Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Ketimpangan Pembangunan Politik Dan Pembangunan Ekonomi Di Arab Saudi

Profil Singkat Arab Saudi
Arab Saudi merupakan Negara yang sangat istimewa di Dunia Islam. Disinilah terletak dua kota suci dalam agama Islam, Mekah dan Madinah. Disini juga agama Islam yang sekarang kita kenal pertama kali diturunkan.
Arab Saudi didirikan oleh dinasti as suud di Nejd. Kabilah suudiyah ini berkolaborasi dengan Muhammad ibn Abdul Wahhab, seorang tokoh spiritual sekaligus revivalis Islam pada abad ke 18. Abdul Wahab adalah seorang ulama puritanis yang banyak pemikirannya diilhami oleh ibn Taymiyah. Selain itu abdul wahab juga menyerukan purifikasi terhadap ajaran Islam dari unsure-unsur non-Islam. Pada masa itu, banyak ulama tradisional yang merasa terganggu dengan pembaharuan ala abdul wahhab ini. Gerakan abdul wahhab nyaris padam ketika mendapat gempuran dari mesir. Namun gerakan ini mendapatkan momentum bangkitnya ketika dibantu oleh keluarga Abdullah bin Suud yang juga sedang mencari dukungan. Akhirnya kolaborasi antara dua kekuatan ini berhasil menggalang kekuatan dan menaklukan hejaz sebagai pusat dunia islam.
Memasuki era modern, perkawinan antara wahhabi dan dinasti Saudi terus berjalan semakin erat. Negara berperan sebagai pelindung agama dan rajanya dikenal sebagai penjaga tempat dua tanah suci. Disisi lain para ulama wahhabi mendorong negara sebagai penyokong utama ideologi kenegaraan. Hasilnya, negara ini merupakan negara yang paling ketat dalam mempraktekan islam setelah Afghanistan pada masa thaliban. Arab Saudi menerapkan aturan islam secara leterlek sesuai dengan fatwa para ulama wahhabi tersebut. Namun keterlibatan para ulama dalam mengambil kebijakan di Arab Saudi hanya sebatas urusan dalam negeri khususnya di bidang hukum dan kebudayaan. Dibidang lain, seperti politik dan hubungan internasional para ulama tidak memiliki peran apapun.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi