Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

87. Gambaran Karies Gigi Berdasarkan Kadar Fluor Air Sumur Pada Masyarakat Di Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo

ABSTRAK

Karies adalah penyakit pada jaringan keras gigi yang disebabkan oleh kerja mikroorganisme pada karbohidrat  yang  dapat  diragikan.  Proses  karies  terdiri  atas proses yang silih berganti antara proses kerusakan dan reparasi. Proses reparasi untuk mengganti mineral-mineral gigi yang larut disebut dengan remineralisasi yang dapat terjadi apabila terdapat fluor dalam jumlah memadai untuk menggantikan matriks organik gigi yang terlepas oleh proses karies (Kidd et al., 2002).
Kecamatan Asembagus merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Situbondo yang berbatasan dengan laut. Masyarakat di Kecamatan Asembagus mayoritas  mengkonsumsi  air  minum yang berasal  dari  air  sumur  (Badan  Pusat Statistik Situbondo, 2010). Air sumur di sekitar laut mendapatkan suplai air dari air tanah maupun dari resapan aliran air laut yang mengandung mineral fluor jauh lebih banyak  (Azwar,  1995),  sehingga  masyarakat  yang tinggal  di  daerah  tersebut akan mendapatkan  intake  fluor  lebih  banyak  dari  air  minum  yang  mereka  konsumsi. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat karies gigi dan kadar fluor air sumur pada masyarakat di Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo.
Metode  penelitian  yang  dilakukan  adalah  observasional  deskriptif  dengan pendekatan cross sectional.     Penelitian  ini  dilakukan  pada  bulan  Juni  sampai September  2011. Pemeriksaan karies  gigi  dan  pengambilan  sampel  air  sumur dilakukan di Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo, yang terdiri dari sepuluh desa  yaitu  Mojosari,  Kertosari,  Kedunglo,  Bantal, Awar-awar, Perante,  Trigonco, Asembagus,  Gudang,  dan  Wringinanom.  Sampel  dipilih  dengan metode cluster random sampling dan didapatkan jumlah sampel sebesar 96. Sampel yang diperiksa adalah kepala keluarga yang menggunakan air sumur untuk keperluan sehari-hari, termasuk untuk minum maupun memasak. Kadar fluor air sumur tersebut diperiksa di Laboratorium Kualitas Lingkungan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karies gigi pada masyarakat Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo adalah sangat rendah dengan DMF-T sebesar 0,01. Kadar   minimum   fluor   sebesar  0,49 ppm   tergolong   rendah   terdapat   di   Desa Asembagus, kadar maksimum sebesar 10,96 ppm tergolong sangat tinggi terdapat di Desa Gudang, dan rata-rata kadar fluor keseluruhan tergolong tinggi yaitu sebesar 3,08 ppm.
Kesimpulan   yang   didapat   adalah   karies   gigi   masyarakat   Kecamatan Asembagus yang menggunakan air sumur sebagai air minum tergolong sangat rendah (DMF-T sebesar 0,01).   Rata-rata kadar fluor air sumur di Kecamatan Asembagus tergolong tinggi (3,08 ppm).


File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi