Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

36. Aplikasi Pewarnaan Graf Terhadap Penjadwalan Kuliah Di Jurusan Matematika UIN Malang


ABSTRAK



Graf adalah diagram atau himpunan yang terdiri dari noktah-noktah yang disebut titik dan dihubungkan oleh garis-garis yang disebut sisi, serta setiap sisi menghubungkan tepat dua titik. Dalam pandangan Al-Qur’an, teori graf adalah suatu himpunan yang terdiri atas pencipta (Allah) dan hamba-hambanya dimana diantara anggota himpunan tersebut saling berhubungan, yaitu hubungan antara pencipta dengan hambanya (QS. Qaaf/50: 16).

Teori graf telah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam membuat jadwal kuliah di jurusan matematika UIN Malang. Dalam penjadwalan kuliah ini harus diperhatikan beberapa komponen-komponen penting yang berhubungan erat dengan penjadwalan kuliah. Seperti banyaknya tingkatan semester, banyaknya kelompok kelas, banyaknya mata kuliah, dan banyaknya waktu yang tersedia dalam perkuliahan (hari dan jam mata kuliah). Sehingga dapat diperoleh suatu kemungkinan jadwal yang sesuai dan efisien. Pewarnaan graf dalam penjadwalan kuliah yaitu pewarnaan antara banyaknya tingkatan semester, banyak hari, dan banyaknya ruang kuliah; yang dibagi dalam pewarnaan selama satu minggu, pewarnaan harian dan pewarnaan berdasarkan jam matakuliah.

Pewarnaan graf dalam penjadwalan ini terbatas hanya pada pewarnaan sisi. Pewarnaan sisi-k untuk G adalah pemberian k warna pada sisi-sisi G sedemikian hingga setiap dua sisi yang bertemu pada titik yang sama mendapatkan warna berbeda. Kemudian dicari bilangan kromatiknya, yaitu banyaknya warna minimum yang dapat digunakan untuk mewarnai sisi. Dari pewarnaan itu, minimal ada tiga ruang kelas untuk perkuliahan, dengan enam hari hari perkuliahan (senin—sabtu) dimulai jam 06.30—14.00 WIB. Dimana untuk semester I-II dimulai jam 08.10—11.30 WIB. Sedangkan untuk semester diatasnya mulai jam 06.30—14.00 WIB.

Penjadwalan kuliah di jurusan matematika ini erat hubungannya dengan manajemen waktu. Yaitu mengatur dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar waktu yang ada tidak berlalu dengan sia-sia, sehingga kelak tidak termasuk pada golongan orang-orang yang merugi dikarenakan waktu (QS. Al-‘Ashr/103: 1—3).
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi