Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

Perlakuan Akuntansi Piutang Dan Penyajiannya Dalam Laporan Keuangan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang Masalah
Perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan atau jasa membuat laporan keuangan guna mengetahui kinerja perusahaan tersebut. Dengan demikian kondisi perusahaan tersebut diketahui. Sejalan makin banyaknya perusahaan kompetitor maka hendaknya setiap perusahaan berupaya meningkatkan kualitas kinerjanya sehingga mampu menghadapi persaingan.
Keberhasilan perusahaan terletak pada berhasil tidaknya perusahaan dalam memasarkan barang/jasa guna mendapat keuntungan atau laba yang optimal. Semakin besar keuntungan yang diperoleh perusahaan semakin besar pula kemampuan perusahaan dalam membiayai operasinya.
Setiap perusahaan didirikan dengan maksud untuk mencapai maksud tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan perusahaan yang paling normatif adalah memaksimumkan nilai perusahaan. Memaksimumkan perusahaan berarti memaksimumkan kesejahteraan para pemegang saham. Untuk mencapai tujuan normatif tadi manajemen perusahaan dituntut untuk meningkatkan kinerja perusahaan dari semua bagian yang ada baik itu Departemen Keuangan, Departemen Produksi, maupun Departemen Sumber Daya Manusia, sehingga akan terbentuk kinerja perusahaan yang benar-benar baik. Upaya untuk meningkatkan kinerja perusahaan pada dasarnya harus dimulai saat perencanaan yang didasarkan atas kekuatan dan kelemahan yang ada untuk dapat memanfaatkan peluang dan tantangan. Selanjutnya rencana yang baik harus diikuti dengan pelaksanaan operasional yang tetap mengacu kepada rencana yang telah ditetapkan. Manajemen perusahaan perlu melakukan pengendalian serta evaluasi atas pelaksanaan kegiatan, apakah sudah sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan atau belum.
Evaluasi kinerja perusahaan, khususnya di bidang keuangan, merupakan usaha untuk mengukur tingkat keberhasilan yang telah dicapai oleh perusahaan selama ini dan untuk mengetahui seberapa sehat kondisi perusahaan. Berhasil tidaknya suatu perusahaan dapat diukur melalui analisa laporan keuangan, baik laporan keuangan dalam bentuk Laporan Rugi Laba, Laporan Neraca maupun Laporan Arus Kas. Laporan keuangan disajikan oleh pihak manajemen perusahaan atau pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap aktivitas perusahaan.
Di samping itu, dalam membantu mendapatkan perolehan laba yang cukup tinggi tentunya perusahaan harus melakukan berbagai faktor yang dapat mendorong keberhasilan upayanya, di antaranya dapat dilakukan dengan menjual produk/jasa atau dengan cara menekan biaya-biaya tanpa mengurangi kualitas barang yang diproduksi. Cara lainnya adalah dengan meningkatkan piutang, yang suatu saat dapat berubah menjadi kas. Seperti diungkapkan oleh Dyckman, Dukes dan Davis (2000:315) bahwa meskipun terdapat resiko piutang tersebut menjadi piutang tak tertagih, namun perusahaan dapat menjual atau menggunakan piutang usaha tersebut sebagai agunan untuk jaminan pinjaman. Tujuannya adalah untuk memperoleh kas.
Kesadaran akan pentingnya melakukan peningkatan pendapatan usaha bertujuan agar tingkat laba perusahaan dapat terjamin dengan mengandalkan pendapatan baik yang berupa pendapatan penjualan maupun piutang yang berdampak pada perolehan laba. Untuk itu peningkatan dari penjualan harus terus diusahakan, agar dapat memperoleh keuntungan-keuntungan yang baik/tinggi.
PT Kridaperdana Indahgraha, merupakan sebuah perusahaan dengan bidang usaha yang difokuskan dalam persewaan ruangan dengan mendirikan pusat perbelanjaan, di antaranya Grand Mall Bekasi. Dalam persewaan ruangan, terjadi transaksi keuangan dalam bentuk pembayaran langsung yang masuk ke dalam pendapatan perusahaan, dan pembayaran dari penagihan piutang. Usaha dalam meningkatkan pendapatan perusahaan adalah juga dalam mengusahakan kelancaran dalam pembayaran piutang persewaan tersebut. Piutang usaha yang ditagih akan menghasilkan penerimaan kas di kemudian hari. Pencatatan penerimaan kas harus disesuaikan ke perkiraan piutang yang bersangkutan, sehingga kas yang diterima itu benar-benar berasal dari penjualan kredit yang telah dilakukan.
Berdasarkan latar belakang di atas, dalam skripsi ini penulis mencoba untuk meneliti lebih jauh mengenai: “PERLAKUAN AKUNTANSI PIUTANG DAN PENYAJIANNYA DALAM LAPORAN KEUANGAN PADA PT KRIDAPERDANA INDAHGRAHA, BEKASI””.

1.2 Identifikasi dan Pembatasan Masalah
Penulis dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang timbul yang terkait dengan masalah penelitian sebagai berikut:
1. Besarnya piutang dalam setiap periode selalu mengalami fluktuasi sehingga berpengaruh terhadap pendapatan usaha.
2. Perolehan pendapatan dari persewaan pun mengalami fluktuasi pada setiap periode yang dengannya berpengaruh terhadap tingkat pendapatan.
3. Terjadi persaingan yang ketat di antara perusahaan yang bergerak dalam kegiatan yang sama, sehingga dilakukan penyesuaian kebijakan akuntansi piutang yang tepat dan menarik di laporan keuangan dikarenakan laporan keuangan merupakan alat dalam pengambilan keputusan.
Penelitian ini akan memfokuskan pembahasan pada masalah: “Perubahan Pencatatan Akuntansi Piutang dan Pengaruhnya dalam Penyajian Laporan Keuangan PT Kridaperdana Indahgraha, Bekasi." Periode keuangan yang dianalisis adalah periode tahun 2006-2007.

1.3 Perumusan Masalah
Penjualan yang dilakukan perusahaan dapat dilakukan secara tunai dan secara kredit, dan kebanyakan yang diterapkan perusahaan dalam bidang persewaan adalah penjualan secara kredit, yang memungkinkan penerimaan pendapatan di kemudian hari. Dalam transaksi penjualan kredit maka timbul perkiraan piutang usaha, yang harus dihitung dengan kebijakan akuntansi yang ditentukan oleh pihak manajemen.
Dalam skripsi ini, akan dititikberatkan pembahasan pada masalah di atas, yaitu:
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi