Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Analisa Traffic Internet pada Jaringan Local Area Network SMU Negeri 13

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan hidup manusia, maka perkembangan teknologi informasi semakin terpacu. Jika dahulu orang – orang hanya dapat berkomunikasi menggunakan surat tetapi sekarang tidak hanya surat yang dapat dijadikan alat komunikasi terlebih setelah ditemukannya telepon, handphone dan lain sebagainya. Beberapa tahun terakhir komunikasi yang sering digunakan adalah menggunakan sarana internet.
Berbicara mengenai internet tentu tidak dapat dilepaskan dari sistem jaringan komputer. Perubahan informasi yang begitu cepat dapat diterima melalui internet. Dengan adanya jaringan pada komputer maka sangat dimungkinkan untuk terjadinya komunikasi antara satu komputer dengan komputer yang lainnya dalam waktu yang bersamaan, secara cepat dan efisien. Penerapan jaringan komputer kini sudah merambah ke berbagai bidang termasuk untuk keperluan pendidikan.
Bagi dunia pendidikan informasi dan ilmu pengetahuan merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Segala perubahan yang begitu cepat harus dapat ditanggapi. Oleh sebab itu, SMA Negeri 13 menambahkan materi pelajaran internet sebagai bagian dari mata pelajaran komputer. SMA Negeri 13 pun menerapkan sistem jaringan komputer sejak bulan Juli 2007.

Jumlah komputer pada laboratorium komputer pada SMA Negeri 13 Palembang sebanyak 48 komputer klien dan satu komputer server. Bandwidth yang dialokasikan sebanyak 32 Kbps. Dengan jumlah bandwidth sebesar 32 Kbps jika seluruh komputer digunakan untuk mengakses internet maka akan terjadi kelambatan akses internet.
Hal inilah yang membuat penulis untuk melakukan analisa terhadap jaringan komputer pada laboratorium komputer SMA Negeri 13 Palembang. Penulis pun menuliskan hasil analisa sebagai laporan Praktek Kerja Lapangan dengan judul “Analisa Traffic Internet pada Jaringan Local Area Network SMA Negeri 13 Palembang”.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan sebelumnya, maka penulis mempersempit pokok permasalahan. Permasalahannya adalah “Apakah jumlah bandwidth yang tersedia telah sesuai terhadap penggunaan internet pada SMA Negeri 13 Palembang”.







1.3 Tujuan dan Manfaat
1.3.1 Tujuan
Adapun tujuan dari kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di SMA Negeri 13 Palembang sebagai berikut :
1. Mengetahui waktu pemakaian puncak penggunaan internet pada SMA Negeri 13 Palembang.
2. Mengetahui situs apa saja yang paling sering dikunjungi oleh siswa SMA Negeri 13 Palembang.

1.3.2 Manfaat
Adapun manfaat dari kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di SMA Negeri 13 Palembang sebagai berikut :
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi