Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

35. Kemandirian Belajar Akuntansi Dalam Implementasi Kurikulum 2004 Pada Siswa Kelas XI-IPS Di SMA Negeri 3 Purworejo


ABSTRAK



Salah satu bentuk nyata upaya Departemen Pendidikan Nasional untuk mewujudkan masyarakat berkualitas adalah dengan mengganti kurikulum 1994 menjadi kurikulum 2004. Dalam implementasi Kurikulum 2004 ini peranan siswa dalam proses belajar mengajar sangat menentukan keberhasilan belajarnya. Oleh karena itu siswa harus lebih kreatif dan memiliki kemandirian belajar yang tinggi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana kemandirian belajar Akuntansi dalam implementasi kurikulum 2004 pada siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri 3 Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar Akuntansi dalam implementasi kurikulum 2004 pada siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri 3 Purworejo.

Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Ajaran 2005/2006 yang berjumlah 89 orang siswa. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 89, maka semua populasi sekaligus dijadikan sebagai sampel, sehingga penelitiannya disebut penelitian populasi. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu kemandirian belajar Akuntansi siswa dalam implementasi kurikulum 2004 yang dipengaruhi oleh faktor dari diri siswa yang menjadi indikator kemandirian belajar dan faktor dari luar diri siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: (1) dokumentasi, (2) angket atau kuesioner, dan (3) wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan Analisis Deskriptif Persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar Akuntansi siswa sebesar 66,60%. Hasil ini menggambarkan bahwa siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri 3 Purworejo mempunyai tingkat kemandirian belajar Akuntansi dalam kategori sedang. Berdasarkan persentase ketercapaian indikator kemandirian belajar diketahui ada satu indikator yang masih mencapai kategori rendah yaitu hasrat bersaing untuk maju demi kebaikan dirinya. Adapun analisis hasil faktor yang menyebabkan rata-rata kemandirian belajar Akuntansi sedang adalah faktor dari luar diri siswa yang terdiri dari lingkungan keluarga dan dukungan lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa kemandirian belajar Akuntansi dalam implementasi kurikulum 2004 pada siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Ajaran 2005/2006 masih perlu ditingkatkan lagi melalui peran aktif dari berbagai pihak seperti lingkungan keluarga dan dukungan lingkungan sekolah. Selain itu hendaknya siswa lebih meningkatkan kepemilikan hasrat bersaing untuk maju demi kebaikan dirinya dengan cara meningkatkan pemanfaatan media dan sumber belajar Akuntansi secara mandiri serta meningkatkan motivasi untuk bersaing dalam mendapatkan hasil terbaik sebagai arena persaingan yang sehat.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat baik bagi siswa, orang tua, guru, maupun pihak sekolah. Bagi siswa, hendaknya siswa lebih meningkatkan kepemilikan hasrat bersaing untuk maju demi kebaikan dirnya, bagi orang tua, hendaknya selalu memberikan perhatian terhadap belajar anak dirumah serta selalu menanamkan sikap mandiri terutama didalam belajar Akuntansi, bagi guru khususnya guru Akuntansi harus berperan aktif meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Akuntansi serta mampu menciptakan suasana persaingan belajar yang sehat, bagi pihak sekolah agar lebih meningkatkan penyediaan fasilitas dan media yang cukup memadai khususnya fasilitas dan media untuk mata pelajaran Akuntansi.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi