Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

62. Pengaruh Pemberian Klorofil Dari Tanaman Alfalfa (medicago sativa) Terhadap Kadar Kolesterol Total Tikus Putih

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Penyakit Jantung Koroner (PJK) sudah menjadi penyebab kematian utama di negara-negara maju dan ada kecenderungan yang terus meningkat sebagai penyebab kematian utama di negara-negara berkembang (Sutardhio, 2006). Sebuah survey yang dilakukan Departemen Kesehatan RI tahun 1992 menunjukkan bahwa penyakit ini telah menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Penyakit ini terutama disebabkan oleh adanya proses aterosklerosis pada arteri koronaria (Brown, 2005).
Aterosklerosis adalah suatu penyakit dari arteri besar dan sedang dimana lesi lemak timbul pada permukaan dalam dinding arteri (Guyton and Hall, 1997). Santoso et al. (2004) mengatakan bahwa salah satu faktor risiko terjadinya aterosklerosis yang dianggap terpenting adalah hiperlipidemia. Menurut Brown (2005), istilah hiperlipidemia memberi maksud peningkatan kolesterol dan/atau trigliserida serum di atas batas normal.
Hiperkolesterolemia bisa disebabkan oleh faktor makanan modern yang rendah serat tetapi lemaknya tinggi (Witjaksono, 2001; Utaminingsih, 2009) dan masyarakat kini gemar pula makanan gorengan atau berminyak, ditambah pula dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, kurang berolah raga dan lain-
lain. Kecenderungan kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan (Familia Hypercholesterolemia) (Utaminingsih, 2009).
Banyak cara yang digalakkan untuk mengatasi kenaikan kadar kolesterol; seperti menjalankan pola hidup yang sehat dan mengonsumsi diet yang seimbang. Diet yang seimbang bisa didapat dari gizi yang optimal dengan komposisi yang tepat seperti sayuran hijau, buah-buahan, kecambah, kacang-kacangan, biji-bijian, berries, makanan rendah lemak namun tinggi serat serta air yang bersih dan sehat (Limantara, 2009a). Hal yang telah diketahui umum bahwa banyak makanan dan minuman suplemen yang diekstrak dari berbagai tumbuhan guna mencegah kenaikan kadar kolesterol. Hasil penelitian Limantara (2009b) menunjukkan bahwa molekul klorofil memiliki fitol yang bersifat hidrofobik atau tidak larut dalam air sehingga efektif mengikat lemak di dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui sistem ekskresi, sehingga lemak yang terikat dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dihindari. Parman dan Harnina (2008) mengatakan bahwa sumber klorofil yang paling nyata adalah sayuran hijau yang lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah. Proses pemanasan saat memasak merusak hampir semua kandungan klorofilnya. Menurut Limantara (2009b), asupan klorofil juga bisa ditambah dengan menggunakan suplemen. Klorofil banyak tersedia dalam bentuk ekstrak, cairan maupun tablet, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan jaringan dan organ, serta memperbaiki kesehatan secara umum.
Salah satu produk dari klorofil adalah minuman kesehatan yang diekstrak dari tanaman Alfalfa (Medicago sativa). Minuman tersebut telah terbukti memberi
banyak khasiat, antara lain; membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menyeimbangkan kadar asam-basa tubuh, membantu meningkatkan jumlah sel darah merah, membuat kulit tetap sehat dan awet muda, serta meningkatkan kekebalan tubuh (Riyanto, 2008). Penelitian Parman dan Harnina (2008) juga telah membuktikan bahwa tanaman Alfalfa memiliki kandungan protein yang tinggi dan klorofilnya empat kali tanaman sayur lainnya.
Hal tersebut di atas menyebabkan peneliti ingin mengetahui pengaruh pemberian klorofil dari ekstrak tanaman Alfalfa (Medicago sativa) terhadap pencegahan peningkatan kadar kolesterol total darah tikus putih (Rattus novergicus) strain Wistar.

B. Perumusan Masalah
Apakah terdapat pengaruh pemberian klorofil dari tanaman Alfalfa (Medicago sativa) terhadap kadar kolesterol total tikus putih (Rattus norvegicus) strain Wistar?

C. Tujuan Penelitian
1. Umum
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian klorofil yang diambil dari tanaman Alfalfa (Medicago sativa) terhadap kadar kolesterol total tikus putih (Rattus norvegicus) strain Wistar.
2. Khusus
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dosis klorofil dari tanaman Alfalfa (Medicago sativa) yang sesuai untuk menurunkan kadar kolesterol total pada tikus putih (Rattus norvegicus) strain Wistar sehingga dapat dikonversikan ke dosis untuk manusia.

D. Manfaat Penelitian
1. Manfaat teoritis
Penelitian ini dapat memberikan informasi ilmiah mengenai pengaruh klorofil yang diambil dari tanaman Alfalfa (Medicago sativa) pada kadar kolesterol total tikus putih (Rattus norvegicus) strain Wistar.
2. Manfaat praktis
a. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk penggunaan klorofil sebagai alternatif untuk penurunan kadar kolesterol total pada manusia yang sudah diuji cobakan pada tikus putih (Rattus norvegicus) strain Wistar.
b. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai usaha dalam meningkatkan nilai ekonomi tanaman Alfalfa.

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi