Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Hubungan Nilai Penjualan dan Pendapatan Operasi dengan Rentabilitas

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dalam perkembangan kegiatan setiap perusahaan, baik yang bergerak dalam bidang industri, perdagangan maupun jasa pada umumnya bertujuan untuk mendapatkan laba semaksimal mungkin. Dalam laporan keuangan, laba diperoleh dari penjualan dikurangi dengan harga pokok penjualan dan biaya-biaya usaha. Untuk memperoleh laba semaksimal mungkin salah satu caranya adalah dengan menambah biaya usaha sampai tingkat tertentu, sehingga dapat meningkatkan nilai perolehan penjualan.
Penjualan merupakan tulang punggung kegiatan perusahaan dan sebagai sumber pendapatan untuk menutupi biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan. Karena hal itulah, tidak diragukan lagi, bahwa di antara semua kegiatan perusahaan, yang harus diperhatikan adalah kegiatan penjualan, karena tanpa adanya kegiatan penjualan maka tidak akan terjadi pemindahan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen, yang berarti tidak akan terjadi penambahan nilai bagi keuangan perusahaan.
Selain kegiatan penjualan, kegiatan lain yang harus dilakukan untuk meningkatkan laba perusahaan adalah pendapatan operasi (pada laporan arus kas perusahaan). Pendapatan operasi menggambarkan nilai aktivitas operasi. Jika pendapatan pada aktivitas operasi menurun maka hal itu berpengaruh pada arus kas maupun perolehan laba rugi perusahaan.
Selain itu, untuk meningkatkan laba perusahaan perlu dilakukan kegiatan efisiensi, dan efisiensi usaha dapat diketahui dengan menghitung rentabilitas, yang salah satu caranya adalah dengan membandingkan laba usaha yang diperoleh dengan aktiva usaha. Masalah rentabilitas adalah masalah kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba yang maksimal dengan cara yang seefisien mungkin.
Tinggi rendahnya rentabilitas yang dimiliki oleh suatu perusahaan juga akan mempengaruhi keputusan para investor dalam menanamkan modalnya di perusahaan tersebut.
Berdasarkan latar belakang urgensi nilai penjualan yang diperoleh oleh perusahaan dan urgensi efisiensi dengan analisa rentabilitas tersebut, maka penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kedua masalah tersebut, yaitu dengan mengambil judul: “HUBUNGAN NILAI PENJUALAN DAN PENDAPATAN OPERASI DENGAN RENTABILITAS PADA PT ELNUSA MULTI INDUSTRI KOMPUTER, JAKARTA”.



1.2 Identifikasi Masalah
Penulis dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang muncul berkaitan dengan variabel yang diteliti sebagai berikut:
1. Nilai penjualan selalu mengalami fluktuasi sehingga mempengaruhi kinerja keuangan dan karenanya nilai rentabilitas pun ikut mengalami fluktuasi pada setiap periodenya.
2. Analisa terhadap pendapatan operasi yang disajikan pada laporan arus kas perusahaan jarang menjadi pertimbangan, padahal hal itu merupakan elemen penting dalam pengambilan keputusan para pemegang saham atau modal perusahaan.
3. Analisa rentabilitas seringkali jarang dilakukan, perusahaan hanya melihat laporan rugi laba dan neraca untuk melihat kinerja keuangan.

1.3 Pembatasan Masalah
Permasalahan dalam penelitian ini akan dibatasi pada variabel nilai penjualan dan pendapatan operasi (sebagai 2 variabel bebas) serta variabel rentabilitas (sebagai variabel terikat) dengan mengacu kepada laporan keuangan perusahaan, baik yang berupa laporan neraca, laporan rugi laba, dan laporan arus kas PT Elnusa Multi Industri Komputer (PT ELMIK), Jakarta.


1.4 Perumusan Masalah
Dari pembatasan masalah di atas, penulis dapat merumuskan masalah yang menjadi bahasan utama dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Bagaimana kondisi nilai penjualan pada PT ELMIK, Jakarta?
2. Bagaimana kondisi pendapatan operasi pada PT ELMIK, Jakarta?
3. Bagaimana tingkat rentabilitas pada PT ELMIK, Jakarta?
4. Apakah terdapat hubungan antara nilai penjualan dan pendapatan operasi dengan rentabilitas pada PT ELMIK, Jakarta?

1.5 Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.5.1 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian adalah untuk menjawab perumusan masalah yang telah dirumuskan di atas. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan:
1. Untuk mengetahui kondisi nilai penjualan pada PT ELMIK, Jakarta.
2. Untuk mengetahui kondisi pendapatan operasi pada PT ELMIK, Jakarta.
3. Untuk mengetahui tingkat rentabilitas pada PT ELMIK, Jakarta.
4. Untuk mengetahui hubungan antara nilai penjualan dan pendapatan operasi dengan rentabilitas pada PT ELMIK, Jakarta.


1.5.2 Manfaat Penelitian
Dengan adanya penelitian ini, penulis berharap akan ada manfaat yang dapat diambil oleh berbagai pihak sebagai berikut:
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi