Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Analisis Perbedaan Produktivitas Kerja Karyawan Sebelum Dan Sesudah Pelatihan Pada PT. Trinunggal Komara

BAB 1
PENDAHULUAN

A. Permasalahan
1. Latar Belakang
Dalam menghadapi persaingan bisnis dan era globalisasi, banyak perusahaan melakukan pengembangan sumber daya manusia dalam upaya mencapai tujuannya.
Perusahaan sangat tergantung pada baik dan buruknya sumber daya manusia yang dimilikinya, oleh karena itu pelaksanaan suatu pengembangan dimaksudkan agar karyawan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan kerjanya sehingga mereka dapat melaksanakan pekerjaannya menjadi lebih produktif.
Indonesia seharusnya memiliki potensi di bidang sumber daya manusia dikarenakan jumlah penduduknya yang besar, namun kita semua sudah menyadari bahwa kualitasnya sangatlah buruk. Mengingat hal ini, maka wajarlah apabila masalah-masalah yang menyangkut tentang karyawan mendapat penanganan dan pemikiran yang lebih serius.
Sumber daya manusia mempunyai peranan penting dan merupakan aset utama dalam setiap usaha ekonomi. Dikatakan sebagai aset utama perusahaan karena manusia mempunyai peranan dalam penggerak dalam menjalankan suatu organisasi dalam sebuah perusahaan. Dengan modernisasi dan kemajuan jaman yang terjadi mempengaruhi manusia di dalam mengisi pembangunan melalui bidang pekerjaannya masing-masing.
Pada umumnya karyawan baru hanya mempunyai kemampuan teoritis yang dibawa dari bangku kuliah, maka perlu dikembangkan menjadi kemampuan nyata untuk dapat mengerjakan pekerjaannya. Dengan adanya pengembangan karyawan yang diberikan perusahaan, maka akan tercapai produktivitas kerja yang baik. Produktivitas hanya akan meningkat apabila tiap-tiap bidang dalam segala bentuk usaha perusahaan dilaksanakan oleh tenaga-tenaga dengan kecakapan dan keterampilan sesuai keterampilan tertentu, sesuai dengan bidang masing-masing.
Pelatihan merupakan suatu proses pengembangan sumber daya manusia. Pelatihan ini berperan khusus dalam pembinaan tenaga kerja melalui peningkatan keterampilan bagi karyawan sehingga mereka menjadi terampil dan dapat berkarir. Semua ini dapat dilaksanakan agar pencapaian tujuan perusahaan menjadi lebih efisien. Pelatihan diperlukan baik bagi karyawan-karyawan baru maupun karyawan-karyawan yang telah lama di dalam perusahaan. Karyawan-karyawan baru yang setiap kali ditarik oleh perusahaan membutuhkan pelatihan sebelum mereka dapat menjalankan tugas-tugas yang menjadi kewajibannya. Sedangkan bagi karyawan-karyawan lama, mereka membutuhkan pelatihan karena adanya tuntutan dari tugas-tugasnya yang lama, dam mereka membutuhkan pelatihan karena adanya tugas-tugasnya yang sekarang, ataupun untuk mempersiapkan dirinya berhubungan akan dipromosikan ke jabatan yang lain. Dengan adanya pelatihan, seorang karyawan akan lebih termotivasi dan lebih setia terhadap perusahaan di mana dia bekerja dan dapat menimbulkan rasa percaya diri serta dapat mengembangkan keterampilannya.
Keuntungan dari adanya pelatihan adalah para karyawan akan lebih memahami pekerjaannya dan mengurangi kesalahan atau kekeliruan dalam melaksanakan tugasnya, menjamin tersedianya tenaga dalam perusahaan yang mempunyai keahlian. Orang yang terlatih dapat menggunakan pikirannya secara kritis, latihan membantu stabilitas karyawan, dan dapat bekerja lebih efisien.
Perusahaan yang dijadikan objek dalam penulisan ini adalah PT. Trinunggal Komara di Jakarta, di mana perusahaan ini berbentuk perseroan terbatas dan bergerak di bidang jeans.
Melihat pentingnya pelatihan dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan, seperti yang telah diuraikan di atas, maka penulis membahas masalah pelatihan ini dengan mengambil judul : “ANALISIS PERBEDAAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN SEBELUM DAN SESUDAH PELATIHAN PADA PT. TRINUNGGAL KOMARA DI JAKARTA.”

2. Indentifikasi
Indentifikasi masalah berdasarkan latar belakang masalah seperti yang telah diuraikan sebelumnya, yaitu:
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi