Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

84. Kompresi File Wave dengan Metode Huffman


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Salah satu file format suara yang banyak dipakai dalam sistem operasi Windows adalah format Wave (*.WAV). Format ini banyak digunakan untuk keperluan game dan multimedia. Wave sebenarnya merupakan format kasar (raw format) dimana signal suara langsung direkam dan dikuantisasi menjadi data digital. Format dasar dari file ini secara default tidak mendukung kompresi dan dikenal dengan nama PCM (Pulse Code Modulation).

Jika direkam suatu lagu sekualitas CD Audio menggunakan sampling rate 44,1 kHz, 16 bit per sample, 2 kanal (stereo), maka total media yang diperlukan untuk menyimpan data audio ini per detik adalah 176.400 byte sehingga untuk durasi 1 menit diperlukan 10,584 MB. Jika rata-rata durasi satu lagu selama 5 menit, maka dibutuhkan tempat lebih dari 50 MB untuk menyimpan data audio lagu tersebut. Ini tentunya sangat memboroskan media penyimpanan seperti hard disk meskipun saat ini telah tersedia kapasitas hard disk yang besar. Masalah tersebut dapat diatasi bila file Wave tersebut dikompresi untuk mengurangi ukurannya.

Beranjak dari masalah ini, maka akan dibuat sebuah perangkat lunak yang dapat melakukan kompresi pada file Wave sekaligus mampu memainkan kembali file Wave terkompresi tersebut. Maka dalam Tugas Akhir ini penulis mengambil judul “Kompresi File Wave Dengan Algoritma Huffman”

1. 2 Perumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang pemilihan judul di atas, maka yang menjadi masalah dalam Tugas Akhir ini adalah merancang suatu perangkat lunak yang dapat melakukan kompresi pada file Wave dengan algoritma Huffman dan bagaimana cara memainkan kembali file Wave yang telah terkompresi tersebut.

1. 3 Tujuan Dan Manfaat Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah:
1. Untuk mengetahui cara kerja dari algoritma Huffman yang dipakai dalam kompresi dan dekompresi file Wave.
2. Untuk menghasilkan sebuah perangkat lunak yang dapat melakukan kompresi dan dekompresi pada file Wave dengan input berupa sebuah file Wave serta sebagai player file Wave.
Manfaat dari penulisan Tugas Akhir ini adalah
1. Output dari perangkat lunak ini meliputi file Wave yang terkompresi sehingga menghemat kapasitas media penyimpan karena pada suatu file Wave banyak terdapat redudansi data serta untuk mempersingkat waktu transmisi sewaktu file tersebut dikirim atau di-download melalui jaringan Internet.
2. Perangkat lunak ini dapat berfungsi sebagai player alternatif untuk file Wave yang terkompresi karena player audio yang umum tidak mendukung file Wave yang terkompresi.


1. 4 Pembatasan Masalah
Oleh karena besarnya permasalahan dan keterbatasan waktu serta pengetahuan penulis maka agar pembahasan tidak menyimpang dari tujuan dilakukan pembatasan masalah sebagai berikut:
1. File Input hanya berupa file format Wave.
2. Program tidak dapat melakukan pengubahan jumlah kanal (channel), bit per sample, dan sampling rate file Wave
3. Program dapat memainkan kembali file Wave terkompresi tersebut dengan pilihan Play, Stop, dan Pause.
4. Perancangan dan pembuatan perangkat lunak ini menggunakan bahasa Microsoft Visual Basic 6.0

1. 5 Metodologi Penyelesaian Masalah
Untuk menyelesaikan masalah yang ada, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui yaitu:
1. Melakukan pengumpulan berbagai data dan informasi yang berkaitan dengan struktur file Wave dan algoritma Huffman untuk mendukung perangkat lunak yang akan dirancang penulis
2. Merancang antarmuka pemakai (user interface)
3. Langkah penyelesaian program dimulai dari membaca file Wave untuk mengambil informasi dari file tersebut, mengambil chunk data pada file Wave, melakukan kompresi pada chunk data tersebut dan terakhir menulis kembali hasil data terkompresi tersebut beserta informasi file Wave tersebut ke dalam bentuk file Wave tersebut.
4. Menulis kode program dalam bahasa Visual Basic
5. Melakukan berbagai pengujian pada perangkat lunak yang dirancang dan memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam aplikasi
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi