Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Di Tk Mayang Pekanbaru

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Masalah
Pendidikan pada anak telah berlansung sejak anak lahir, bahkan secara tidak langsung proses pendidikan dimulai ketika anak masih berada dalam kandungan ibu. Orang tua merupakan pendidik yang pertama juga sangat menentukan proses pembentukan kepribadian anak. Jadi pengaruh yang berasal dari orang tua itu merupakan pengaruh atau bimbingan yang utama.
Memberikan pendidikan kepada anak sejak dini sangat penting dan sangat dianjurkan karena sejak anak dilahirkan hingga tahun-tahun pertama, anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Perkembangan anak pada tahun-tahun awal lebih kritis di bandingkan dengan perkembangan selanjutnya, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Masa kanak-kanak merupakan gambaran awal manusia sebagai manusia seutuhnya”. Maka di harapkan kepada para orang tua agar memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anak mereka pada masa pertumbuhannya. Karena pada periode ini merupakan “Masa Emas” atau disebut juga “The Golden Age” yang hanya terjadi satu kali dalam perkembangan kehidupan seorang manusia.
Pada umumnya seorang guru menginginkan anak didiknya memiliki kecerdasan emosional yang baik, teratur dan rapi di dalam diri anak. Maka dalam hal ini peranan guru adalah memberikan semangat dan motivasi kepada anak agar dapat mengikuti peraturan-peraturan yang ada dirumah maupun disekolah. Karena dorongan dan motivasi dari orang tua dan guru hendaknya diberikan kepada anak sejak dini. Hal ini berkaitan dengan proses tumbuh kembang anak. Salah satu proses tersebut adalah pembentukan sikap dasar. Sikap dasar anak adalah meniru apa yang ada dilingkungannya, maka perlu ditanamkan suatu sikap perilaku yang baik, yang bisa dicontoh dan diteladani akan dapat mengidentifikasikan kecerdasan emosional pada anak.
Tidaklah mudah membentuk pribadi anak dengan kecerdasan emosional yang ideal, seorang guru perlu memiliki kesabaran dan ketelitian dalam membentuk kecerdasan emosional. Diantaranya melalui permainan, sebab pada usia inilah anak mulai belajar, dimana dunia mereka adalah dunia bermain melalui belajar atau belajar melalui bermain. Apalagi didalam permainan-permainan itulah ternyata terkandung proses utama pembentukan kecerdasan emosi anak. Dan justru dimasa TK inilah anak memiliki kesempatan untuk mengoptimalkan perkembangan kecerdasan emosinya.
Berdasarkan hasil observasi dan pengalaman penulis sebagai guru TK maka penulis mengangkat masalah ini menjadi suatu karya tulis ilmiah dengan judul “Peranan Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak di TK Mayang”.

B.Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka penulis dapat mengidentifikasikan beberapa masalah diantaranya adalah :
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi