan-laporan.
Aplikasi ini juga harus mampu menangani transaksi pemrosesan informasi yang dibutuhkan oleh anggota perpustakaan (siswa dan guru) secara langsung.

1.4 Tujuan Penulisan
a. Tujuan Akademik adalah agar dapat menyelesaikan studi di lingkungan Aktiivitas Akademika STIMIK AKAKOM Yogyakarta, karena tugas akhir merupakan salah satu syarat wajib yang dilaksanakan oleh setiap mahasiswa STMIK AKAKOM Yogyakarta jenjang Diploma Tiga (D3).
b. Sumbangsih dalam bidang ilmu dan teknologi khususnya di bidang komputer.
c. Membantu SMU N 2 KALIANDA dalam mengembangkan dan memaksimalkan kegiatan sirkulasi buku.

1.5 Metode Pengumpulan Data
Dalam penysunan materi tugas akhir ini di lakukan tiga macam cara pengumpalan data memerlukan data-data dan informasi yang berhubungan dengan permasalahan yang akan di tangani.
1. Wawancara
Salah satu metode pengumpulan data ialah dengan jalan wawancara yaitu mendapatkan informasi dengan cara bertanya langsung kepada responden. Wawancara ini berlangsung beberapa kali sampai akhirnya merasa data dan informasi yang di perlukan sudah memenuhi syarat untuk pengolahan suatu sistem informasi dan program sederhana.
2. Studi Perpustakaan
Penyusun mendayagunakan sumber informasi yang terdapat di perpustakaan dan jasa informasi yang tersedia khususnya yang banyak berhubungan dengan permasalahan yang di hadapi.
Manfaat yang di peroleh ialah bahwa melalui penelusuran dan penelaahan ke perpustakaan dapat mempelajari bagaimana mengungkapkan buah pikiran secara sistematis, kritis, dan ekonomis.

1.6 Sistematika Penulisan
Sistematika penyusunan Tugas Akhir yang disusun ini, secara keseluruhan terinci sebaga berikut :
1.6.1 Bab I Pendahuluan
Pada bab ini diuraikan mengenai latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, tinjauan penulisan, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.
1.6.2 Bab II Tinjauan Umum
Pada bab ini diuraikan mengenai sejarah singkat serta tujuan berdirinya SMU N 2 KALIANDA dan Perpustakaan SMU N 2 KALIANDA, sistematika pelaksanaan kegiatan, Basis data, Bahasa pemrograman dan Langkah-langkah penanganan.
1.6.3 Bab III Perancangan Sistem
Pada bab ini diuraikan mengenai definisi sistem, gambaran sistem, bagan alir sistem, Perancangan tabel, Perangkat Pendukung, Perancangan masukan dan Perencanaan keluaran.
1.6.4 Bab IV Implementasi
Pada bab ini diuraikan mengenai jalannya program, prosedur, dan manfaat dari sistem.
1.6.5 Bab V Kesimpulan dan Saran
Pada bab ini diuraikan mengenai kesimpulan dari karya tulis ini dan saran-saran dari penyusun bagi operator yang akan mengoperasikan program sederhana yang penyusun buat.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi