Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Monitoring Ruangan Menggunakan Kamera IP Dengan Bahasa Personal Home Page ( PHP )

BAB I
PENDAHULUAN
I. 1 Latar Belakang
Informasi adalah salah satu kata kunci pada zaman ini. Semua kegiatan kita memerlukan informasi, dan bisa juga dikatakan bahwa semua kegiatan kita dituntut untuk menghasilkan informasi. Untuk mendapatkan dan menghasilkan informasi, komputer dan teknologinya adalah salah satu alat bantu yang paling tepat. Penggunaan komputer pada berbagai bidang, kalangan, dan usia selalu kita jumpai sekarang ini. Tuntutan kebutuhan akan informasi dan penggunaan komputer yang semakin banyak mendorong terbentuknya sebuah jaringan komputer yang mampu melayani berbagai kebutuhan tertentu. Dengan adanya jaringan komputer, pengelolaan informasi dapat berlangsung lebih baik lagi. Berkembangnya teknologi dan kebutuhan akan informasi menyebabkan bertambah kompleksnya informasi yang harus dan bisa diolah, Salah satu pengolahan informasinya dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan memonitoring ruangan dengan kamera IP. Pada sistem monitoring ruangan ini terdiri dari Client dan Server. Perangkat lunak yang akan digunakan terdiri dari : Linux, CamServ, PHP (Personal Home Page), JavaScript, Bahasa Pemrograman C dan shell.
Begitu juga kebutuhan penggunaan beberapa jaringan komputer bersama-sama semakin mudah. Penggunaan jaringan secara bersama-sama ini tumbuh membentuk jaringan komputer yang amat besar yang tersebar di seluruh bagian di muka bumi ini. Jaringan komputer seperti ini kita kenal dengan nama internet. Internet bisa diakses dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, oleh siapa saja, dimana saja, kapan pun kita mau menggunakannya. Berbagai macam teknologi internet bisa digunakan, salah satunya adalah World Wide Web (atau selanjutnya disebut “WEB” saja) yang mampu menyediakan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, maupun gambar bergerak. Dengan kemampuan seperti ini, web menjadi sangat terkenal dan perkembangannya sangatlah pesat.
Dengan terus melajunya roda perkembangan teknologi, web berkembang menjadi alat bantu yang tidak hanya mampu menyediakan informasi, namun juga mampu untuk mengolah informasi. Proses pengolahan informasi dengan memanfaatkan teknologi web menyebabkan web menjadi media informasi yang dinamis. Hal ini membutuhkan penggunaan sarana teknis yang menentukan. Sarana tersebut banyak bergantung pada penggunaan perangkat lunak yang kuat, aman, terpercaya, dan cepat. Perangkat lunak penentu yang dibutuhkan antara lain adalah sebuah server-side scripting language, atau juga disebut sebagai CGI (Common Gateway Interface), yang banyak tersedia di pasaran seperti : Perl, ASP (Active Server Pages), Cold Fusion, Python, dan PHP.
Dengan berpedoman pada masalah di atas maka Penulis tertarik untuk merancang suatu solusi yang mungkin bisa bermanfaat bagi masyarakat dan saya pribadi ke dalam penyelesaian tugas akhir dengan judul ”MONITORING RUANGAN MENGGUNAKAN KAMERA IP DENGAN BAHASA PERSONAL HOME PAGE ( PHP )”.

1.2. Perumusan Masalah dan Pembatasan Masalah
1.2.1 Perumusan Masalah
Penulis merumuskan permasalahan bagaimana pembuatan suatu aplikasi yang dapat memonitoring ruangan menggunakan Kamera IP dengan Bahasa Personal Home Page ( PHP )

1.2.2 Pembatasan Masalah
Karena ruang lingkup permasalahan monitoring ruangan sangatlah luas, maka dalam penulisan Laporan Akhir ini penulis hanya membahas tentang perangkat lunak atau software Personal Home Page ( PHP ) sebagai software untuk memonitoring ruangan.






I. 3 Tujuan dan Manfaat
I.3.1 Tujuan penulisan Laporan Akhir ini :
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan laporan tugas akhir ini adalah :
a. Untuk memenuhi salah satu syarat kurikulum Diploma III Jurusan Teknik Komputer Program Studi Politeknik Negeri Sriwijaya.
b. Untuk memudahkan monitoring sebuah ruangan yang dapat dipantau pada jarak dekat ataupun jarak jauh dengan cara membuat suatu sistem monitoring yang bekerja secara real time.
c. Untuk meningkatkan keamanan pada suatu ruangan yang disetiap kejadian dalam ruangan itu dapat di rekam dan diputar ulang agar sistem keamanan yang ada dapat dimaksimalkan.

I.3.2 Manfaat penulisan Laporan Akhir ini :
Adapun manfaat yang dapat diambil dari pembuatan laporan tugas akhir ini adalah :
a. Dapat menerapkan ilmu yang didapat selama kuliah, pada pembuatan suatu aplikasi yang nyata.
b. Dapat membuat program yang dapat memonitoring ruangan dan pengamanan terhadap sistem operasi yang mendukung berjalannya aplikasi yang dibuat
c. Dapat mempermudah pekerjaan seseorang dalam memonitoring suatu ruangan.

1.4 Metodologi Penulisan
Metode yang digunakan dalam penulisan laporan akhir ini adalah sebagai berikut:
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi