Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Efektifitas Rimpang Jeringau (Acorus calamus L) Dalam Membunuh Nyamuk Aedes Aegypti

ABSTRAK
Salah satu vektor penyakit yang sampai saat ini sering menimbulkan masalah kesehatan adalah nyamuk Aedes aegypti yang dapat bertindak sebagai vektor penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Dalam upaya mengatasi penyakit demam berdarah dengue tersebut perlu adanya pengendalian dengan memanfaatkan tanaman yang mengandung zat pestisida sebagai insektisida hayati seperti tanaman jeringau (Acorus calamus L). Jeringau adalah tanaman yang mengandung bahan kimia aktif pada bagian rimpang baik dalam bentuk tepung maupun dalam bentuk minyak yang dikenal sebagai minyak atsiri dapat digunakan sebagai insektisida. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas minyak rimpang jeringau dalam membunuh nyamuk Aedes aegypti.
Penelitian ini bersifat eksperimen semu (Quasi experiment) yaitu untuk melihat pengaruh beberapa konsentrasi dari minyak rimpang jeringau terhadap kematian nyamuk Aedes aegypti. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 6 perlakuan (0% sebagai kontrol, 6%, 12%, 18%, 24%, dan 30%) dengan 3 kali pengulangan.
Hasil penelitian pada masing-masing konsentrasi dengan tiga kali ulangan selama 10 menit pengamatan menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Pada konsentrasi 6% tingkat kematian nyamuk Aedes aegypti sebesar 57,78% ; konsentrasi 12% sebesar 75,55% ; konsentrasi 18% sebesar 86,67% ; konsentrasi 24% sebesar 91,11% dan konsentrasi 30% sebesar 97,78% serta pada kontrol tidak terjadi kematian nyamuk Aedes aegypti. Berdasarkan hasil uji statistik Uji Anova Satu Arah dengan taraf nyata 5% diperoleh bahwa F hitung (12,76) > F tabel (3,11) yang berarti bahwa ada pengaruh perlakuan konsentrasi minyak rimpang jeringau dalam membunuh nyamuk Aedes aegypti. Hasil uji Beda Nyata Terkecil pada taraf nyata 5% menunjukkan bahwa terdapat konsentrasi yang berbeda nyata dengan BNT 5% yaitu konsentrasi 6%. Konsentrasi yang efektif adalah pada konsentrasi 6%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah minyak rimpang jeringau mengandung zat pestisida yang dapat digunakan dalam membunuh nyamuk Aedes aegypti dengan konsentrasi efektif pada konsentrasi 6%. Diharapkan tanaman jeringau dapat menjadi suatu alternatif untuk mengendalikan serangga seperti nyamuk Aedes aegypti.File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi