Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

383. Determinasi Pergantian Kap Jenis Upgrade, Downgrade, Dan Samegrade Dengan Kualitas Komite Audit Sebagai Variabel Moderasi

ABSTRAK

Pergantian KAP di Indonesia dapat dilakukan secara mandatory maupun voluntary. Pergantian KAP secara voluntary inilah yang menimbulkan kecurigaan dari stakeholder untuk diketahui apa penyebabnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh opini audit going concern dan pergantian manajemen dengan kualitas komite audit sebagai variabel moderasi terhadap pergantian KAP jenis upgrade, downgrade, dan samegrade.
Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014, yaitu sebanyak 29 perusahaan. Data didapatkan dari laporan keuangan dan annual report perusahaan. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi logistik multinomial. Hasil nilai Nagelkerke R Square adalah sebesar 0.0720 dan 0.0186 yang berarti bahwa variabilitas variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh variabel independen adalah 7,2% dan oleh variabel independen yang dimoderasi adalah 18,6%. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian ini.
Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel opini audit going concern berpengaruh signifikan terhadap pergantian KAP jenis upgrade dan tidak pada  jenis  downgrade  maupun samegrade.  Sedangkan  pergantian  manajemen tidak berpengaruh signifikan terhadap pergantian KAP jenis upgrade, downgrade, dan samegrade. Kemudian variabel opini audit going concern yang dimoderasi variabel kualitas komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap pergantian KAP jenis   upgrade,   downgrade,   dan   samegrade.   Sedangkan   pergantian manajemen   yang dimoderasi   variabel   kualitas   komite   audit   berpengaruh signifikan   terhadap   pergantian   KAP jenis   upgrade   dan   tidak   pada   jenis downgrade maupun samegrade. Saran bagi penelitian selanjutnya agar memiliki informasi objek penelitian yang lebih luas, mengembangkan pengukuran pada variabel yang sama, serta menambah variabel lainnya.

Kata  Kunci:  Opini  Audit  Going  Concern,  Pergantian  Manejemen,  Kualitas Komite Audit, Pergantian KAP.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi