Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

288. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dan Pembelian Kendaraan Bermotor Pada Show Room Suzuki Medan Jaya Yogyakarta


BAB I
PENDAHULUAN



I.1. Latar Belakang Masalah
Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, dimana kebutuhan akan tenaga-tenaga profesional akan semakin diperlukan oleh perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Tidak lepas dari perkembangan teknologi tersebut maka dibutuhkan sarana pendukung yang sempurna yaitu komputer. Komputer adalah salah satu sarana terpenting bagi perusahaan dimana kita dapat mengolah dan mengakses data yang diperlukan dengan cepat dan tepat sehingga dapat memanfaatkan waktu yang tersisa dengan kegiatan-kegiatan yang lain.

Dengan di suguhkannya berbagai fasilitas yang dimiliki oleh komputer, maka tidak pelak lagi bahwa setiap pimpinan menginginkan perusahaannya dilengkapi dengan komputer beserta program aplikasi yang sesuai dengan bidang usaha pada perusahaan tersebut. Program aplikasi ini akan semakin mempermudah dan mempercepat kinerja perusahaan dalam proses transaksi usaha sehari-hari.

Pada Show Room Suzuki Medan Jaya Yogyakarta juga sudah menggunakan program aplikasi untuk proses transaksi usahanya, akan tetapi masih terbatas pada pendataan-pendataan yang sederhana. Dengan keterbatasan kemampuan program aplikasi yang dimiliki oleh Show Room Suzuki Medan Jaya Yogyakarta, maka sangat diperlukan sekali adanya pembaharuan untuk proses penyempurnaan program yang sudah ada tersebut.

Hal inilah yang mendorong Penulis untuk mengadakan penelitian pada Show Room Suzuki Medan Jaya Yogyakarta dengan membuat sistem yang baru. Penulis juga akan berusaha secara maksimal untuk mengembangkan sistem yang baru menjadi lebih baik dan efektif dengan komputerisasi dan dapat bermanfaat bagi Show Room Suzuki Medan Jaya Yogyakarta. Dengan pengembangan sistem yang baru ini diharapkan dapat memberikan kemudahan-kemudahan dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan.

I.2. Rumusan Permasalahan
Rumusan masalah yang merupakan alasan agar sistem komputerisasi pengolahan data penjualan dan pembelian kendaraan bermotor pada Show Room Suzuki Medan Jaya Yogyakarta di lakukan renovasi adalah karena masih adanya pengolahan data yang menggunakan sistem manual sehingga sangat dibutuhkan sekali adanya sistem komputerisasi yang baru sehingga proses pelaksanaan transaksi dapat berjalan dengan lancar.

Selain mempermudah proses transaksi penjualan dan pembelian, sistem komputerisasi yang baru dapat berguna untuk mempercepat dan mempermudah proses pengolahan data, disamping itu penyajian laporan juga dapat dilakukan dengan sempurna.

I.3. Batasan Masalah
Sehubungan dengan kompleknya masalah yang ada pada Show Room Suzuki Medan Jaya Yogyakarta maka ruang lingkup pengembangan sistem komputerisasi penjualan dan pembelian akan dibatasi permasalahannya sebagai berikut:
a Proses pendaftaran calon pembeli
b Proses transaksi penjualan kendaraan bermotor secara tunai
c Proses pemasukan supplier
d Proses pemasukan tipe motor baru
e Proses transaksi pembelian kendaraan bermotor
f Laporan supplier, laporan pembeli, laporan tipe motor, laporan penjualan dan laporan pembelian

I.4. Maksud Dan Tujuan
Tujuan pembuatan program aplikasi penjualan dan pembelian kendaraan bermotor adalah untuk memudahkan pekerjaan dalam mengolah data yang sebagian masih menggunakan sistem manual sehingga membutuhkan pembaharuan program aplikasi yang baru agar proses pelaksanaannya lebih akurat, efisien dan efektif dengan metode komputerisasi.
Selain itu, Peneliti dapat menerapkan disiplin ilmu baik teori maupun praktek yang didapat selama mengikuti pendidikan di bangku kuliah serta penelitian ini dilakukan sebagai bahan pembuatan skripsi yang digunakan sebagai syarat kelulusan dalam program pendidikan S1 di STMIK AMIKOM Yogyakarta.

I.5. Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah:
a Metode Interviu
Adalah pengumpulan data dengan cara mengajukan pertanyaan dan wawancara langsung dengan Kepala Bagian, serta karyawan lain yang mengurusi masalah Penjualan dan Pembelian Kendaraan Bermotor pada Show Room Suzuki Medan Jaya Yogyakarta.
b Metode Observasi
Adalah metode pengumpulan data dengan cara mengamati dan mempelajari tentang metode pelayanan yang diterapkan di Show Room Suzuki Medan Jaya Yogyakarta.
c Metode Dokumentasi
Adalah metode pengumpulan data dengan cara melihat catatan atau arsip-arsip yang diijinkan yang berhubungan dengan produk Show Room Suzuki Medan Jaya Yogyakarta.
d Metode Kepustakaan
Metode kepustakaan ini mengacu pada buku-buku pedoman yang dibutuhkan sebagai tambahan referensi peneliti, baik yang ada diperpustakaan ataupun pada literatur-literatur lain

I.6. Sistematika Penulisan
Sistematika yang digunakan dalam penyusunan laporan Skripsi ini adalah sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan diuraikan mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, metode pengumpulan data serta sistematika penulisan.
BAB II DASAR TEORI
Dalam bab ini memuat dasar-dasar teori yang terkait dengan judul penulisan skripsi diatas, hal ini dimaksudkan untuk menjelaskan konsep tentang sistem penjualan, analisis dan desain sistem, serta teori tentang perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan program aplikasi administrasi.
BAB III TINJAUAN UMUM
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai penggambaran perusahaan yang meliputi sejarah berdirinya perusahaan, bidang usahan perusahaan dan struktur organisasi perusahaan.
BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini akan menerangkan tentang analisis terhadap kinerja sistem yang mencakup analisis kelemahan sistem, analisis kebutuhan sistem dan study kelayakan system serta akan membahas bagaimana merancang sebuah system informasi agar dapat diterima oleh pengguna dengan mudah. Perancangan system ini mencakup tentang perancangan model, perancangan input dan output, serta perancangan database yang sangat menentukan terbentuknya sebuah system informasi.
BAB V IMPLEMENTASI SISTEM
Bab ini akan membahas tentang implementasi sistem informasi yang telah dirancang oleh penulis.
BAB VI PENUTUP
Dalam bab ini akan dijelaskan kesimpulan dan saran dari hasil pembahasan dan implementasi yang telah disajikan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi