Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

36. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Kerja Kelompok Tentang Operasi Hitung Campuran Pada Siswa Kelas IV SD

ABSTRAK

Syuhada Muhammad Ali. 2012. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Kerja Kelompok Tentang Operasi Hitung Campuran Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Purbo 03 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Program Sarjana Kependidikan Guru Dalam Jabatan Program Studi S1 PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana. Pembimbing : Drs. Susiyanto, M.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Penerapan Metode Kerja Kelompok.
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok di sekolah, yang ada di setiap jenjang pendidikan dan menengah. Matematika juga menjadi salah satu dari tiga mata palajaran yang dimasukkan dalam UASBN selain Bahasa Indonesia dan IPA. Namun dalam pembelajaran materi operasi hitung campuran bilangan bulat belum menunjukkan hasil yang optimal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pengerjaan mencari hasil operasi hitung campuran.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengacu pada pendapat dari Kurt Lewin yang merancang bahwa penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus yang terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi
Subyek Penelitian adalah siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Purbo 03 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang Semester II Tahun 2011/2012, yang berjumlah 14 siswa dengan pendistribusian siswa laki – laki 7 siswa dan perempuan 7 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa untuk mata pelajaran matematika pada materi operasi hitung campuran yang dibuktikan dengan hasil yang diperoleh ada peningkatan dari Pra Siklus hanya 5 siswa atau 36% yang telah mencapai ketuntasan nilai ≥ 7,0 dan pada Siklus I menjadi 8 siswa atau 57 % telah memenuhi kriteria ketuntasan nilai. Sedangkan hasil tes siklus II setelah pelaksanaan tindakan perbaikan, data siswa yang mendapat nilai ≥ 7,0 sebanyak 11 siswa. Jadi telah mencapai ketuntasan hasil belajar 79% “ Ada 3 siswa yang belum mencapai ketuntasan karena termasuk anak berkebutuhan khusus ( ABK )”
Dengan melihat hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mampu menjawab tujuan penelitian yaitu dengan penerapan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam mencari hasil operasi hitung campuran pada siswa Kelas IV SD Negeri Purbo 03 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang Semester II Tahun Pelajaran 2011 / 2012.
Akhirnya penulis menyarankan agar guru untuk selalu kreatif dalam menyajikan pembelajaran dengan menggunakan metode – metode yang dapat menarik minat siswa, sehingga matematika yang selama ini menjadi momok bagi siswa akan berubah menjadi pelajaran yang sangat menyenangkan bagi mereka. Penerapan metode pemecahan masalah melalui kerja kelompok dapat membawa siswa aktif, kreatif, menyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.



Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi