Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

89. Analisis Dan Perancangan Aplikasi Multimedia Sebagai Sarana Promosi Pada Hotel Ganesha Purworejo


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Kemajuan teknologi berkembang dengan cepat dan semakin marak di seluruh dunia, sehingga memaksa masyarakat dunia untuk menikmati berbagai kemudahan yang telah dihasilkan teknologi tersebut. Teknologi yang diciptakan untuk membantu menngankan beban aktifitas di dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu teknologi tersebut adalah teknologi informasi berbasis komputer yang cenderung lebih mudah, cepat diterima oleh masyarakat khususnya kalangan intelektual namun tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat yang belum bersentuhan dengan teknologi untuk mempelajarinya
Perkembangan teknologi tersebut diatas tentu saja telah mengubah pola kehidupan masyarakat seperti bentuk rumah, organisasi, perusahaan, lapangan kerja serta pola aktivitas dan lain sebagainya. Penggunaan komputer dalam berbagai aspek kehidupan manusia tidak dapat dihindarkan lagi, sehingga manusia dituntut untuk mampu mengoperasikannya dengan baik. Sehubungan dengan hal tersebut, kehadiran komputer khususnya teknologi multimedia dalam dunia usaha telah dapat melakukan efisiensi jumlah tenaga kerja dan meningkattkan efektifitas kerja Sementara itu, teknologi multimedia memungkinkan mobilitas seseorang atau perusahaan menjadi lebih tinggi, seseorang dapat melakukan sejumlah pekerjaan atau transaksi dari tempat dimana. seseorang itu berada. Skala perusahaan seakan-akan menjadi luas tidak terbatas, namun fleksibel mobilitasnya. Tingkat apresiasi masyarakat terhadap berbagai bentuk informasi dan promosi sangat beraneka ragam yang seakan-akan menciptakan suatu persaingan dalam pasar promosi dan hal tersebut bisa dijadikan peluang dalam merebut peluang pasar dan meningka kan citra dan sebuah perusahaan, instansi ataupun lembaga pendidikan.
Pada akhirnya sebuah informasi maupun promosi yang dilakukan oleh perusahaan, instansi, atau daerah akan dilihat dan dinilai baik dan buruknya oleh masyarakat itu sendiri. Seperti halnya dalam mempromosikan suatu HOTEL GANESHA PURWOREJO yang selama ini menggunakan penyebaran informasi kepada masyarakat menggunakan brosur, spanduk dan billboard dirasakan masih ada sedikit kekurangan-kekurangan dalam media penyampaian informasi, dan dengan menggunakan brosur, spanduk, dan billboard kinerjanya sedikit kurang efektif dan efisien yaitu muatan infonnasi yang terbatas dan proses update yang relatif kurang menguntungkan balk menyangkut waktu dan biaya, sehingga perlu adanya media informasi yang dapat melengkapi dari media tersebut untuk meningkatkan pemasaram dan citra HOTEL GANESHA PURWOREJO.
Dengan alasan tersebut diatas, maka penulis mengambil topik dengan judul "Analisis Dan Perancangan Aplikasi Multimedia Sebagai Sarana Promosi Pada Hotel GANESHA PURWOREJO".

1.2 Rumusan Masalah
Pada saat ini proses promosi pada HOTEL GANESHA PURWOREJO masih menggunakan penyebaran informasi kepada masyarakat menggunakan brosur, spanduk don billboard. Hal ini dirasakan masih ada kekurangan, seperti informasi lambat butuh banyak waktu dan biaya, maka timbul berbagai masalah yang akan dihadapai diantaranya :
1. Media presentasi yang digunakan kurang begitu lengkap dan menarik.
2. Sistem pelayanan kebutuhan informasi kurang cepat.
3. Terlalu banyak tenaga kerja yang digunakan untuk menyebarkan informasi sehingga tidak efektif dan eftsien.
4. Informasi yang diperoleh oleh masyarakat masih sangat lambat.

Berdasarkan uraian latar belakang masalah, maka dapat disusun suatu perumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana cara menginformasikan HOTEL GANESHA PURWOREJO dengan memanfaatkan pecan mutimedia kepada masyarakat?
2. Apa saja nilai tambah bagi pibak HOTEL GANESHA PURNVORETO setelah menggunakan aplikasi multimedia?
3. Bagaimanakah merancang dan membangun sistem informasi promosi berbasis multimedia dengan analisa dan perancangan yang tepat?.

1.3 Batasan Masalah
Ruang lingkup pemanfiLatan teknologi multimedia sebagai suatu sistem infonnasi pada HOTEL GANESHA PURWOREJO sangat luas. Oleh karena itu untuk memfokuskan pembahasan dalam hal ini penulis membatasi ruang lingkup mengenai teknologi teknologi berbasis multimedia. Adapun masalah yang dikaji adalah membahas tentang penggunaan software multimedia untuk membuat suatu aplikasi multimedia yang berisi informasi-informasi mnengenai HOTEL GANESHA PURWOREJO. Untuk itu penulis membatasi ruang lingkup multimedia komputer yang digunakan untuk penyampaian informasi promosi pada HOTEL GANESHA PURWOREJO, yaitu:
1. Sejarah berdirinya HOTEL GANESHA PURWOREJO.
2. Struktur organisasi
3. Visi dan Misi
Serta beberapa fasilitas yang dimiliki oleh HOTEL GANESHA PURWOREJO, dan beberapa software yang digunakan antara lain : Macromedia Direktor MX 2004, Adobe Photoshop CS, Swish Max, dan Cool Edit Pro.

1.4 Maksud dan Tujuan
a. Merupakan alternatif baru sebagai metode penyampaian informasi yang efektif guna untuk meningkatkan citra di HOTEL GANESHA PURWOREJO.
b. Sosialisasi teknologi khususnya teknologi informasi berbasis multimedia yang ditujukan kepada masyarakat umum.
c. Mengetahui ke efektifan multimedia untuk menyajikan informasi potensi di HOTEL GANESHA PURWOREJO dengan menganalisis, merancang dan menerapkan aplikasi program yang telah diketahui.
d. Menerapkan ilmu dan teori-teori yang selama dalam mengikuti pendidikan ke dalam aplikassi nyata serta praktek guna membantu dan mendukung kemampuan beraktualitas dalam menerapkan ilmu yang, sudah diperoleh kedalam kehidupan nyata dan masyarakat.
e. Mengembangkan pola keilmuan dan membuka wawasan tentang ilmu pengetahuan baru yang sesuai dengan bidang teknologi informasi khususnya teknologi multimedia.
f. Memenuhi persyaratan kelulusan bagi jenjang STRATA-1 di STMIK "AMIKOM" JOGJAKARTA

1.5 Metode Penelitian
Adapun penelitian yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara sebagai berikut :
1. Sumber Data
Sumber data yang digunakan penuls dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data :
a. Primer
Yaitu data yang diperoleh dan basil penelitian dengan cara mengadakan wawancara dengan responden. Wawancara ini dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan sebagai pedoman.
b. Sekunder
Yaitu yang diperoleh dari penelitian kepustakaan, dengn berusaha. mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan penulisan skripsi ini, sehingga metode ini berguna untuk mendapatkan landasan teoritis.
2. Lokasi
Dalam melakukan penelitian, penulis mengambil lokasi HOTEL GANESHA PURWOREJO yang terletak di jalan Kol. Sugiono No. 62 Purworejo.
3. Metode Pengumpulan Data
a. Library Research
Yaitu suatu metode mengumpulkan data yang dilaksanakan dengan membaca dan mempelajari buku-buku literature yang ada hubungannya dengan masalah pembahasan dalam penyusunan skripsi ini.
b. Field Research
Yaitu suatu penelitian lapangan dengan tujuan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan untuk menyusun skripsi ini. Metode yang dipergunakan penulis untuk mendapatkan data dalam penyusunan skripsi ini adalah :
• Observasi
Yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan peninjauan langsung terhadap obyek penelitian yaitu HOTEL GANESHA PURWOREJO sehingga mendapatkan data yang relevan dan tidak diragukan kebenarannya.
• Interview
Yaitu teknik memperoleh data dengan tanya jawab atau wawancara secara langsung dengan responden yaitu custemer dan karyawan HOTEL GANESHA PURWOREJO.
• Questionery
Yaitu penulis membuat daftar pertanyaan yang telah disusun sedemikim rupa sehingga responden akan mudah menjawab dan memberi data.

1.6 Sistematika Laporan Penelitian
Agar dapat tercapai penulisan yang sistematis mengenai permasalahan sebagai hasil penelitian, maka akan lebih baik dan lebih jelas serta terarah apabila terlebih dahulu diberi gambaran sistematika secara ringkas mengenai susunan skripsi ini maupun tentang apa yang dikandung dalam skripsi ini akan sehingga akan mempermudah dalam pemahaman dan pembatasannya. Sistematika skripsi ini adalah sebagai beiikut :
BAB I PENDAHULUAN
Didalam bab 1 ini akan diuraikan mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian dan metode penelitian, dan metode penelitian, dan diakhiri dengan sistematika penulisan
BAB II DASAR TEORI
Di dalam bab 2 ini akan diuraikan dan dijelaskan tentang dasar sistem informasi, dan konsep dasar multimedia yang digunakan oleh penulis dalam menyusun skripsi.

BAB II TINJAUAN UMUM DAN ANALISIS SISTEM
Dalam bab 3 ini diuraikan dan dijelaskan mengenai gambaran umum mengenai HOTEL GANESHA PURWOREJO.
BAB IV ANALISIS SISTEM
Pada bab 4 ini akan dijelaskan mengenai analisis sistem yang terdiri dasi analisis kinerja, analisis informasi, analisis ekonomi, analisis efisiensi, analisis kelayakan, dan analisis biaya dan manfaat .
BAB V PERANCANGAN DA IMPLEMENTASI SISTEM
Dalam bab ini penulis membahas tentang perancangan dan implementasi sistem, yang terdiri dari merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafik, memproduksi sistem, pengetesan sistem, pemeliharaan sistem, penerapan rencana implementasi, kegiatan implementasi, pemilihan tempat dan instalasi perangkat lunak, tindak lanjut implementasi.
¬BAB V PENUTUP
Dalam bab ini merupakan bab yang terakhir yang akan menguraikan kesimpulan dan saran dari penulis.

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi