Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Pengaruh Program Pemasaran SMS Lingo Produk IM3 terhadap Loyalitas Pelanggan

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Perkembangan teknologi telekomunikasi saat ini sangat pesat sehingga perusahaan menuntut untuk dapat menciptakan strategi pemasaran dalam menerapkan program promosi sebagai penunjang perusahaan dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia dalam melakukan kegiatan komunikasi dengan baik. Konsep pemasaran berperan penting dalam urusan perusahaan yang mendorong perencanaan strategis yang mencakup keputusan – keputusan seperti apa yang diinginkan perusahaan untuk menjadi pelanggannya. Revolusi informasi yang merupakan gabungan antara ilmu komunikasi dan pemasaran telah menjadi kunci utama suatu perusahaan untuk dapat bersaing dengan perusahaan operator telekomunikasi lainnya. Semakin canggihnya teknologi dan beragamnya perencanaan pemasaran semua itu perlu didukungnya kegiatan promosi, periklanan, penjualan, dan hubungan masyarakat yang semua itu merupakan variabel penting pemasaran untuk menghubungkan antara pemasar dan kosumen.
PT indosat Tbk adalah perusahaan yang berada dalam lingkup penyedia jasa layanan yang lengkap dengan bisnis seluler, telekomunikasi dengan jajaran produk dan layanan yang komperhensif di indonesia. Untuk dapat menjalankan aktivitas dan tujuan perusahaan PT indosat Tbk membutuhkan perencanaan yang matang dan strategis merupakan tugas dan taggung jawab dari Divisi Integrated Marketing Communication yang meupakan salah satu bagian dari struktur organisasi perusahaan. Dapat kita ketahui bahwa fungsi Divisi Integrated Marketing Communication adalah merencanakan segala aktivitas, strategi, tujuan perusahaan dalam memasarkan melalui program promosi yang dilakukan.
Program pemasaran yang dilakukan PT Indosat Tbk harus dapat menarik konsumen baik yang sudah menjadi pelanggan maupun calon pelanggan agar bersedia menggunakan layanan jasa melalui produk – produk yang tersedia. Selain itu PT Indosat Tbk harus dapat selalu memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang telah loyal terhadap perusahaan ,sehingga pelanggan merasa dihargai dan diperhatikan keberadaannya. Pemasaran menyampakan pesan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk semua tawaran – tawaran menarik berupa kemudahan layanan dan keuntungannya bagi pelanggan dalam berkomunikasi.
Salah satu dari penawaran produk terbaiknya adalah SMS ( Short Message Service ) ponsel memang menciptakan fenomena baru dalam dunia komunikasi manusia. Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang sangat canggih, Semua orang menginginkan segala sesuatunya dengan instant tidak perlu lagi repot-repot untuk membuang biaya yang sangat mahal dan tidak perlu lagi menunggu waktu yang lama untuk mengirimkan sebuah pesan tanpa tatap muka & tanpa suara, berita dari ujung dunia pun dapat segera kita terima dalam hitungan detik. Cara yang lebih cepat, praktis, sekaligus hemat biaya. Mengingat bahwa salah satu keunggulan pelayanan PT Indosat Tbk adalah SMS ,maka program promosi mencoba menciptakan layanan produk barunya dari SMS yang dinamakan SMS Lingo dari kartu seluler IM3 yang target marketnya adalah remaja muda.

Seperti yang sudah kita ketahui layanan SMS kini sudah mulai digemari oleh para remaja muda dari yang duduk di bangku SMS sampai Kuliah. Dengan SMS lah kita bisa cerita banyak dan murah kepada lawan bicara. PT Indosat Tbk mengeluarkan fitur baru dan asyik sebagai pelngkap dari kegiatan ber SMS an melaui emoticon dan bahasa gaul serta dilengkapi juga dengan pantun pendek yang dapat digunakan sebagai lelucon yaitu SMS Lingo. Penulis merasa tertarik untuk mengetahui lebih dalam pelaksanaan Program Pemasaran dari SMS Lingo produk IM3 apakah ada Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan PT Indosat Tbk.

B. Perumusan Masalah
Menurut M.Andre Reinaldy H, manager IM3 Brand Management Division PT. Indosat Tbk, traffic message pada pelanggan IM3 lebih besar dibanding voice call service. Masih menurut Andre, 60% dari 8,5 juta pelanggan IM3 menggunakan layanan message dalam berkomunikasi.
Melihat celah promosi ini, IM3 melepas IM3 Voucher SMS pada awal tahun 2006, dari komunikasi yang disampaikan, IM3 Voucher SMS menawarkan voucher khusus bagi pelanggan yang lebih banyak menggunakan SMS dalam berkomunikasi dibanding voice call. Respon yang diperoleh dari keluarnya IM3 voucher SMS ternyata cukup baik, sehingga IM3 terus bertahan pada program yang mengerucut pada message service. Tujuan kampanye IM3 jelas untuk mambangun brand image IM3 sebagai kartu untuk SMS.

Kemudian pada Juni 2006 IM3 meluncurkan campaign yang berfokus pada SMS, dengan program IM3 Raja SMS. Promo IM3 Raja SMS merupakan program retensi dengan memberikan 10 SMS gratis setiap hari bila pelanggan mengirim minimal 10 SMS pada hari yang sama.
Kesuksesan program IM3 Raja SMS dalam meningkatkan jumlah pelanggan membuat IM3 meneruskan program SMS dengan tajuk IM3 Raja Voucher. Dengan memberikan benefit free SMS kepada pelanggan, IM3 juga memberikan umur voucher yang lebih panjang dibanding semua provider, yaitu selama 1 tahun.
Pada akhir tahun 2006 IM3 yang masih memegang formula sukses untuk meningkatkan retensi dan akuisisi, mengeluarkan 3 versi iklan televisi untuk program IM3 SMS Bangeetss. 3 versi berdurasi masing-masing 15 detik tersebut adalah versi ”Rumah Ijo ” ”Istilah SMS ”, dan ”Kakek Cucu”. Program IM3 SMS Bangeetss adalah program bagi pelanggan yang notebene adalah pecinta layanan messages.
Dalam rangaka mendukung kampanye IM3 SMS Bangeetss, brand menegement IM3 kemudian membuat rancangan experential marketing untuk memperkuat activity Above The Kube dan kegiatan promotion Below The Line.
Salah satu tools experiential marketing untuk mendukung kampanye IM3 SMS Bangeetss adalah release-nya IM3 SMS Lingo. IM3 SMS Lingo adalah kamus SMS dengan content berbagai istilah SMS dan quote yang kerap dikirimkan melalui SMS.


Bertolak dari permasalahan di atas, maka dalam hal ini penulis tertarik untuk membahas mengenai Pengaruh Program Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Indosat Tbk
Sehubungan dengan topik dasar penulisan skripsi ini adalah Pengaruh Program Pemasaran SMS Lingo Produk IM3 terhadap Loyalitas pelanggan PT. Indosat Tbk.
Berdasarkan latar belakang permasalahan yang ada, maka penulis merumuskan permasalahannya yaitu :

1. Bagaimana Pelaksanaan Program Pemsaran SMS Lingo (gaul) Produk IM3
2. Bagaimana Pengaruh Program Pemsaran SMS Lingo ( gaul ) Produk IM3 dengan Loyalitas Pelanggan PT. Indosat Tbk

C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
Tujuan penelitian
1. Untuk Mengetahui sasaran pelanggan layanan SMS Lingo Produk Im3 serta latar belakang responden.
2. Untuk mengetahui strategi Perusahaan dalam melakukan program pemasaran SMS Lingo.
3. Untuk mengetahui kedua variabel yaitu Program Pemasaran dengan Loyalitas Pelanggan PT.Indosat Tbk apakah memiliki pengaruh atau tidak.



Kegunaan Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi