Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

6. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Layanan Informasi Sosial Dan Kemandirian Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas Vii Smp

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada siswa kelas VII SMPN 22 Semarang yang memiliki kemampuan penyesuaian diri rata-rata 70%, sementara itu layanan informasi sosial telah diberikan oleh guru BK sejak awal tahun ajaran baru. Tingkat kemandirian siswa di sekolah tersebut beragam ada yang rendah dan ada yang tinggi. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian adalah (1) adakah pengaruh persepsi siswa tentang layanan informasi sosial terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII SMPN 22 Semarang (2) adakah pengaruh kemandirian terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII SMPN 22 Semarang dan (3) adakah pengaruh persepsi siswa tentang layanan informasi sosial dan kemandirian terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII SMPN 22 Semarang.
Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi  penelitian ini berjumlah 240 siswa, menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis. Alat pengumpul data menggunakan  skala  penyesuaian  diri,  skala  tentang  persepsi  siswa  terhadap layanan informasi sosial, dan skala kemandirian yang telah diuji validitasnya dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan meliputi analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) persepsi siswa tentang layanan informasi sosial berpengaruh terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII SMPN  22  Semarang  (2)  kemandirian berpengaruh  terhadap  penyesuaian  diri siswa kelas VII SMPN 22 Semarang, dan (3) persepsi siswa tentang layanan informasi sosial dan kemandirian berpengaruh terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII SMPN 22 Semarang. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diprediksikan bahwa semakin tinggi tingkat persepsi siswa tentang layanan informasi sosial dan kemandirian maka kemampuan penyesuaian diri siswa juga akan meningkat. Oleh karena itu disarankan agar guru BK meningkatkan kualitas layanan sosial yang sesuai dengan kebutuhan agar siswa memiliki persepsi yang lebih baik tentang layanan informasi sosial, serta agar guru BK turut mendampingi perkembangan kemandirian siswa secara lebih baik.

Kata kunci: kemandirian; penyesuaian diri; persepsi
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi