Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

15. Implementasi bimbingan rohani dan mental dalam memotivasi ketaatan beribadah bagi anggota POLRI muslim

ABSTRAK

Penelitian dengan judul “Implementasi Bimbingan Rohani dan  Mental dalam Memotivasi Ketaatan Beribadah Bagi  Anggota  Polri  Muslim  di  Kepolisian  Daerah  (Polda) Jawa  Tengah”. Ini dilatarbelakangi pentingnya  ibadah bagi seorang   anggota   polisi   yang   dapat   dihubungkan dengan perilaku dan kinerja yang dilakukannya. Seiring peningkatan ibadah akan mempunyai nilai lebih dalam pelaksanaan tugasnya.   Dengan   demikian,   memberikan   motivasi   bagi anggota polisi untuk  meningkatkan  ibadah  merupakan  hal yang   sangat   penting.   Apalagi   apabila   dikaitkan dengan “stigma negatif” anggota Polri di masyarakat. Stigma ini didasarkan pada perilaku anggota polisi yang seringkali memungut pungutan liar kepada pelanggar lalu lintas dan kegiatan menyimpang lainnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, Untuk mengetahui arti penting ketaatan ibadah bagi anggota Polri muslim di Kepolisian Daerah (Polda) Jawa  Tengah,  kedua, Untuk mengetahui implementasi peran Bimbingan Rohani dan Mental  dalam  memotivasi  ketaatan  beribadah  bagi anggota Polri muslim di Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah. Permasalahan  dalam    penelitian ini yaitu  pertama,  apa arti penting ketaatan ibadah bagi anggota Polri muslim di Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah,  kedua, bagaimana implementasi peran Bimbingan Rohani dan Mental dalam memotivasi ketaatan beribadah bagi anggota Polri muslim di Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kualitatif.  Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu menyajikan data dengan cara menggambarkan kenyataan sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Ketaatan beribadah  terhadap  anggota  Polri  muslim  di  Polda Jawa Tengah yaitu sebagai pemberi ketenangan, rasa bahagia, terlindungi dan rasa sukses. Selain itu arti penting ketaatan beribadah juga sebagai motivasi bagi anggota Polri dalam mendorong melakukan suatu aktivitas untuk menjadikan lebih disiplin dalam bekerja, bertanggungjawab dalam menjalankan tugas.   Dengan   demikian,    “stigma   negatif”   masyarakat terhadap anggota Polri semakin luntur. 2). Implementasi bimbingan rohani dan mental dalam memotivasi ketaatan beribadah bagi anggota Polri muslim di Polda Jawa Tengah merupakan usaha pemberian nasehat yang dilakukan pertugas bimbingan rohani dan mental dengan menggunakan ayat-ayat atau dalil-dalil Al-Qur’an dengan benar, sesuai dengan permasalahan yang sedang di hadapi oleh anggota Polri. Metode adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan dalam melakukan bimbingan rohani dan mental bagi anggota Polri. Artinya mengetahui keadaan anggota Polri serta bisa menggunakan cara yang tepat dalam melakukan bimbingan, maka bimbingan bisa dipastikan dapat mencapai tujuan. Bimbinga rohani dan mental ini dilakukan dengan cara face to face, artinya bahwa petugas bimbingan rohani dan mental memberikan arahan secara langsung terhadap anggota Polri. Adapun materi bimbinagan merupakan hal terpenting yang tidak  boleh  lepas  dalam  pelaksanaan  bimbingan.  Karena dengan materi petugas bimbingan rohani dan mental bisa mengubah jiwa anggota Polri yang kurang baik menjadi baik dan  yang  sudah baik  menjadi  lebih  baik.  Oleh  karena  itu materi  yang  disampaikan petugas bimbingan  rohani dan mental baik menyangkut masalah aqidah, ibadah, dan akhlak mempunyai pengaruh  lebih baik bagi anggota Polri.
.
Kata  Kunci  :  Bimbingan  Rohani  dan  Mental  dan Memotivasi Ketaatan
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi