Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

Inkulturasi Musik Liturgi Di Indonesia Pasca Konsili Vatikan II

ABSTRAK

Skripsi ini berjudul “Inkulturasi Musik Liturgi di Indonesia Pasca Konsili Vatikan II”. Inkulturasi musik liturgi di Indonesia merupakan suatu kreasi baru dalam mengembangkan musik liturgi dengan mengembangkan kebudayaan dan adat setempat sebagai pengaruh dari dokumen Konsili Vatikan II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh dokumen Konsili Vatikan II terhadap perkembangan musik liturgi di Indonesia, memahami secara mendalam proses terjadinya inkulturasi musik liturgi di Indonesia serta mengetahui wujud dari musik liturgi di Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode dokumentasi dengan memanfaatkan secara maksimal, menelusuri bahan-bahan pustaka yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Data diolah dan dianalisis dengan teknik deskriptif-analitik yaitu metode yang digunakan terhadap suatu data yang terkumpul kemudian disusun, dijelaskan dan selanjutnya dianalisis. Untuk menganalisis data digunakan cara berfikir induktif, pembahasan yang berdasarkan pemikiran yang bersifat khusus kemudian disimpulkan dalam kegiatan yang umum.
Melalui metode penelitian tersebut dapat diuraikan hasil penelitian ini, yaitu: Pertama, adanya perbedaan landasan; sebelum Konsili Vatikan II inkulturasi dilakukan berdasarkan izin dari keuskupan Roma, dan setelah Konsili Vatikan II usaha inkulturasi musik liturgi diusahakan dengan berpedoman pada dokumen konsili Vatikan II. Kedua, yang menjadi kendala dalam proses inkulturasi musik liturgi di Indonesia adalah keanekaragaman suku budaya yang berbeda. Ketiga, jika sebelumnya dalam musik liturgi hanya dikenal musik Gregorian dan Polifoni suci, namun setelah konsili Vatikan II berkembang kreasi baru dalam musik liturgi. Sebagaimana yang terdapat dalam buku nyanyian Madah Bakti.
Bagi umat muslim, manfaat dari penelitian ini adalah memperluas wacana dan pengetahuan tentang musik liturgi untuk dijadikan bahan bagi usaha pengembangan khazanah musik Islami, seperti bagaimana dibentuknya suatu badan khusus yang menangani pengembangan musik tersebut.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi