Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

270. Studi Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Profesionalisme Dosen Akuntansi Perguruan Tinggi Di Daerah Istimewa Yogyakarta


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang

Dunia pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, karena merupakan lingkungan tempat berlangsungnya proses pembentukan profesi melalui serangkaian proses belajar mengajar.

Studi tentang tingkat profesionalisme pada bidang pendidikan belum banyak dilakukan oleh akademisi. Posisi Dosen dalam perguruan tinggi adalah sebagai kunci terdepan dan sentral terlaksananya proses pembelajaran sebagai seorang pendidik dan pencetak bekal-bekal sumber daya manusia. Oleh karena itu banyak upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan profesionalitas akuntan dimasa yang akan datang. Dalam RUU Guru dan Dosen , pengertian kata profesional adalah (pasal 1 ayat 5) ”pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupannya yang memerlukan keahlian,kemahiran atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu, serta memerlukan pendidikan profesi.” Sedangkan menurut Adel M Novin dan John M Tucker (1993) , profesional adalah tingkat penguasaan dan pelaksanaan terhadap tiga hal: Knowledge, Skill, dan Character. Seorang pengajar akuntansi sangat mutlak memerlukan profesionalisme yang cukup. Hal ini disebabkan oleh adanya tuntutan bahwa dosen yang tidak profesional akan menghasilkan akuntan yang juga tidak profesional (Helmut Von Schweitzer et al., 1990)

Pernyataan atas profesionalisme dosen akuntansi ini juga didasarkan atas curiosity tentang adanya diversity atas kualitas perguruan tinggi yang dipengaruhi oleh fasilitas, dosen, Mahasiswa, dan proses belajar mengajar. Apalagi dengan adanya proses akreditasi perguruan tinggi, maka sangat mungkin perbedaanperbedaan yang semula tidak tampak menjadi tampak dengan jelas.

Dengan penelitian ini diharapkan adanya gambaran yang bisa dijadikan bahan diskusi pada tingkat profesi yaitu oleh Ikatan Akuntansi Indonesia khususnya kompartemen Akuntan pendidik. Oleh karena itu untuk mengetahui seberapa besar tingkat profesionalisme Dosen akuntansi dalam mengajar maka peneliti memilih karya ilmiah dengan judul ” STUDI PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PROFESIONALISME DOSEN AKUNTANSI PERGURUAN TINGGI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA” yang merupakan replikasi dari tulisan Mas’ud Machfoedz (1999).

1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang, permasalahan penelitian ini dapat di rumuskan sebagai berikut:
1. Adakah perbedaan yang signifikan antara tingkat profesionalisme dosen Universitas Negeri dengan tingkat profesionalisme dosen Universitas Swasta ?
2. Adakah pengaruh IPK Mahasiswa, Pendidikan Orang tua dan penghasilan Orang tua Mahasiswa terhadap persepsi mereka tentang profesionalisme dosen Akuntansi ?

1.3 Batasan Masalah
Bertitik tolak pada latar belakang masalah dan rumusan masalah maka dalam skripsi ini penulis akan mencoba meneliti dan mengukur tingkat profesionalisme dosen akuntansi di Perguruan Tinggi dalam mengajar. Namun mengingat waktu, biaya dan kemampuan penulis yang terbatas dan berorientasi pada tujuan yang ada maka dalam penelitian ini hanya membahas tentang persepsi mahasiswa terhadap tingkat profesionalisme dosen Akuntansi. Sedangkan elemen-elemen dalam pengukuran tingkat profesionalisme dosen yang dipakai adalah Knowledge (pengetahuan), Skill (kemampuan atau ketrampilan), dan Character (etika). Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan beberapa syarat.

1.4 Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan yang telah dikemukakan di atas maka tujuan penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui adakah perbedaan antara tingkat profesioanlisme dosen Universitas Negeri dengan tingkat profesionalisme Dosen Universitas Swasta.
2. Untuk mengetahui adakah pengaruh IPK Mahasiswa, Pendidikan Orang tua mahasiswa dan penghasilan Orang tua mahasiswa terhadap persepsi mereka tentang profesionalisme Dosen Akuntansi .

1.5 Manfaat Penelitian
1. Memberikan masukan bagi para Dosen Akuntansi yang terkait dengan masalah ini agar bisa dijadikan pertimbangan dalam meningkatkan keprofesionalannya sehingga dapat melahirkan Akuntan yang profesional.
2. Untuk menambah wawasan dan pengalaman penulis
3. Membantu memberikan informasi bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama.

1.6 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan Skripsi ini di bagi dalam 5 bab yang terdiri dari :
BAB I Pendahuluan
Terdiri atas Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian dan Sistematikan Penulisan.
BAB II Landasan Teori
Terdiri atas uraian-uaraian tentang teori yang menjelaskan permasalahan yang diteliti secara ringkas beserta cara penyelesaian masalah yang terdiri teori mengenai konsep-konsep dasar sebagai landasan dalam penelitian, penelitian terdahulu dan perumusan hipotesis.
BAB III Metodologi Penelitian
Merupakan uraian metode penelitian yang berisi tentang variabel-variabel penelitian, populasi dan sampel, pengumpulan data, pengolahan data dan pengujian hipotesa.
BAB IV Analisis Penelitian
Merupakan uraian atas data khusus yang berkaitan dengan penyelesaian permasalahan yang telah ditentukan berdasarkan alat dan langkah analisa sehingga akan membawa ke tujuan dan sasaran penelitian.
BAB V Kesimpulan dan Saran
Berisi pokok hasil penyelesaian masalah dan penelitian keterbatasan dan juga saran-saran serta rekomendasi untuk memperbaiki, meningkatkan dan mempertimbangkan hasil penelitian sebagai masukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan pada masa yang akan datang.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi