Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Pengelolaan Koleksi CD-ROM di Perpustakaan Fakultas Ekonomi UGM

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dewasa ini pertumbuhan dan perkembangan teknologi informasi telah membawa kita masuk ke dalamnya untuk mengamati, mencermati, memahami, dan menerapkannya dalam kehidupan kita. Perpustakaan sebagai salah satu contoh sumber informasi mempunyai peranan dalam pengembangan teknologi informasi tersebut guna pemenuhan kebutuhan pengguna yang sangat beragam , kecenderungan pengguna pada umumnya menginginkan adanya layanan informasi yang serba instan misalnya CD- ROM, internet, microfilm, dan sumber-sumber penelusuran yang lain. (Prihatin, 2002 ).
Ada banyak perpustakaan di Indonesia salah satunya adalah perpustakaan perguruan tinggi. Perpustakaan PT adalah perpustakaan yang berada di bawah pengawasan dan dikelola oleh PT dengan tujuan utama membantu PT dalam mencapai tujuannya. Dalam pengertian, PT adalah universitas, fakultas, jurusan, institut, sekolah tinggi dan akademik serta berbagai badan bawahannya seperti lembaga penelitian ( Sulistyo-basuki, 1994: 65 ). Dalam konteks PT perpustakaan berfungsi sebagai penunjang bagi pelaksanaan Tri Dharma PT. Demikian halnya dengan perpustakaan FE- UGM berfungsi sebagai penyimpan dan penyebar informasi bagi pemakainya yang notabenenya adalah civitas akademika yang mempunyai kompetensi yang tinggi terhadap informasi. Melalui perpustakaan civitas akademika FE- UGM dapat mengakses informasi, ilmu, konsep dan wacana yang diperlukan, terutama yang berkaitan dengan disiplin ilmunya. Karenanya perpustakaan FE- UGM berusaha untuk memberikan layanan yang baik dalam memenuhi kebutuhan pemakainya akan informasi. Dalam penyediaan informasi perpustakaan FE- UGM menyajikan 2 bentuk yaitu bentuk cetak dan non cetak. Adapun bentuk cetak disajikan dalam bentuk monograf / buku teks. Sedangkan bentuk non cetak disajikan dalam bentuk piringan hitam atau yang lebih dikenal dengan sebutan CD- ROM.
Menurut pengamatan penulis selama melaksanakan PKL di perpustakaan FE- UGM, akses informasi yang dilakukan oleh civitas akademika sangatlah tinggi, baik yang berasal dari lingkungan dalam maupun luar FE- UGM. Namun hanya terbatas akses informasi dalam bentuk cetak, sedangkan akses informasi lewat CD- ROM hanya terbatas ketika informasi yang dicari tidak ditemukan dalam bentuk cetak. Salah satu penyebab munculnya hal tersebut adalah perpustakaan FE- UGM lebih menekankan pada pengelolan infoprmasi dalam bentuk cetak sehigga bahan pustaka non cetak kurang begitu mendapat perhatian dalam hal pengelolaannya. Padahal dalam era global saat ini, khususnya CD- ROM bukan merupakan hal baru di dunia perpustakaan. Sistem informasi berbasis komputer ini memiliki keungggulan yang lebih dibanding dengan system informasi yang bersifat manual. Kemampuan dalam kecepatan, ketepatan, penelusuran koleksi- koleksi data dari berbagi macam disiplin ilmu, jurnal-jurnal dan artikel – artikel yang penting merupakan kebutuhan yang diidamkan para ilmuwan dan akademisi. Karenanya perpustakaan FE- UGM dengan komunitas notatabenenya melek teknologi tentunya sangatlah berpotensi dalam memanfaatkan CD- ROM sebagai sarana penelusuran informasi. Maka perpustakaan FE- UGM hendaknya memberikan perhatian yang lebih terhadap koleksi CD ROM tersebut. Bahan pustaka tersebut memerlukan satu pengelolaan yang baik agar mudah diakses oleh pemakainya.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana pemanfaatan CD-ROM di perppustakaan FE- UGM ?
2. Bagaimana kegiatan pengelolaan CD ROM di perpustakaan FE -UGM ?
C. Tujuan Laporan PKL
1. Tujuan Umum
Meningkatkan kompetensi mahasiswa baik pengetahuan. Sikap ketrampilan maupun etos kerja sehigga setelah lulus dapat lebih siapmenghadapi persaingan global.
2. Tujuan Khusus
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi