Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Analisis Laporan Keuangan Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada P.D.Union Medan

BAB I
PENDAHULUAN

A. ALASAN PEMILIHAN JUDUL
Setiap perusahaan yang didirikan baik perusahaan dagang, perusahaan industri maupun perusahaan jasa memiliki satu tujuan utama yaitu mencapai laba maksimal. Setiap perusahaan berusaha untuk menerapkan strategi yang tepat sehingga dapat secara cepat merespons perkembangan pasar untuk dapat mempertahankan dan sekaligus merebut pasar dan peluang yang ada dimana terdapat para pesaing dari bidang usaha sejenis yang ketat berkompetisi.
Informasi-informasi bisnis harus secara cepat dapat diperoleh sehingga pihak perusahaan dapat segera mengambil kebijakan yang diperlukan. Di samping kecepatan, keakuratan dari informasi yang diperoleh juga merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dan menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan dalam menerapkan kebijakan dan strategi-strateginya.
Akan tetapi kecepatan dan keakuratan informasi tidak akan berharga jika tidak dapat dianalisis dan diinterpretasikan dengan baik dan tepat dalam kebijakan dan strategi yang dibuat oleh perusahaan. Hal ini menuntut kemampuan dan kejelian pihak manajemen perusahaan dalam menganalisis dan menginterpretasikan informasi tersebut khususnya informasi keuangan yang terdapat dalam laporan keuangan perusahaan.
Informasi mengenai kegiatan di masa yang lalu dianalisa dan disesuaikan dengan keadaan di masa sekarang untuk dijadikan dasar kebijaksanaan yang berguna sebagai dasar pengambilan keputusan. Dengan demikian, suatu keputusan tersebut tidak hanya didasarkan pada intuisi manajer belaka, melainkan suatu keputusan yang tepat dan lebih rasional.
Laporan keuangan adalah salah satu sumber informasi yang penting dalam hal pengambilan keputusan oleh pihak manajemen perusahaan karena menyangkut tentang posisi keuangan perusahaan baik dari segi likuiditas, solvabilitas, rentabilitas, hasil-hasil atau kerugian yang dialami oleh perusahaan dalam suatu periode tertentu.
Dengan informasi dari laporan keuangan periode yang lalu, manajemen perusahaan dapat mengambil keputusan untuk kebijakan-kebijakan yang lebih tepat, membuat perencanaan yang lebih baik untuk periode yang akan datang serta memperbaiki sistem pengawasannya.
Salah satunya adalah untuk membuat perencanaan laba pada periode yang akan datang serta bagaimana cara untuk mencapai target laba yang sudah ditetapkan oleh perusahaan karena tingkat laba perusahaan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan dan kemajuan perusahaan.
Hal menarik inilah yang menjadi salah satu alasan penulis memilih judul “ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA P.D.UNION MEDAN “


B. PERUMUSAN MASALAH
Setiap perusahaan yang didirikan tidak akan terlepas dari berbagai masalah yang akan dihadapi. Banyaknya masalah yang timbul tidak dapat diselesaikan seketika, tetapi memerlukan suatu analisis data yang benar-benar tepat dan akurat. Selain itu juga memerlukan kemampuan, waktu dan tenaga yang cukup dalam menyelesaikan masalah yang timbul.
Sesuai dengan topik yang dipilih oleh penulis, maka pokok permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah sebagai berikut: “ Sejauh mana peranan analisis laporan keuangan sebagai alat perencanaan laba yang dilakukan oleh pihak manajemen P.D.UNION Medan “.

C. TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis untuk mengetahui peranan dan pengaruh dari analisis laporan keuangan yang dilakukan oleh pihak manajemen perusahaan sebagai alat perencanaan laba perusahaan untuk periode yang akan datang.

D. HIPOTESIS
Berikut merupakan salah satu definisi dari hipotesis/hipotesa: “ Hipotesa ialah suatu proporsi kondisi atau prinsip yang untuk sementara waktu dianggap benar dan barangkali tanpa keyakinan, agar bisa ditarik suatu konsekuensi yang logis dan dengan cara ini kemudian diadakan dalam pengujian (testing) tentang kebenarannya dengan mempergunakan data empiris (empirical data) hasil penelitian.”
Jadi hipotesis adalah jawaban sementara terhadap masalah penelitian, yang kebenarannya harus diuji secara empiris. Hipotesis juga menyatakan hubungan apa yang kita cari atau yang ingin kita pelajari dan dipergunakan sebagai petunjuk untuk tujuan pengumpulan dan analisa data yang relevan.
Dari uraian-uraian yang penulis paparkan pada sub pendahuluan di atas, maka penulis membuat hipotesis sebagai acuan penulisan ini adalah sebagai berikut: “Analisis
laporan keuangan memiliki peranan yang penting dalam perencanaan dan pencapaian laba yang dilakukan oleh pihak manajemen P.D.UNION Medan”.

E. METODE PENELITIAN
Dalam pengumpulan data dan informasi yang diperoleh untuk menyusun skripsi ini , penulis menggunakan metode penelitian sebagai berikut:
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi