Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

293. Aplikasi Web Dinamis Sebagai Sarana Publikasi Di Sma Negeri I Lendah Kulon Progo


BAB I
PENDAHULUAN


I.1. Latar Belakang Masalah
Dunia internet semakin berkembang, terutama dalam penggunaanya dalam bidang media komunikasi dan informasi, seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat telah mengubah pola pikir kebiasaan manusia menjadi konsumtif terhadap informasi, yaitu pola pikir yang menghendaki informasi serba cepat dan terkini.
Teknologi internet bukan lagi sesuatu yang asing bagi orang yang berkecimpung di dunia computer, bahkan bagi orang awam sekalipun internet sudah akrab ditelinga. Kata-kata World Wide Web (WWW) seakan sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern, saat ini ribuan atau bahkan jutaan situs web menawarkan informasi apapun dari belahan dunia tak peduli berapapun jauhnya.
Dewasa ini situs merupakan sarana alternatif bagi suatu perusahaan / lembaga untuk mempromosikan produk, mempublikasikan informasi atau untuk sarana transaksi. Web juga menjadi sarana komunikasi yang disukai karena sifatnya yang mendunia (World Wide) dan menjadi ajang tukar informasi bagi penggunanya, karena hal-hal diatas maka perkembangan web menjadi sedemikian cepat.
SMA Negeri I Lendah adalah salah satu lembaga pendidikan yang cukup diminati di Kulon Progo. Dari tahun ke tahun jumlah siswa baru yang diterima semakin bertambah. Akan tetapi siswa yang masuk ke lembaga pendidikan ini kebanyakan berasal dari daerah Kulon Progo, ini berarti SMA Negeri I Lendah belum begitu dikenal di daerah lain. Dari hari ke hari persaingan di antara lembaga pendidikan semakin ketat dalam memperebutkan pelanggan yang dalam hal ini murid. Untuk menarik murid baru maka suatu lembaga pendidikan harus mempunyai suatu strategi jitu, salah satu cara adalah dengan meningkatkan fasilitas di lembaga tersebut. Disamping itu, promosi juga tidak kalah pentingnya. Promosi bertujuan agar lembaga pedidikan itu lebih dikenal di masyarakat luas.
Sekarang ini masyarakat membutuhkan segala informasi yang serba cepat dan akurat sehingga website adalah salah satu media yang sangat tepat untuk sarana promosi. Ini dikarenakan website sangat mudah diakses dari manapun. Adapun di SMA Negeri I Lendah belum memiliki situs web, sehingga tidak menutup kemungkinan konsumen akan lari ke lembaga pendidikan lain yang menggunakan web sebagai media publikasinya. Dengan berdasar hal ini penulis bermaksud merealisasikan suatu web yang dapat digunakan sebagai media promosi / publikasi.
. Dengan adanya situs web SMA Negeri I Lendah diharapkan masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi-informasi yang berhubungan dengan lembaga ini sehingga dapat meningkatkan jumlah murid di SMA Negeri I Lendah. Disamping itu, diharapkan juga dengan adanya situs ini SMA Negeri I Lendah dapat lebih dikenal di luar daerah Kulon Progo.

I.2. Perumusan Masalah
SMA Negeri I Lendah beralamat di Kecamatan Lendah Kulon Progo, posisi gedung yang jauh dari keramaian menyebabkan SMA Negeri I Lendah kurang dikenal di masyarakat luas terutama masyarakat di luar wilayah Kulon Progo. Apalagi selama ini sarana promosi SMA Negeri I Lendah hanyalah mengunakan spanduk, selebaran dan selebihnya informasi hanya diperoleh dari mulut ke mulut. Untuk menutup kekurangan promosi itu, Website merupakan pilihan yang tepat.
Perumusan masalah dari latar belakang yang ada adalah bagaimana membuat sebuah web dinamis dan menarik yang dapat digunakan sebagai sarana publikasi sehingga masyarakat luas dapat lebih mudah mendapatkan informasi mengenai SMA Negeri I Lendah?. Dengan adanya web yang akan dibuat diharapkan SMA Negeri I Lendah menjadi lebih dikenal di masyarakat, tidak hanya di Kulon Progo melainkan di seluruh pelosok Indonesia.

I.3. Batasan Masalah
Agar dalam pembuatan web ini dapat mencapai sasaran dan tujuan yang diharapkan maka penulis membatasi mengenai pembuatan website SMA Negeri I Lendah yaitu :
1. Website yang akan dibangun adalah Web SMA Negeri I Lendah.
2. Penulis menggunakan PHP dan MySQL dalam pembuatan Website ini.
3. Website yang akan dibangun nantinya akan digunakan sebagai sarana publikasi.
4. Website SMA Negeri I Lendah terdiri dari dua halaman yaitu halaman user dan halaman admin. Halaman user dapat diakses oleh semua orang, sedangkan halaman admin hanya bisa diakses oleh administrator.
5. Penulis tidak akan membahas hal-hal yang spesifik mengenai SMA Negeri I Lendah terutama mengenai hal-hal yang menyangkut intern sekolah seperti jadwal pelajaran, daftar nilai siswa, dan lain-lain

Software yang digunakan untuk membuat aplikasi web dinamis di SMA Negeri I Lendah adalah :
- PHP
- Database MySQL
- Macromedia Dreamweaver MX
- Macromedia Flash MX
- Adobe Photoshop

I.4. Maksud dan Tujuan
Adapun maksud di adakan penelitian ini adalah :
1. Untuk menghasilkan suatu situs web dinamis yang dapat menyajikan informasi di SMA Negeri I Lendah.
2. Untuk memberikan kemudahan dalam publikasi informasi agar SMA Negeri I Lendah lebih dikenal.
3. Sebagai bahan untuk menyusun tugas skripsi pada STMIK AMIKOM Yogyakarta.
Sedangkan tujuan penulis menyusun skripsi ini adalah :
1. Untuk menerapkan Ilmu yang telah didapat di Amikom Yogyakarta ke dalam masyarakat dengan cara menghasilkan Web Dinamis yang sesuai dengan konsentrasi mata kuliah penulis.
2. Mengembangkan pola keilmuan dan membuka wawasan tentang ilmu pengetahuan baru yang sesuai dengan bidang teknologi informasi khususnya pemr.ograman internet.
3. Sebagai syarat kelulusan Strata satu di STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

1.5. Metode Pengumpulan Data
Penulis menggunakan beberapa metode untuk mendapatkan data yang di gunakan untuk penyusunan skripsi ini, adapun metode-metode yang digunakan adalah :
a) Metode Kepustakaan
Adalah metode pengumpulan data dengan cara membaca buku-buku, laporan tugas akhir / skripsi, catatan kuliah dan lain-lain untuk mendapatkan dasar-dasar teori yang diperlukan dalam penyusunan skripsi
b) Metode Observasi
Adalah metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan langsung di tempat penelitian tentang data-data yang diperlukan untuk penyusunan skripsi.

c) Metode Wawancara
Adalah metode pengumpulan data dengan cara mengadakan Tanya jawab langsung secara langsung tentang berbagai hal yang diperlukan dengan pihak yang bersangkutan.
d) Metode Literatur
Adalah metode pengumpulan data dengan cara mencari literature-literatur yang ada ditempat penelitian , baik berupa brosur, foto-foto dan lain-lain

1.6. Sistematika Penulisan
Laporan penelitian ini akan disusun secara sistematis ke dalam beberapa bab, masing-masing bab akan di dirincikan masalah-masalahnya sebagai berikut :
Bab I. Pendahuluan
Bab ini diuraikan tentang latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan diadakan penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.
Bab II Dasar Teori dan Tinjauan Pustaka
Akan diuraikan dan dijelaskan mengenai dasar-dasar teori yang di gunakan penulis dalam menyusun Skripsi. Dasar teori itu diantaranya Tentang Internet, Konsep dasar pembuatan web, dasar-dasar pemrograman PHP dan database MySQL. Perangkat lunak yang membantu dalam pengembangan sistem juga akan dibahas.
Dalam Bab ini juga akan diuraikan mengenai cuplikan garis besar SMA I Lendah, diantaranya tentang sejarah perkembangan SMA Negeri I Lendah dari tahun ke tahun, visi dan misi sekolah serta fasilitas yang ada di sekolah tersebut
Bab III Analisis dan Perancangan Sistem
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai rancangan sistem yang diusulkan mulai dari rancangan desain sampai database yang digunakan.
BAB IV Implementasi Sistem
Dalam bab ini akan di berikan gambaran interface web yang dibangun. Disini juga akan di jelaskan tentang user manual dari sistem yang telah di buat
Bab V Kesimpulan dan Saran
Pada akhir bab ini berisi tentang kesimpulan serta saran-saran yang akan di sampaikan penulis dan semoga bermanfaat bagi perusahaan atau instansi, khususnya bagi penulis dan pembaca umumnya sehingga dapat digunakan sebagaimana semestinya.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi