Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Pengakuan Pendapatan Dan Biaya Kontrak Jangka Panjang

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pembangunan merupakan salah satu usaha utama untuk mencari kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu, pembangunan merupakan suatu daya upaya yang mutlak diperlukan.
Dalam era globalisasi dewasa ini, proyek pembangunan infrastruktur semakin pesat, dengan demikian maka proyek-proyek pembangunan di bidang sarana dan prasarana khususnya semakin pesat dan marak dilakukan bukan hanya untuk kepentingan pribadi tetapi juga untuk kepentingan umum. Proyek tersebut tidak hanya datang dari dalam negeri tetapi juga datang dari luar negeri.
Proyek-proyek pembangunan di bidang sarana dan prasarana tersebut dapat dilaksanakan oleh pihak pemerintah (negara) melalui BUMN, dapat pula ditangani oleh pihak swasta, serta dapat pula berupa bentuk kerjasama antara kedua pihak tersebut.
Proyek-proyek pembangunan di bidang sarana dan prasarana meliputi pembangunan jalan raya, pembangunan gedung-gedung bertingkat, pembangunan sarana komunikasi dan lain-lain.
Dengan semakin pesat dan maraknya proyek-proyek pembagunan di bidang sarana dan prasarana tersebut, maka di sini penulis ingin melihat atau mengetahui bagaimana perlakuan akuntansi proyek atau akuntansi kontraknya, khususnya mengenai pendapatan dan biaya kontrak jangka panjang. Oleh karena itu penulis mengambil judul skripsi sebagai berikut :
“PENGAKUAN PENDAPATAN DAN BIAYA KONTRAK JANGKA PANJANG DALAM MENENTUKAN LABA KOTOR PERUSAHAAN KONSTRUKSI PADA PT. ATELIER ENAM”.

1.2 Perumusan dan Batasan Masalah
Dengan menganalisis terhadap pengakuan pendapatan dan biaya kontrak jangka panjang dalam rangka menentukan laba kotor perusahaan, maka pihak manajemen perusahaan akan dapat mengetahui keadaan dan perkembangan tingkat pendapatan dan biaya kontrak yang telah dikeluarkan oleh perusahaan.
Batasan masalah yang akan diambil yang difokuskan pada perlakuan akuntansi proyek khususnya mengenai pengakuan pendapatan dan biaya proyek dalam rangka penentuan besarnya laba kotor perusahaan. Pertanyaan yang timbul adalah :
1. Menentukan metode pengakuan pendapatan dan biaya kontrak jangka panjang yang paling sesuai yang digunakan oleh perusahaan ?
2. Bagaimana metode pengakuan dan biaya kontrak jangka panjang dapat mempengaruhi besarnya laba kotor perusahaan ?



1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan dalam penulisan ini adalah mengetahui, menghimpun dan menganalisis data tentang pengakuan pendapatan dan biaya kontrak jangka panjang dalam rangka penentuan laba kotor perusahaan yang berhubungan dengan keputusan yang diambil manajemen perusahan.

1.4 Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan memberikan konstribusi berupa tambahan informasi dan masukan dalam hal :
1. Manfaat Akademis
a. Diharapkan diperoleh data yang berkaitan dengan bidang akuntansi dan asumsi lainnya. Khususnya mengenai pengakuan pendapatan dan biaya kontrak jangka panjang dalam rangka penentuan laba kotor perusahaan dalam suatu operasi perusahaan sehubungan dengan tujuan perusahaan.
b. Mengingat penelitian berkaitan dengan masalah pengakuan pendapatan dan biaya kontrak jangka panjang dalam rangka penentuan laba kotor perusahaan diharapkan dapat menyumbangkan hal-hal yang sifatnya dapat mengembangkan ilmu akuntansi.


2. Manfaat Praktis
Diharapkan dapat memberikan masukan yang berharga dan bermanfaat bagi praktisi-praktisi akuntansi, khusunya praktisi akuntansi yang ingin mengetahui pengakuan pendapatan dan biaya kontrak jangka panjang dalam rangka penentuan laba kotor perusahaan.

1.5 Sistematika Penulisan Skripsi
Sebagai gambaran umum terhadap penulisan skripsi ini, maka penulis ingin menguraikan secara garis besar tentang bab-bab yang akan dibahas dalam skripsi ini :
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi