Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

39. Perencanaan Sistem Pengolahan Lumpur IPA Pejompongan I Dan II Jakarta

ABSTRAK

Instalasi Pengolahan Air bersih Pejompongan I dan II merupakan unit pengolahan air bersih yang dimiliki oleh PT. PALYJA. Sumber air baku yang yang digunakan berasal dari Sungai Krukut dan Kalimalang. Disamping menghasilkan air minum, unit pengolahan air minum ini juga menghasilkan residu. Residu ini ditimbulkan dari unit pengolahan tergantung pada kualitas air baku, proses pengolahan, dan penggunaan bahan kimia, residu ini umumnya berupa lumpur. Lumpur dari unit pengolahan air didefinisikan sebagai akumulasi padatan atau endapan yang dihasilkan dari koagulasi bahan kimia, flokulasi dan sedimentasi air baku. Lumpur dari Pengolahan Air Bersih (IPA) I dan II Pejompongan hingga saat ini masih dibuang ke Sungai Krukut. Berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta NO.582 1995 mengenai Baku Mutu Limbah Cair, lumpur tersebut harus diolah terlebih dahulu sehingga memenuhi standar baku mutu sehingga tidak merusak lingkungan.
Melihat kondisi tersebut, maka diperlukan sistem pengolahan lumpur serta proses penanganan lumpur pada fasilitas pengolahan air. Metodologi yang digunakan dalam desain perencanaan ini adalah dengan melakukan analisa krakteristik lumpur serta kuantitas lumpur dari data sekunder maupun primer. Dari data waterbalance periode 2010 volume lumpur IPA I adalah sebesar 1.808.414 m3/tahun, dan 3.728.688 m3/tahun untuk IPA II. Produksi lumpur dalam massa selama periode 2010 untuk IPA I mencapai 34.291,1 ton/tahun dan IPA II sebesar 37.762,68 ton/tahun. Pemilihan alternatif pengolahan lumpur berdasarkan pertimbangan penggunaan lahan, unit effisiensi, serta aspek lingkungan. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka desain unit pengolahan lumpur IPA I terdiri dari 1 unit bak penampung, 2 unit Gravity thickener, 1 unit bak penampung lumpur, 2 unit centrifuge, 1 unit bak penampung drycake, dan 1 unit tangki supernatant dengan estimasi luas lahan yang dibutuhkan adalah sebesar 5060 m2. Unit pengolahan lumpur terpilih untuk IPA II terdiri dari 1 unit bak penampung, 3 unit Gravity thickener, 1 unit bak penampung lumpur, 2 unit centrifuge, 1 unit bak penampung drycake, dan 1 unit tangki supernatan dengan estimasi luas lahan yang dibutuhkan adalah sebesar 4467 m2.

Kata kunci: IPA I & II Pejompongan, Lumpur, Instalasi Pengolahan Air Bersih, Sistem pengolahan lumpur

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi