Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

291. Aplikasi Akuntansi Perhitungan Pajak Tahunan Penghasilan Pasal 21 Pegawai Tetap Pada Delta Computer Training Center Surakarta


BAB I
PENDAHULUAN


1.1. LATAR BELAKANG
Seiring dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dibidang Teknik Informatika maka lulusan dari perguruan tinggi sebagai dimensi intelektual diharapkan mampu menguasai dan ahli dalam bidang teknologi masa kini maupun masa yang akan datang. Universitas Surakarta (UNSA) sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia, siap mencetak lulusannya untuk menguasai ahli teknologi tersebut. Untuk menunjang hal tersebut, maka Universitas Surakarta (UNSA) menerjunkan mahasiswanya keberbagai instansi dan perusahaaan pemerintah maupun swasta. Kegiatan ini dalam rangka untuk mengadakan penelitian yang lebih dikenal dengan skrepsi, adapun skripsi ini diharapkan dapat berguna bagi semua pihak.

Dalam hal ini salah satu tempat kegiatan skripsi adalah Delta Computer Training Center Surakarta yang beralamat di Jl. Ir Sutami No.96 Solo. Delta Computer Training Center adalah lembaga pendidikan krusus komputer yang telah menetapkan adanya pajak penghasilan bagi pegawai tetapnya. Pajak penghasilan yang akan digunakan adalah pajak penghasilan pasal 21. Pajak penghasilan pasal 21 adalah merupakan pajak penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan dan pembayaran lain dengan nama apapun sehubungan dengan pekerjaan, jasa atau kegiatan yang dilakukan oleh wajib pajak pribadi dalam negeri.

Proses perhitungan pajak penghasilan pasal 21 ( PPh Pasal 21 ) pegawai tetap akan terasa rumit bila masih mempergunakan sistem manual. Apalagi jika karyawan yang harus dikenakan pajak penghasilan jumlahnya banyak. Sedangkan proses perhitungan PPh 21 pegawai tetap di Delta Computer Training Center Surakarta masih bersifat manual, sehingga terasa rumit dan kurang efisien. Untuk itulah penulis mencoba menyusun skrepsi dengan judul “ Aplikasi Akuntansi Perhitungan Pajak Tahunan Penghasilan Pasal 21 Pegawai Tetap pada Delta Computer Training Center Surakarta “. Sehingga ilmu yang penulis dapat dari perkuliahan selama ini bisa diterapkan pada permasalahan yang nyata.

1.2. PERUMUSAN MASALAH
Semua perusahaan baik perusahaan dagang maupun swasta sangat menghendaki kemajuan dalam setiap usahanya. Dalam mencapai kemajuan sering dijumpai kendala, hambatan serta kesulitan. Disamping itu semua kegiatan dituntut untuk bergerak secara cepat, tepat dan efektif.
Permasalahan yang akan diteliti adalah suatu aplikasi akuntansi perhitungan pajak penghasilan (PPh) pasal 21 oleh bagian keuangan Delta Computer Training Center Surakarta, permasalahan tersebut diantaranya yaitu :
1. Kesulitan dalam penghitungan pajak penghasilan yang dikenakan pada karyawan tetap
2. Pengecekan data yang berulang – ulang
3. Informasi keuangan yang lambat.
Adapun perumusan masalah yang penulis ajukan adalah :
``Bagaimana membuat suatu aplikasi perhitungan pajak penghasilan (PPh) pasal 21 bagi pegawai tetap agar bisa dilakukan dengan cepat, handal, aman dan akurat``.

I.3. PEMBATASAN MASALAH
Sehubungan dengan terbatasnya waktu, biaya, dan kemampuan yang penulis miliki maka penulis mengadakan batasan-batasan antara lain :
1. Pendataan karyawan tetap
2. Penghitungan Pajak penghasilan Pasal 21 yang dikenakan pada pegawai tetap
3. Penyusunan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan
4. Laporan data pegawai
5. Laporan gaji pegawai tetap
6. Laporan jabatan pegawai
7. Laporan perhitungan PPh pasal 21

I.4. TUJUAN SKRIPSI
Penyusunan pembuatan skripsi ini adalah salah satu syarat untuk menyelesaikan studi program S1 di Universtas Surakarta (UNSA). Selain tujuan tersebut ada dua tujuan penting yang meliputi tujuan khusus dan tujuan umum.
I.1. Tujuan Khusus.
I.1.1. Mahasiswa dapat langsung menerapkan ilmu yang dipelajari pada perguruan tinggi.
I.1.2. Mahasiswa dapat membuat sistem pemotongan PPh 21 dalam aplikasi komputer.
I.1.3. Delta Computer Training Center Surakarta dapat menggunakan sistem aplikasi tersebut untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja.
I.2. Tujuan Umum
I.2.1. Membuat pekerjaan bagian keuangan lebih efektif dan efisien atau
mempermudah pemasukan data pegawai tetap dengan penghitungan yang cepat dan tetap.
I.2.2. Mengetahui kinerja bagian keuangan.
I.2.3. Mahasiswa dapat mengadakan Studi banding dengan disiplin ilmu yang ada.

I.5. MANFAAT SKRIPSI
Dengan disusunnya skripsi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi sekolah tinggi, instansi maupun mahasiswa sendiri. Adapun manfaat tersebut adalah :

I.1. Manfaat bagi Institut
Bagi pihak akademik secara tidak langsung dapat melaksanakan fungsinya sebagai dimensi intelektual yaitu pengabdian pada masyarakatt dan laporan yang dibuat penulis dapat dijadikan sebagi penambahan pustaka di Universitas Surakarta (UNSA) dan diharapkan dapat bermanfaat dikemudian hari.

I.2. Manfaat bagi Instansi
Bagi Instansi, dapat memanfaatkan hasil dari sistem yang telah dibuat untuk lebih mendayagunakan potensi instansi sehingga dapat mengoptimalkan kerja khususnya pada bagian keuangan dalam penghitungan pajak penghasilan pasal 21 pegawai tetap pada Delta Computer Training Center Surakarta.

I.3. Manfaat bagi Mahasiswa
Bagi mahasiswa, dapat merealisasikan teori-teori yang telah diperoleh selama berada di bangku kuliah ke dalam dunia praktek kerja nyata. Di samping itu, setidaknya mahasiswa juga memberikan peran tersendiri bagi instansi yaitu membantu menyumbangkan pemikiran untuk lebih mendayagunakan potensi instansi sehingga didapat suatu hasil yang lebih optimal.

I.6. METODE PENELITIAN
2.1. Teknik Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data yang tepat dan akurat guna kesempurnaan sistem yang akandibuat, maka penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data. Teknikteknik tersebut diantaranya:
3.1.1. Teknik Observasi
Yaitu terjun langsung ke bagian kepegawaian dan keuangan pada Delta Computer Training Center Surakarta. Dengan cara observasi ini akan diperloleh data yang lengkap dan tepat. Selain itu, metode observasi mempunyai kelebihan yaitu peneliti mengetahui sendiri dengan jelas tentang sistem penghitungan pajak penghasilan pasal 21 pegawai tetap pada Delta Computer Training Center Surakarta.
4.1.2. Teknik Wawancara (Interview)
Yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara. Usaha untuk mengumpulkan data-data dengan mengajukan sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan penelitian misalnya, sejarah berdirinya perusahaan, jumlah pegawai tetap dan struktur organisasi secara lisan pula. Cara ini untuk mendapatkan keterangan-keterangan pelengkap guna kelancaran kegiatan penelitian pada bidang yang akan diteliti.
5.1.3. Teknik Kepustakaan
Penelitian yang dilakukan dengan data atau keterangan dari perpustakaan serta mencari refrensi yang diperlukan dari buku–buku acuan yang ada hubungannya dengan judul skripsi.
I.2. Data yang digunakan.
I.2.1. Data Primer : Keterangan yang diperoleh langsung dari sumber pertama. Data ini penulis peroleh dari observasi maupun interview, yaitu pimpinan, bagian personalia, serta bagian keuangan Delta Computer Training Centar Surakarta.
I.2.2. Data Sekunder : Pengolahan data melalui bahan-bahan yang telah tersedia dari hasil suatu tinjauan pustaka atau dengan kata lain dari hasil rangkuman bacaaan yang terkait dengan objek kajian, khususnya berkaitan dengan perhitungan pajak penghasilan pasal 21 pegawai tetap di Delta Computer Training Center Surakarta.

I.7. SISTEMATIKA PENULISAN
Sistematika penulisan dari suatu penulisan Skripsi adalah gambaran secara global mengenai hal-hal yang dibahas dalam bab-bab selanjutnya, sehingga nantinya akan mempermudah penulis dalam penyelesaian Skripsi.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi