Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

41. Studi Alih Fungsi Lahan Pertanian Menjadi Kawasan Terbangun Di Kecamatan Sinjai Utara

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dewasa ini, permukiman menjadi masalah yang terjadi hampir di seluruh negara berkembang, termasuk Indonesia. Beberapa masalah permukiman yang dirasakan adalah pemenuhan kebutuhan permukiman bagi penduduk yang semakin meningkat, penurunan kualitas lingkungan dan penyediaan lahan bagi permukiman. Pertambahan penduduk yang relatif cepat, menyebabkan bertambahnya penyediaan tempat tinggal (permukiman) menjadi hal yang sangat mendesak. Penduduk Indonesia tersebar menjadi tidak merata di pedesaan dan di perkotaan. Akibatnya kota akan dibebani keharusan penyediaan sarana dan prasarana bagi penduduk, termasuk permukiman dengan segala fasilitasnya.  
Seiring dengan perkembangan perekonomian dan pertumbuhan penduduk juga terjadi peningkatan yang tajam dalam persaingan pemanfaatan sumber daya lahan. Hal itu mendorong terjadinya konversi lahan sawah ke penggunaan nonpertanian. Sektor pertanian merupakan sektor paling dominan di Indonesia sebagai negara yang berbasis agraris. Sektor ini juga telah lama menjadi perhatian banyak pihak, karena pada kenyataannya petani  sebagai pelaku utama dalam pertanian, masih tetap menjadi bagian terbesar dari penduduk miskin di negeri ini .
Di banyak negara maju di dunia, ada kecenderungan menurunnya jumlah petani dan bertambah luasnya daerah-daerah pertanian menghasilkan lahan garapan petaninya makin luas. Hal yang sebaliknya terjadi di Indonesia. Jumlah petaninya, walaupun secara persentasi menurun, tetapi secara absolut meningkat, luas lahan pertanian malah semakin berkurang. Banyak lahan pertanian yang beralih fungsi menjadi non pertanian, menjadi real estate, jembatan, jalan dan lainnya. Hal ini tentu saja semakin membuat sektor petanian jauh tertinggal.  Sebagaimana telah dijelaskan dalam Al Quran pada Surah Al-Isra ayat 84 yang mengisyaratkan bahwa seluruh perubahan yang terjadi di muka bumi ini disebabkan oleh ulah maupun kegiatan manusia. Yakni sebagai berikut :

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi