Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

18. Konsep pengembangan kecerdasan ruhaniah menurut Toto Tasmara

ABSTRAK

Judul  penelitian  ini  adalah  Konsep  Pengembangan Kecerdasan Ruhaniah Menurut Toto Tasmara (Tinjauan Bimbingan dan Konseling Islam). Penelitian dilatarbelakangi Adanya kemajuan dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), ternyata banyak memberikan pengaruh besar terhadap pola kehidupan, cara berpikir dan tingkah laku masyarakatnya (manusia). Dibutuhkan kecerdasan ruhaniah atau transcendental intelligence. Kecerdasan ruhaniah merupakan potensi yang secara hakiki ditiupkan kedalam tubuh   manusia   ruh   kebenaran,   yang   selalu   mengajak   kepada kebenaran dan kebaikan. Hal ini penting diterapkan dalam Bimbingan dan Konseling Islam yang tujuannnya membantu individu belajar mengembangkan fitrah dan atau kembali kepada fitrah, dengan cara memberdayakan (enpowering) iman, akal, dan kemauan yang dikaruniakan  Allah  SWT kepadanya  untuk  mempelajari  tuntunan Allah dan Rasul-Nya, agar fitrah yang ada pada individu itu berkembang dengan benar dan kokoh sesuai tuntunan Allah SWT. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah konsep  kecerdasan  ruhaniah  menurut  Toto  Tasmara?  2) Bagaimanakah pengembangan potensi kecerdasan ruhaniah menurut Toto Tasmara? 3) Bagaimanakah perspektif Bimbingan dan Konseling Islam terhadap pengembangan kecerdasan ruhaniah menurut Toto Tasmara?
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan sumber data berasal dari buku karya Toto Tasmara yang berjudul Kecerdasan Ruhaniah, Membentuk Kepribadian yang Bertanggung Jawab, dan Profesional dan buku pendukung, dengan teknik pengumpulan data melalui kepustakaan dan dokumentasi,  data  yang  telah  didapat  kemudian dianalisis  melalui metode   content   analisis,   metode   deduktif   dan   metode   reflektif thinking. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Konsep kecerdasan ruhaniah menurut Toto Tasmara adalah kemampuan seseorang untuk mendengarkan hati nuraninya atau bisikan kebenaran yang mengilahi (merujuk pada wahyu Allah) dalam cara dirinya mengambil keputusan atau melakukan pilihan-pilihan berempati dan beradaptasi, kecerdasan yang  membuahkan  rasa  cinta  yang  mendalam terhadap  kebenaran sehingga seluruh tindakannya akan dibimbing oleh ilmu Illahiah yang mengantarkannya kepada ma‟rifatullah. 2) Pengembangan potensi kecerdasan ruhaniah menurut Toto Tasmara dilakukan dengan melakukan perenungan secara mendalam, membina hubungan silaturahmi, mempersiapkan diri membaca situasi, memperteguh keyakinan, meraih hasil dengan lapang dada, keberpihakan sebagai awal dari akhir, juga melalui mahabbah, riyadhah, mujahadah, muhasabah, dan muraqabah. 3) Perspektif Bimbingan dan Konseling Islam terhadap pengembangan kecerdasan ruhaniah menurut Toto Tasmara adalah bimbingan dan konseling Islam perlu diarahkan pada proses kecerdasan ruhaniah pada diri klien agar nantinya klien memperoleh manfaat dari bimbingan konseling tersebut yaitu aktifnya potensi ruh, qalb, akal, nafs pada diri klien sehingga klien merasa dekat dengan Allah, memiliki jiwa sosial yang tinggi dan memiliki akhlakul karimah, hal ini adalah obat bagi klien yang paling baik.

Kata  kunci:  Kecerdasan  Ruhaniah,  Toto  Tasmara,  Bimbingan  dan Konseling Islam.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi