Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Efektivitas Consumer Relations Dalam Menjalin Hubungan Baik

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam era globalisasi ini, sektor usaha yang semakin berkembang salah satunya adalah sektor jasa. Sektor jasa yang terus menerus mengalami perkembangan yang sangat luar biasa adalah perhotelan, sehingga perhotelan merupakan salah satu pemberi kontribusi yang besar terhadap pendapatan nasional. Sektor jasa pada perhotelan biasa disebut dengan usaha akomodasi. Usaha akomodasi adalah suatu usaha yang menggunakan suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus dan setiap orang dapat menginap, makan, serta memperoleh pelayan dan fasilitas lainnya dengan pembayaran. Jadi, yang temasuk usaha akomodasi terdiri dari hotel berbintang, hotel melati, penginapan remaja, pondok wisata, perkemahan serta akomodasi lainnya seperti wisma dan losmen.
The Jayakarta Jakarta Hotel and Spa merupakan salah satu hotel berbintang yang sudah berdiri selama 37 tahun lamanya yang berada di Jakarta. Letaknya yang strategis di pusat bisnis bagian utara Jakarta, tepatnya di jalan Hayam Wuruk 126, menjadikannya sebagai salah satu pilihan bagi para pelaku bisnis di Jakarta. Biasanya para pebisnis terutama yang berada di Jakarta memanfaatkannya sebagai tempat pertemuan dengan kliennya ataupun untuk kepentingan pribadi seperti pernikahan, ulang tahun dan liburan.
Namun mengikuti perkembangan zaman, sudah banyak berdiri bangunan hotel yang modern dikawasan tersebut yang juga menawarkan beragam fasilitas dan juga melakukan upaya-upayanya untuk mempertahankan loyalitas tamu. The Jayakarta Jakarta Hotel and Spa menyadari, bahwa dalam memberikan pelayanan, masih harus ditingkatkan (mengingat The Jayakarta Jakarta Hotel and Spa sudah berdiri 37 tahun lamanya). Dalam menghadapi hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan The Jayakarta Jakarta Hotel and Spa adalah dengan memfokuskan konsumen dalam menjaga hubungan baik. Karena hubungan menentukan masa depan suatu perusahaan dan konsumen atau pelanggan dianggap sebagai ujung tombak.
Salah satu bagian terpenting pada The Jayakarta Jakarta Hotel and Spa adalah bagian Public Relations yang membantu menjalankan tugas dan fungsi dari Public Relations. Selain itu juga terdapat bagian Guest Relations Officer, dimana bagian tersebut mempunyai peranan dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen. Guest Relations Officer merupakan bagian dari Public Relations, yang mempunyai satu tujuan dalam menjaga hubungan baik. Walaupun memiliki tujuan yang sama, peran Guest Relations Officer The Jayakarta Jakarta Hotel and Spa lebih mempunyai fungsi menjaga dalam hubungan baik dengan konsumen yang berada di lingkungan internal, sedangkan Public Relations The Jayakarta Jakarta Hotel and Spa mempunyai fungsi dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen yang berada di lingkungan eksternal. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Guest Relations Officer adalah kegiatan Consumer Relations.
Consumer Relations mempunyai kegiatan dan peran penting dalam menjalin, meningkatkan, serta menjaga hubungan baik antara konsumen atau tamu hotel dengan The Jayakarta Jakarta Hotel and Spa. Tidak hanya itu, dengan adanya kegiatan Guest Relations Officer, konsumen akan mendapatkan lebih banyak informasi dan hal-hal yang sebelumnya konsumen tidak ketahui.
Sebab itu, yang paling terpenting dari The Jayakarta Jakarta Hotel and Spa adalah memulai dengan kegiatan Consumer Relations, yaitu tetap menjalin hubungan baik dengan konsumen dan pada akhirnya konsumen akan mempercayakan The Jayakarta Jakarta Hotel and Spa sebagai rumah kedua.
Berdasarkan latar belakang di atas, yaitu pentingnya peningkatan pelayanan bidang Consumer Relations khususnya dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan hotel agar pelanggan tetap menjadi tamu setia, maka penulis bermaksud untuk melakukan penelitian dengan mengambil judul: “EFEKTIVITAS CONSUMER RELATIONS DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN KONSUMEN DI THE JAYAKARTA JAKARTA HOTEL AND SPA”.

1.2 Perumusan Masalah
Dari latar belakang masalah yang telah diuraikan, maka rumusan masalah yang akan diajukan adalah sebagai berikut: “Bagaimana Efektifitas Consumer Relations dalam Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen di The Jayakarta Jakarta Hotel and Spa?”

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Consumer Relations dalam menjalin hubungan baik dengan konsumen.

1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian berdasarkan 2 hal, yaitu :
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi