Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Beli Pasta Gigi Pepsodent Pada Mahasiswa STIE Kerjasama

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Dewasa ini perkembangan dunia usaha maju dengan pesat, hal ini ditandai dengan tingkat persaingan yang semakin ketat, oleh karena itu bagi perusahaan yang mempunyai keinginan untuk memenangkan persaingan tersebut harus mampu merebut konsumen. Dalam merebut konsumen diperlukan suatu strategi pemasaran yang tepat. Sebelum menentukan stategi hendaknya perusahaan mengidentifikasikan keinginan konsumen yang belum dipuaskan, dengan cara menentukan barang yang hendak diproduksi, menentukan cara promosi, menentukan harga yang tepat, dan memilih saluran distribusinya. Jadi kegiatan pemasaran merupakan suatu proses yang saling berhubungan sebagai suatu sistem.
Konsumen membeli barang dan jasa adalah untuk memuaskan berbagai keinginannya, oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk mempelajari bagaimana perilaku konsumen tersebut dalam pengambilan keputusan belinya. Keinginan manusia yang beraneka ragam, akan menimbulkan berbagai macam perilaku untuk memenuhinya.
Manusia dalam kehidupan sehari-harinya harus selalu memenuhi keperluannya untuk hidup sehat. Salah satunya adalah mengenai kesehatan dan kebersihan gigi. Seseorang yang giginya bersih akan berpenampilan lebih menarik dan timbul rasa percaya diri pada saat berbaur dengan orang lain. Dalam keperluan untuk menjaga kesehatan gigi diperlukan berbagai macam produk kesehatan antara lain sikat gigi, obat kumur dan pasta gigi. Akan tetapi dalam penyusunan makalah ini, masalah yang akan dibahas adalah mengenai pasta gigi. Dari banyaknya merk pasta gigi yang beredar di masyarakat yang berkeinginan untuk dibeli antara lain Close up, Ciptadent, Formula, Siwak F, Enzim, Ritadent, dan Pepsodent. Dari sekian banyaknya merk pasta gigi tersebut di atas, salah satu merk pasta gigi yang akan diteliti adalah pasta gigi Pepsodent.
Ketatnya persaingan antara masing-masing perusahaan pasta gigi dapat dilihat dari kegiatan promosi yang dilakukannya. Promosi yang dilakukan oleh beberapa perusahaan antara lain melalui media elektronik seperti televisi dan radio atau media cetak seperti koran, tabloid, dan majalah. Promosi yang dirasakan paling menarik adalah iklan yang ditayangkan melalui televisi karena pemirsa bisa melihat gambar, suara, gerak,dan produk yang dipromosikan, disamping itu promosi melalui iklan di televisi mampu menjangkau masyarakat luas sampai ke daerah pelosok, sekalipun bagi yang menyaksikannya. Masing-masing perusahaan memperlihatkan keunggulan masing-masing, sehinga bisa menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Perilaku konsumenlah yang akan menyeleksi apakah produk disukai atau tidak. Disamping itu perusahaan juga perlu mempelajari dan mengetahui bagaimana tanggapan konsumen atau masyarakat dengan adanya pasta gigi Pepsodent tersebut, faktor apa yang dapat memenuhi keinginan konsumen dan perilaku purna belinya. Dengan mengetahui perbedaan tanggapan konsumen terhadap pasta gigi Pepsodent, maka informasi tersebut merupakan input yang sangat besar manfaatnya bagi perusahaan Pepsodent.
Dalam penelitian ini sampel yang akan dipilih adalah mahasiswa dengan pertimbangan usia yang cukup dewasa dan pendidikan cukup tinggi, sehingga diharapkan dapat memberikan tanggapan yang cukup orisinil. Guna terbentuk kelompok yang cenderung homogen, maka responden yang dipilih adalah mahasiswa STIE Kerjasama.
Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka penelitian ini diberi judul; ”FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BELI PASTA GIGI PEPSODENT PADA MAHASISWA STIE KERJASAMA YOGYAKARTA”.

B. Rumusan Masalah
Dari uraian tersebut di atas dapat dipertegas bahwa pasta gigi Pepsodent merupakan kebutuhan pokok yang diperlukan setiap hari oleh masyarakat.
Dengan demikian yang menjadi pokok permasalahan penulisan skripsi ini adalah:
1. Bagaimana profil konsumen pasta gigi Pepsodent di STIE Kerjasama Yogyakarta.
2. Apakah faktor persepsi harga, persepsi produk, dan persepsi iklan berpengaruh terhadap keputusan beli pasta gigi Pepsodent.
3. Faktor apakah yang paling dominan diantara persepsi harga, persepsi produk, dan persepsi iklan di dalam mempengaruhi keputusan beli pasta gigi Pepsodent pada Mahasiswa STIE Kerjasama Yogyakarta.

C. Pengertian Variabel Yang Akan Digunakan :
1. Persepsi harga
Persepsi harga adalah kesesuaian antara harga dengan kualitas produk maupun perbandingannya dengan pasta gigi Formula. Hasil perbandingan tersebut bisa dilihat dari harganya yang relatif hampir sama dan komposisi bahan yang dibuat.
2. Persepsi produk
Persepsi produk adalah persepsi yang diberikan oleh konsumen mengenai karakteristik pasta gigi Pepsodent, meliputi aroma, manfaat maupun hasil pemakaian.
3. Persepsi iklan
Persepsi iklan adalah persepsi yang diberikan konsumen tentang cara produk mempengaruhi konsumen agar tertarik untuk membeli produk melalui pesan iklan, bintang iklan, maupun tema iklan. Iklan yang dipilih adalah iklan pasta gigi Pepsodent Herbal yaitu versi ibu dan anak memasak roti untuk ayahnya akan tetapi sang ayah tidak mau memakan roti itu karena giginya sedang sakit.


4. Saluran distribusi
Saluran distribusi dalam penelitian ini tidak dimunculkan karena pasta gigi Pepsodent mudah diperoleh melalui pasar, warung, toko, dan supermarket.

D. Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui profil konsumen (Mahasiswa STIE Kerjasama)
2. Untuk mengetahui pengaruh variabel persepsi harga, persepsi produk, dan persepsi periklanan didalam melakukan pembelian terhadap pasta gigi Pepsodent.
3. Untuk mengetahui faktor dominan yang paling berpengaruh didalam pengambilan keputusan beli antara persepsi harga,persepsi produk,dan persepsi iklan.

E. Hipotesis
Dalam penelitian ini hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut:
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi