Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Tuhan Dalam Pandangan Kahlil Gibran

ABSTRAKSI
Pada dasarnya Gibran adalah seorang yang sangat religius, dia hanya keberatan atas pola “penggunaan” agama oleh pejabat gereja. Banyak di antara mereka melakukan sejumlah kesalahan dengan mengatasnamakan kehendak-Tuhan. Tidak mengherankan jika Gibran menulis, “Orang yang benar-benar relijius tidak akan memeluk agama, dan orang yang memeluk agama sebenarnya tidak memiliki agama”.
Pemikiran Gibran yang terdapat dalam karya-karya sastra tidak akan dapat dipahami secara tepat tanpa adanya pengetahuan tentang kecenderungan filosofisnya. Untuk itu pula cukuplah beralasan jika selain penyair, ia juga seorang filsuf. Karya-karyanya baik itu dalam bentuk puisi, esai, cepren dan drama telah menunjukkan bahwa ia mempunyai pandangan luas dan mendalam tentang filsafat.
Salah satu pandangannnya yang menarik untuk dikaji adalah tentang Tuhan, dalam hal ini Gibran condong pada Kierkegaard, Jaspers dan Marcel yang religius (teis) dan secara umum menolak filsafat pesimistisnya Nietzsche dan Sartre. Ia juga menolak teologi Nietzsche tentang kematian Tuhan atas dasar bahwa jiwa memiliki “lapar alamiah untuk apa yang diluar dirinya” dan karena “jiwa mencari Tuhan sebagaimana kehangatan mencari ketinggian atau air mencari lautan. Kekuatan untuk mencari (Tuhan) merupakan bagaian dari jiwa yang inheren”.
Namun terhadap para ahli logika etis, Gibran membenci sikap menjadikan Tuhan sebagai sebuah permainan bagi pikiran yang dianugerahi pikiran-jenis matematis atau ide yang memenuhi bagan nalar terbatas, dalam pandangan Gibran, lebih mudah untuk berbicara kepada Tuhan, namun tidak mengenai Dia, sebab “Kita tidak memahami karakter Tuhan karena kita bukan Tuhan”. Dalam beberapa prinsip yang diungkapkan – lebih banyak lewat karya sastra – ia memandang Tuhan lebih pada dataran transenden (ada dalam diri kita), dan Tuhan yang imanen (jauh dari diri kita).
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi