Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

242. Analisa Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Kualitas (Quality Goal, Quality Feedback, Dan Quality Incentive) (Studi Kasus Pada Cv. Grafika


BAB I
PENDAHULUAN



A. Latar Belakang

Secara umum jenis perusahaan yang kita kenal dapat dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu : perusahaan manufaktur, perusahaan dagang, dan perusahaan jasa. Kegiatan pokok dari perusahaan manufaktur terdiri dari desain dan pengembangan produk, pengolahan bahan baku menjadi produk jadi dan penjualan produk jadi kepada pembeli. Perusahaan dagang melakukan jual beli barang tanpa melakukan pengolahan terlebih dahulu. Sedangkan perusahaan jasa hanya melakukan penjualan berupa jasa, dimana pelayanan atau jasa merupakan asset utama.

Bill Gates dan Collins Hemingway (1999) membagi tiga jaman perubahan yang akhir-akhir ini dialami oleh masyarakat Amerika, yaitu strategic quality management (tahun 1980-an), jaman reengineering (tahun 1990-an), dan jaman kecepatan / velocity (tahun 2000-an). Seiring dengan perkembangan jaman yang disertai perkembangan ilmu pengetahuan maka perubahan-perubahan besar akan semakin pesat, semakin serentak, dan semakin sering terjadinya. Yang tersisa hanyalah bagaimana meningkatkan kemampuan kita untuk dapat beradaptasi, seirama dengan tuntutan perkembangan yang ada.

Dari sudut pandang lain, perkembangan jaman menjadikan tingginya tingkat persaingan diikuti dengan perubahan selera konsumen, kemajuan teknologi, serta perubahan sosial ekonomi yang memunculkan tantangan tersendiri dalam bisnis. Oleh karena itu perusahaan dituntut untuk dapat memanfaatkan kemampuan yang dimiliki agar dapat memenangkan persaingan dan memperoleh profit semaksimal mungkin yang merupakan salah satu tujuan perusahaan.

Perusahaan CV GRAFIKA INDAH OFFSET merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa yaitu percetakan. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1987. Perkembangan dan perbaikan terus menerus dilakukan oleh perusahaan hingga di usianya yang telah mencapai 20 tahun untuk menjadikan perusahaan ini dapat ”hidup” ditengah persaingan dunia usaha percetakan.

Setelah melakukan observasi dan wawancara dengan pihak manajemen CV GRAFIKA INDAH OFFSET, peneliti menemukan beberapa faktor pendukung untuk melakukan penelitian ini, yaitu :
1. Rendahnya pertumbuhan usaha percetakan di Indonesia. Hal ini didukung dengan adanya pemberitaan di media masa Pikiran Rakyat dan Suara Karya Online (25 April 2007) mengenai tingkat pertumbuhan usaha percetakan di Indonesia.
2. Perusahaan perlu meningkatkan kondisi perusahaan untuk dapat survive dalam persaingan yang semakin kompetitif.
3. Perusahaan memerlukan desain produk dan jasa yang pas dengan kebutuhan costumers.
4. Perusahaan memerlukan proses produksi yang cost effective.
5. Perusahaan memerlukan karyawan yang produktif dan berkomitmen.
6. Perusahaan perlu memotivasi para pekerja unit bisnis agar tercapai hasil yang diinginkan atau ditentukan.
7. Belum diterapkannya Sistem Pengendalian Manajemen secara menyeluruh terhadap seluruh aktifitas dalam perusahaan, seperti tidak adanya penyusunan anggaran perusahaan.
8. Perusahaan belum menggunakan pengendalian terhadap kinerja kualitas, sehingga mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Untuk menjadikan perusahaan sebagai sebuah institusi pencipta kekayaan, perusahaan harus melakukan dan mengarahkan aktifitas dan kegiatan perusahaan dengan tujuan menghasilkan costumer yang puas dan menghasilkan finansial return yang memadai. Agar keseluruhan aktifitas perusahaan bejalan efektif dan efisien, aktifitas dan kegiatan perusahaan harus direncanakan dengan baik.

Diperlukan sistem perencanaan menyeluruh yang baik dan pengendalian pelaksanaan rencana tersebut. (Mulyadi dan Johny Setyawan, 2001) Mulyadi dan Johny Setyawan (2001) menyebutkan bahwa Sistem Pengendalian Manajemen menyediakan struktur yang memungkinkan proses dan implementasi rencana dapat dijalankan dan menyediakan berbagai sistem untuk melaksanakan proses dan implementasi dari perencanaan. Sistem Pengendalian Manajemen dapat menjadikan aktifitas perusahaan yang lebih terstruktur,
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi