Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Biaya Promosi Penjualan Terhadap Nilai Penjualan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tentunya sangat membutuhkan adanya struktur perekonomian yang dapat memacu perkembangan sektor-sektor penunjang perkembangan ekonomi yang tengah berjalan dalam kehidupan.
Sebagai perusahaan yang menunjang kegiatan industri dan dalam rangka mempertahankan kontinuitas hasil produksi, perusahaan melakukan langkah-langkah ataupun strategi ke arah mana perusahaan akan bergerak dan dalam hal berproduksi yaitu penciptaan atau penambahan kegunaan produk atau jasa tersebut.
Konsep dasar dalam pemasaran adalah bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen. Selain itu, pemasaran juga berperan sebagai jembatan utama, penghubung antara perusahaan sebagai produsen dengan para pelanggan sebagai konsumen. Tidak ada gunanya barang atau jasa yang bermutu baik tetapi konsumen tidak mengetahui apa yang dipasarkan oleh perusahaan karena tidak adanya informasi mengenai produk yang dijual. Bagi perusahaan, di sinilah pentingnya untuk meningkatkan strategi pemasaran yang lebih efektif guna tercapainya tingkat pemasaran yang tinggi.
Di dalam menunjang kemampuan perusahaan menjalankan operasionalnya, perusahaan membutuhkan adanya promosi. Karena promosi mempunyai peranan penting didalam menunjang keberhasilan perusahaan dalam menjalankan usahanya. Kegiatan promosi merupakan penghubung antara pihak perusahaan dan produk yang dijualnya dengan pihak konsumen. Selain itu promosi merupakan penunjang bagi strategi-strategi perusahaan, baik itu strategi dalam produk, harga maupun distribusinya.
Melihat fenomena perkembangan industri kecil terutama bidang industri plastik yang kini banyak digemari masyarakat, tentunya pihak perusahaan mendapat tantangan besar untuk menghadapi permintaan konsumen. Oleh karena barang yang bahan bakunya dari plastik. Maka penulis berkeinginan untuk membahas permasalahan di atas dengan mengambil judul “PENGARUH BIAYA PROMOSI PENJUALAN PRODUK TERHADAP NILAI PENJUALAN PADA PT. INDATA PLASTISINDO INDUSTRI.”

1.2 Perumusan Masalah
Untuk membahas permasalahan yang terdapat pada penelitian ini, maka penulis mengajukan permasalahan utama sebagai berikut :
1. Bagaimana pelaksanaan promosi penjualan pada PT. INDATA PLASTISINDO INDUSTRI?
2. Apakah terdapat pengaruh antara biaya promosi penjualan produk terhadap nilai penjualan pada PT. INDATA PLASTISINDO INDUSTRI?

1.3 Pembatasan Masalah
Penelitian mengenai promosi penjualan atau biaya promosi penjualan telah banyak didiskusikan dan diteliti oleh para ahli dan dimensinya pun berbeda-beda. Dalam hal ini penulis mengidentifikasi masalah-masalah yang terkait dengan penelitian ini, antara lain:
1. Apakah kemampuan SDM bidang penjualan berpengaruh terhadap nilai penjualan?
2. Apakah kualitas produk / jasa berpengaruh terhadap nilai penjualan?
3. Apakah ketepatan pelayanan berpengaruh terhadap nilai penjualan?
4. Apakah penetapan harga berpengaruh terhadap nilai penjualan?
5. Apakah saluran distribusi berpengaruh terhadap nilai penjualan?
6. Apakah promosi penjualan berpengaruh terhadap nilai penjualan?
Dari identifikasi masalah tersebut, terlihat bahwa penelitian ini terkait dengan banyak variabel. Perlu dilakukan pembatasan masalah dalam penelitian ini agar masalah yang dibahas tidak terlalu luas. Dalam hal ini penulis mencoba membatasi masalah yang ada yaitu hanya akan membahas mengenai biaya promosi penjualan dan nilai penjualan produk plastik dari PT. INDATA PLASTISINDO INDUSTRI sejak periode tahun 2000 sampai dengan tahun 2006.




1.4 Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1.4.1 Tujuan Penelitian
Tujuan dari setiap penelitian adalah untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan sebagaimana yang telah dirumuskan pada perumusan masalah di atas, yaitu:
1. Untuk mengetahui pelaksanaan promosi penjualan pada PT. INDATA PLASTISINDO INDUSTRI serta alasan apa yang diambil sehingga dilaksanakan promosi penjualan
2. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh biaya promosi penjualan terhadap nilai penjualan pada PT. INDATA PLASTISINDO INDUSTRI.

1.4.2 Kegunaan Penelitian
1. Kegunaan Akademik
a. Mendapatkan data dan fakta yang valid mengenai pengaruh biaya promosi penjualan terhadap nilai penjualan pada PT. INDATA PLASTISINDO INDUSTRI.
b. Memberikan sumbangan bagi perkembangan khazanah ilmu pengetahuan, terutama bagi kemajuan ilmu manajemen, yang penulis dapat selama perkuliahan.
2. Kegunaan praktis
a. Menambah perbendaharaan referensi di Perpustakaan Umum Universitas Surapati, Jakarta.
b. Merupakan sumber referensi bagi jurusan ilmu manajemen pemasaran, yang akan meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh biaya promosi penjualan terhadap nilai penjualan.
c. Memberikan masukan bagi PT. INDATA PLASTISINDO INDUSTRI sebagai objek penelitian tentang pengaruh biaya promosi penjualan terhadap nilai penjualan.

1.5 Hipotesa
Seperti dikatakan oleh Sugiyono dalam buku Statistika untuk Penelitian (2005:82), bahwa Hipotesa pada dasarnya merupakan suatu proposisi atau anggapan yang mungkin benar, dan sering digunakan sebagai dasar pembuatan keputusan/pemecahan persoalan ataupun untuk dasar penelitian lebih lanjut.
Dalam penelitian ini penulis merumuskan hipotesis berupa hipotesis negatif (H0) sebagai berikut: “Tidak terdapat pengaruh antara biaya promosi penjualan terhadap nilai penjualan pada PT. INDATA PLASTISINDO INDUSTRI”.
Dengan hipotesis statistik sebagai berikut:
H0 :  = 0
Ha :  ≠ 0


1.6 Metodologi Penelitian
1.6.1 Ruang Lingkup Penelitian
Dikarenakan penelitian ini berusaha untuk mengetahui pengaruh biaya promosi penjualan terhadap nilai penjualan pada PT. INDATA PLASTISINDO INDUSTRI, maka metode yang digunakan adalah mengacu pada metode asosiatif. Metode asosiatif yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Metode ini berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan dan mengontrol suatu gejala/peristiwa (Sugiyono, Metodologi Penelitian Bisnis, 2000:10-11)
Sedangkan ruang lingkup penelitian akan mencakup dua variabel penelitian, yaitu:
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi