Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Penerimaan Siswa Baru pada SLTP 6 Tangerang

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 LATAR BELAKANG
Didalam kebudayaan yang semakin maju diperlukan suatu alat yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pekerjaan rutin, menghitung, menyimpan informasi dalam jumlah besar, mengambil data dengan cepat secara acak (random) maupun urut (sequential) dan menyelesaikan persoalan rumit serta banyak perhitungan dalam waktu yang cepat. Dalam hal ini komputer merupakan alat yang memainkan peranan yang sangat besar.
Komputer pada hakekatnya merupakan suatu alat untuk menghitung, sama halnya dengan sempoa, mistar hitung dan sebagainya. Hanya bedanya komputer mempunyai kelebihan dibandingkan dengan alat hitung lainnya berupa kemampuan “mengingat”. Ini berkat adanya bagian dari komputer yang disebut “ingatan” (memory atau strorage), yang akan mengingat atau menyimpan data berupa keterangan – keterangan yang harus dihitung, hasil antara perhitungan atau hasil akhir suatu perhitungan. Ingatan tersebut berupa sistem elektromagnetik (core) atau berupa elektronis (chips) yang dapat merekam data dan pada setiap saat dapat dibaca kembali. Disamping itu yang membedakan komputer dengan alat hitung lainnya adalah kemampuannya untuk melakukan pengambilan keputusan yang logis, berkat adanya “ingatan” tadi. Kemampuan-kemampuan inilah yang kemudian dimanfaatkan sebesar-besarnya didalam mengembangkan kemampuan lebih dikenal sebagai alat pengolah data.

Kehadiran komputer didalam suatu organisasi atau sekolah akan sangat menunjang efisiensi kinerja sehingga akan mendapatkan dampak yang positif didalam suatu aktifitas sekolah. Komputer adalah sarana yang digunakan untuk membantu mencapai hasil kerja yang maksimal dan dapat menunjang informasi yang cepat dan akurat.
Mengandalkan pengolahan data yang baik sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan atau organisasi karena dengan pengolahan data yang terkomputerisasi dapat mempercepat pengambilan keputusan oleh pihak diinginkan sehingga organisasi atau pengolahan tersebut dapat meningkatkan kinerjanya, SLTP Negeri 6 Tangerang sangat mengandalkan pentingnya pengilahan data yang baik terutama untuk sistem pendaftaran murid baru karena dapat mempermudah kepala sekolah dan mempredikasikan jumlah peminat SLTP Negeri 6 Tangerang.
Berdasarkan faktor tersebut penulis tertarik untuk mengangkat tulis kerja praktek yang berjudul menganalisis dan merancang sistem informasi pendaftaran murid baru.

1.2 RUANG LINGKUP
Agar pembahasan dalam membangun suatu sistem pendaftaran murid baru tidak terlalu luas, namun dapat dicapai hasil yang optimal, maka ruang lingkup dibatasi pada proses :
1. Membahas proses penerimaan murid baru.
2. Membahas proses kartu tes calon murid baru.
Dimana untuk menyeselaikan masalah diatas akan di buat diagram – diagram DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram), dan menggunakan aplikasi VB (Visual Basic).


1.3 PERUMUSAN MASALAH
Masalah dalam pendaftaran murid baru di SLTP NEGERI 6 Tangerang ini pada umumnya yaitu :
1. Bagaimana merancang sistem informasi penerimaan murid baru.
2. Bagaimana membuat aplikasi dari sistem pendaftaran murid baru dengan menggunakan Visual Basic.

1.4 TUJUAN DAN MANFAAT
Dari tugas akhir ini adalah sebagai penerapan ilmu yang diterima dikuliah dan untuk dapat diaplikasikan atau diterapkan pada kegiatan sehari – hari dalam organisasi. Adapun tujuan dan manfaat dari tugas akhir ini sebagai berikut :
1. Menganalisis sistem yang sedang berjalan agar masalah yang selama ini dihadapi, dapat ditemukan solusi sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan.
2. Merancang dan memperbaiki sistem dengan menggunakan sebagai penerapan perkembangan teknologi sehingga memudahkan dalam proses pendaftaran calon murid.

1.5 METODE PENELITIAN
Metode pengumpulan data yang digunakan sebagai bahan didalam penulisan laporan kerja praktek ini adalah :
a. Studi Literatur
Selain melakukan analisis dan perancangan sistem, penambahan bahan sebagai pertimbangan juga dilakukan dengan mencari dan memperoleh data-data yang diperlukan dari berbagai buku, khususnya buku-buku yang berhubungan dengan proses analisis ini.


b. Studi Lapangan
Untuk memperoleh data yang lebih akurat di dalam studi lapangan ini, ada beberapa hal yang dilakukan yaitu, mengumpulkan data-data yang sudah ada atau sedang berjalan sebagai pertimbangan untuk memperbaiki sistem yang ada dan melakukan interview agar dapat mengetahui permasalahan yang terjadi dalam sistem tersebut dan dapat digunakan untuk mengidentifikasikan pembaruan sistem sesuai dengan kebutuhan.

1.6 SISTEMATIKA PENULISAN
Untuk memberikan kemudahan dalam pemahaman bab demi bab dalam penulisan laporan kerja praktek ini, berikut ini adalah garis besar pembagian tiap babnya :
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi