Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

40. Pengaruh Vitamin C Dan E Terhadap Jumlah Eritrosit Dan Kadar Hemoglobin Darah Tikus Putih Yang Dijejas Anti Nyamuk Elektrik


ABSTRAK



Allethrin (pyrethroid I) dalam antinyamuk elektrik masuk secara inhalasi dapat membentuk Spesies Oksigen Reaktif (SOR) dan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dan peroksidasi lipid membran eritrosit. Hal ini ditandai dengan fluiditas membran menurun, fragilitas membran meningkat dan hemolisis eritrosit sehingga hemoglobin terbebas. Bila hal ini terus terjadi maka akan menyebabkan anemia. Bukti epidemiologi menyatakan bahwa dengan diet vitamin C dan E mampu meminimalisir SOR. Oleh karena itu perlu kiranya dilakukan penelitian pengaruh allethrin dalam antinyamuk elektrik terhadap jumlah eritrosit dan kadar hemoglobin darah tikus yang dijejas antinyamuk elektrik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh vitamin C dan E pada jumlah eritrosit dan kadar hemoglobin darah tikus yang dijejas antinyamuk elektrik.

Penelitian ini penelitian eksperimental dengan rancangan Post Test Randomized Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah tikus putih jantan dewasa strain wistar yang dijejas antinyamuk elektrik. Dikelompokkan menjadi 4 kelompok masing-masing kelompok 4 ekor tikus yaitu 1 kelompok kontrol (tanpa diberi vitamin) dan 3 kelompok perlakuan (diberi vitamin C, vitamin E dan kombinasi dari kedua vitamin C dan E). Pemaparan antinyamuk elektrik dilakukan 45 hari dan setelah itu diambil data jumlah eritrosit dan kadar hemoglobin. Data diuji dengan anava satu jalan dan jika berbeda diuji lanjut dengan BNT.

Hasil penelitian uji anava satu jalan kadar hemoglobin menunjukkan adanya perbedaan signifikan dengan F hitung (10, 6) > F tabel (3,49) dan untuk jumlah eritrosit F hitung (6,63) > F tabel (3,49). Uji BNT kadar hemoglobin berbeda signifikan antara kelompok A dengan kelompok C dan D, kelompok B dengan D dan tidak berbeda signifikan antara kelompok A dengan B, kelompok B dengan C dan kelompok C dengan D. Uji BNT jumlah eritrosit menunjukkan tidak berbeda signifikan hanya antara kelompok B dengan C dan antara kelompok yang lain berbeda signifikan.

Simpulan dari penelitian ini yaitu pemberian kombinasi vitamin E 1,44 mg/hr dan vitamin C 1,8 mg/hr lebih efektif digunakan untuk mempertahankan kadar hemoglobin dan jumlah eritrosit tikus putih jantan strain wistar yang dijejas antinyamuk elektrik.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi