Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

48. Kepribadian Dominan Pada Tokoh Frank Hopkins Dalam Skrip Film Hidalgo Karya John Fusco


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Beberapa orang disekitar kita cenderung untuk mengkategorisasikan manusia berdasarkan kepribadiannya. Beberapa dari mereka membedakan seseorang karena sikapnya yang sering menutup diri (introversi) atau bahkan terbuka (ekstraversi). Tanpa disadari hal ini membentuk suatu keunikan tersendiri. Agus Sujanto dalam Psikologi Kepribadian berpendapat bahwa faktor yang mempengaruhi kepribadian manusia ini pada dasarnya berasal dari dalam (pembawaan) pribadi itu sendiri yang berupa pikiran, kemauan, fantasi, ingatan yang dibawa sejak lahir dan faktor lingkungan baik yang hidup atau mati (2004:5). Latar belakang keluarga, kelas sosial, adat, tradisi, agama, dan budaya merupakan contoh faktor lingkungan yang mempengaruhi kepribadian.

John Fusco, penulis naskah skrip film Hidalgo, menulis Frank Hopkins sebagai tokoh utama dalam film Hidalgo. Setiap orang mempunyai kepribadian yang berbeda satu sama lain. Frank Hopkins merupakan tokoh yang mempunyai kepribadian yang berbeda dengan orang lain. Dia lahir dari seorang ibu yang berasal dari suku Indian Amerika dan ayah kulit putih Amerika.

Penulis mencoba mencari tahu karakter yang lebih dominan dari tokoh Frank Hopkins dengan menggunakan Teori Psikologi Analitik dari Carl Gustav Jung. Penulis akan melakukan analisis berdasarkan Tipologi Jung, sebuah kombinasi dari fungsi dan sikap manusia. Melalui skrip Film Hidalgo yang diambil dari situs www.script-o-rama.com/movie scripts/h/hidalgo-scripttranscript- viggo-mortensen-html, penulis akan mengetahui tipe kepribadian tokoh Frank Hopkins. Karena itu, penulis menulis skripsi yang berjudul Kepribadian Dominan Pada Tokoh Frank Hopkins Dalam Skrip Film Hidalgo Karya John Fusco.

B. Pembatasan Masalah

Pembatasan masalah selalu diperlukan dalam setiap penulisan skripsi. Hal ini dilakukan agar masalah yang dibahas dalam penulisan tidak keluar dari topik utama. Penulis menemukan beberapa aspek yang dapat dianalisis dan dipelajari dalam film skrip Hidalgo. Namun demikian, penulis akan memfokuskan pada unsur instrinsik yang meliputi: tema, tokoh, dan latar. Selain itu, penulis juga membahas unsur ekstrinsik skrip film dengan pendekatan Teori Psikologi Analitik melalui dialog dan perbuatan tokoh utama (Frank Hopkins) dengan beberapa tokoh pembantu dalam skrip film.

C. Tujuan Penulisan

Beberapa tujuan penulisan dalam penulisan skripsi ini adalah:
1. Menganalisis sikap dan fungsi dalam karakter Frank Hopkins.
2. Menyimpulkan tipe kepribadian yang lebih dominan tokoh Frank Hopkins.

D. Metode Penelitian Dan Pendekatan

Dalam penulisan skripsi, penulis menggunakan metode penelitian studi kepustakaan dan metode pendekatan eksponensial untuk analisis intrinsik serta psikologi analitik untuk aspek ekstrinsik.

1. Metode Penelitian
Metode penelitian yang akan digunakan penulis adalan metode studi kepustakaan. Metode studi kepustakaan adalah sebuah metode pengumpulan data yang sesuai dengan topik dan masalah yang dibahas melalui buku–buku dan alat–alat audio visual yang tersedia. Menurut Gibaldi dalam MLA Handbook for Writers of Research Paper, sumber– sumber studi kepustakaan adalah buku, artikel, terbitan–terbitan berkala lain, serta sumber-sumber elektonik yang berupa rekaman suara atau video (2003:910). Dalam hal ini Semi dalam Metode Penelitian Sastra berpendapat bahwa studi kepustakaan merupakan sebuah penelitian yang dilakukan dikamar peneliti atau diperpustakaan dengan mengambil data atau informasi dari buku dan peralatan audio visual yang ada (1993:8).

2. Metode Pendekatan
Penulis menggunakan pendekatan eksponensial untuk membahas dan menganalisis unsur instrinsik skrip film. Pendekatan ini digunakan untuk menganalisis tokoh, latar, dan tema. Pada dasarnya, pendekatan eksponensial adalah sebuah analisis yang berusaha menunjukkan fungsi dan hubungan dari unsur instrinsik secara jelas (Nurgiyantoro, 2003:37). Sementara itu, penulis akan menggunakan psikologi analitik yang berfokus pada tipologi Carl Gustav Jung untuk menganalisis aspek
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi